Menilik Beribu Manfaat Brokoli Bagi Tubuh

January 25, 2016

Sayuran hijau berupa bunga yakni brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang menyimpan banyak sekali manfaat menyehatkan bagi tubuh pengkonsumsinya. Manfaat brokoli yang sangat kompleks ini dikemas dalam satu bentuk sayuran yang nikmat.  Anda bisa mengolah brokoli dalam berbagai jenis masakan dengan merebus, dibuat sup, dan digoreng. Namun manfaat utuh brokoli akan dapatkan jika mengkonsumsi mentah dalam bentuk salad. Brokoli yang sangat lezat ini diketahui mengandung tinggi zat besi, protein, kalsium, kromium, karbohidrat, vitamin  A dan vitamin C. Kandungan serat yang tinggi pada brokoli juga memicu sehatnya sistem pencernaan .

Manfaat Brokoli Untuk Kesehatan

Manfaat Brokoli

Sebagai salah satu bentuk sayuran hijau, brokoli menyimpan banyak sekali manfaat baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat brokoli untuk kesehatan yang bisa  dapatkan adalah stabilnya tekanan darah. Stabilnya tekanan darah ini dipicu oleh kandungan magnesium dan kalsium yang tinggi dalam brokoli. Akibat kandungan ini, Anda juga bisa mendapatkan efek kuatnya tulang. Kandungan kalium serta vitamin K akan merangsang kuatnya tulang dan mencegah osteoporosis. Penyakit alzheimer dan stroke juga dapat dicegah dengan pengonsumsian brokoli secara teratur karena dapat melancarkan peredaran darah dan menyehatkan sistem saraf.

Baca Juga  Cara Memutihkan Kebali Bibir yang Hitam Dengan Resep Alami Ini

Manfaat Brokoli Untuk Bayi

Brokoli juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk makanan bayi dan balita. Kandungan gizinya yang lengkap dapat memberikan manfaat matangnya sistem imunitas, menyehatkan mata, merangsang pertumbuhan tulang, dan pemenuhan kebutuhan zat gizi wajib lainnya. Manfaat brokoli untuk bayi ini juga ditunjukkan dengan adanya kandungan asam folat dan zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah serta merangsang kecerdasan otak. Ibu hamil pun dianjurkan untuk mengkonsumsi brokoli ini untuk mencegah terjadinya kecacatan janin dalam masa kehamilan.

Manfaat Brokoli Untuk Diet

Brokoli juga sangat berperan dalam program diet dan melangsingkan tubuh.  Manfaat brokoli untuk diet didukung dengan kandungan rendah kalori namun masih tetap bisa memberikan rasa kenyang yang awet. Dengan mengkonsumsi salad brokoli ditambah dengan yoghurt jelas akan mendukung program diet yang Anda lakukan. Brokoli juga mengandung tinggi serat, kromium, potasium yang membantu pembakaran lemak, mengurangi kadar kolesterol tubuh dan melancarkan pembuangan sisa pencernaan.

Terdapat pula beberapa manfaat untuk kecantikan yang ditawarkan oleh sayuran hijau ini. Kulit yang cerah, bersih dan mulus bisa didapatkan dari manfaat brokoli untuk kecantikan. Brokoli diketahui mengandung glucoraphanin yang sangat baik untuk proses detoksifikasi kulit. Para peneliti juga menemukan senyawa sulforaphane dalam sayur ini yang dapat berfungsi sebagai benteng penghalau kerusakan yang diakibatkan oleh pancaran sinar matahari. Selain itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam brokoli dapat berperan aktif dalam menangkal radikal bebas. Sehingga kulit akan nampak lebih sehat dan terhindar dari penuaan dini.

Baca Juga  Manfaat Mengkudu Bagi Kesehatan Tubuh Serta Kandunganya
Tags: , , , , , , , ,

Related to: Menilik Beribu Manfaat Brokoli Bagi Tubuh