Menikmati Seribu Manfaat Tomat Segar

November 21, 2016

Tanaman tomat yang tergolong dalam jenis sayur dan buah ini memiliki ciri khas berwarna merah menyala. Jenis buah ataupun sayur yang sering dikaitkan dengan sambal, jus, sup, lalapan, ataupun dikonsumsi langsung ini menyimpan seribu manfaat untuk kesehatan maupun kecantikan.

Anda bisa mendapatkan manfaat tomat segar ini hanya dengan mengaplikasikan masker, mengkonsumsi daging buah, air sari, jus, maupun mengkonsumsi berbagai jenis makanan olahan dari tomat.

Selain harganya yang murah, buah sayur ini terkenal cukup mudah didapatkan untuk memperoleh segala manfaatnya.

Buah sayur ini merupakan sumber vitamin A, E, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori maupun kolesterol baik.

Manfaat tomat bagi kesehatan

Manfaat Tomat

Tentu saja jenis sayur buah ini memiliki manfaat lebih untuk memperbaiki kualitas kesehatan Anda. Dari sekian banyak zat gizi yang terkandung didalamnya,

manfaat tomat bagi kesehatan antara lain menyehatkan sistem pencernaan, memperkuat tulang, menyehatkan rambut, menajamkan penglihatan, mencegah diabetes, mencegah berkembangnya kanker dan tumor.

Sehingga akan sangat cocok jika Anda mulai membiasakan diri untuk memperbanyak konsumsi buah sayur yang satu ini.

Baca Juga  Baru Ditemukan 14 Manfaat Buah Alpukat Kecantikan dan Kesehatan

Manfaat tomat untuk wajah

Keunggulan tomat yang lain antara lain untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh. Jika Anda mendambakan kulit yang cerah, lembut, halus dan sehat maka Anda perlu mengaplikasikan tomat pada kulit dan wajah Anda.

Buah tomat diketahui efektif mengatasi permasalahan kulit seperti jerawat, komedo, dan mencerahkan kulit. Manfaat tomat untuk wajah dan kulit ini tentunya bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan daging buah tomat ataupun jus tomat sebagai masker.

Hal ini dikarenakan, tomat merupakan bahan makanan yang kaya akan likopen yang mencegah kerusakan jaringan akibat sengatan matahari berlebih.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tomat berfungsi sebagai antioksidan penangkal radikal bebas dan menghalau sinar UVA serta UVB masuk dan merusak jaringan kulit.

Manfaat tomat untuk diet

Dalam hal kecantikan, mengkonsumsi tomat juga dapat mengabulkan keinginan Anda untuk memiliki tubuh yang langsing dengan berat yang ideal.

Manfaat tomat untuk diet ini dikarenakan tomat mengandung vitamin C dan kaya akan serat, air serta mineral. Sehingga tomat dapat berperan sebagai pendetoksifikasi tubuh, mengefektifkan metabolisme tubuh dan memperlancar pencernaan.

Ketiga hal ini akan menghasilkan tubuh yang langsing dengan berat yang ideal. Tentunya manfaat ini akan terasa jika Anda juga mengurangi konsumsi makanan berlemak, mencukupkan kebutuhan air putih dan rutin berolahraga.

Baca Juga  8 Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Tubuh Manusia
Manfaat tomat untuk ibu hamil

Selain itu, tomat juga sangat berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Kandungan asam folat, kalium, magnesium, fosfor, dan zat besi dapat memenuhi kebutuhan zat gizi ibu hamil.

Manfaat tomat untuk ibu hamil ini juga terletak pada kekayaan serat pada buah tomat, sehingga dapat menurunkan frekuensi terjadinya gangguan pencernaan seperti konstipasi pada waktu trimester ke-3 kehamilan.

Ibu hamil yang menginginkan perkembangan dan pertumbuhan janinnya optimal salah satunya dapat ditempuh dengan mengkonsumsi buah tomat ini secara teratur.

Konsumsi tomat sebagai jus di pagi dan sore hari dapat memenuhi kebutuhan asam folat untuk perkembangan otak janin.

Tags: , , , , , ,

Related to: Menikmati Seribu Manfaat Tomat Segar