Merasa Pusing Pada Saat Menstruasi inilah 3 Cara untuk Mengatasinya

February 16, 2016

3 Cara Mengatasi Pusing Saat Menstruasi – Mungkin semua wanita pada saatnya pasti akan mengalami masa pubertas, masa pubertas adalah dimana kondisi tubuh yang sudah mulai tumbuh karena proses menuju ke kedewasaan.

Biasanya pubertas wanita dengan laki-laki sangat berbeda jauh karena lebih dahulu terjadinya pubertas wanita daripada pubertas laki-laki, pada wanita biasanya mengalami pubertas pada sekitar umur 10 tahun sedangkan laki-laki mengalami pubertas sekitar umur 16 tahun.

Pubertas yang biasanya dialami oleh wanita antara lain adalah mulai membesarnya payudara, pinggul membesar, tumbuh rambut disekitar kemaluan, dan yang paling menonjol adalah terjadinya menstruasi.

Menstruasi adalah kondisi yang wajar dialami bagi semua wanita tetapi kebanyakan wanita juga takut akan datangnya menstruasi atau yang sering disebut datang bulan karena akan mengalami berbagai macam keluhan tentang kesehatannya.

Menstruasi memang sering menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, itu disebabkan karena terlalu banyak cairan tubuh yang keluar saat datang bulan seperti darah.

Maka dari itu kebanyakan wanita saat mengalami datang bulan akan merasakan badan yang lemah dan lesu ini bisa disebabkan karena kekurangan darah akibat darah yang keluar terus menerus saat datang bulan.

Mens kepala pusing
Wanita memang lebih besar resikonya untuk terkena penyakit anemia karena proses menstruasi tadi itu sebabnya saat datang bulan keluhan yang dirasakan kebanyakan wanita adalah badan terasa lemah, letih, lesu, dan juga wajah terlihat pucat.

Baca Juga  6 Gejala Penyakit Stroke Ringan Wajib Diwaspadai Sebelum Telat

Keluhan lain yang sering dialami oleh wanita saat menstruasi adalah nyeri perut atau yang sering disebut dengan dilep, memang kondisi ini sangat memperparah kondisi tubuh karena rasa sakit yang ditimbulkan saat nyeri perut itu datang tetapi keluhan yang sering dirasakan saat datang bulan adalah sakit kepala atau pusing.

Pusing yang datang saat menstruasi itu disebabkan karena gejala kurang darah yang ditimbulkan saat menstruasi.

Banyak cara yang dilakukan untuk meringankan dan menghilangkan pusing saat mendtruasi datang, antara lain.

Mens kepala pusing

3 Cara Mengatasi Pusing Saat Menstruasi

1. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Esterogen

Hormon esterogen yang ada di dalam tubuh wanita akan mengalami penurunan sebelum terjadinya datang bulan, kira-kira 1 sampai 2 hari sebelum datang bulan.

Proses penurunannya hormon esterogen ini akan terus terjadi selama menstruasi itu terjadi, proses penurunannya hormon esterogen ini akan mengakibatkan membersarnya pembuluh darah dan mengakibatkan kejang pada otot, hal inilah yang dapat menimbulkan sakit kepala atau pusing saat menstruasi datang.

Maka dari itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung esterogen saat mengalami datang bulan guna mencegah sakit kepala atau pusing yang datang saat menstruasi.

2. Mengkonsumsi Air Putih yang Banyak

Mengkonsumsi air putih memang bak bagi kesehatan dan juga dapat merawat kecantikan tubuh, selain itu jika kita mengkonsumsi air putih setiap hari secara rutin maka akan menggantikan cairan tubuh yang hilang saat beraktivitas.

Baca Juga  Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya Dengan Air Hangat

Maka dari itu saat mengalami atau sebelum menstruasi atau datang bulan sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih setiap harinya karena dengan kita perbanyak mengkonsumsi air putih dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat menstruasi dan menjaga tubuh kita agar tidak dehidrasi.

Dehidrasi ini yang dapat menyebabkan sakit kepala datang saat mentruasi datang, selain itu juga mengkonsumsi vitamin tambah darah sekali setiap hari agar darah yang keluar dapat digantikan kembali.

3. Kurang Retensi Cairan

Yang membuat pusing semakin parah saat menstruasi karena terjadinya retensi cairan yang ada di dalam tubuh kita.

Untuk mencegah terjadinya retensi cairan sebaiknya hindari mengkonsumsi garam karena garam termasuk dari sumber cairan diuretik dan memperbanyak mengkonsumsi makanan anti-diuretik seperti contoh tomat, melon, asparagus, wortel, selada, daun seledri, dan teh hijau.

Itulah 3 Cara Mengatasi Pusing Saat Menstruasi, Semoga artikel ini membantu

Tags: , ,

Related to: Merasa Pusing Pada Saat Menstruasi inilah 3 Cara untuk Mengatasinya