Metode Baru Gunting Molekuler Pengobatan HIV AIDS

August 11, 2016

Penyakit HIV AIDS adalah sebuah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Hingga saat ini penyakit ini masih belum memiliki obat yang benar-benar bisa menyembuhkannya. Obat yang dikonsumsi oleh para penderita HIV AIDS biasanya hanya berguna untuk memperlambat penggandaan virus HIV yang ada di dalam tubuhnya. Selain itu, pengobatan dengan obat yang sekarang ada hanya akan membuat pasien menjadi ketergantungan dengan obat. Tanpa obat maka perkembangan penyakit mereka akan menjadi lebih cepat dan angka harapan hidup mereka menjadi lebih pendek. Selama ini obat yang beredar di kalangan para penderita HIV AIDS adalah obat antiretroviral (ARV) yang hanya berguna untuk mencegah penggandaan virus HIV menjadi lebih cepat. Dengan kata lain obat ini tak bisa mengobati penyakit HIV AIDS.

Pengobatan HIV AIDS

Ilustrasi gunting molekuler

Kini seiring dengan berkembangnya dunia medis, para ilmuwan berhasil menemukan sebuah metode untuk mengatasi virus HIV yang ada di tubuh penderita HIV AIDS. Metode ini adalah dengan melakukan rekayasa materi genetik HIV secara permanen. Penemuan ini menjadi langkah awal yang baik dala menangani para pasien HIV AIDS yang semakin hari semakin banyak. Virus HIV AIDS menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dengan cara menyisipkan materi genetiknya pada sel T CD4 yang ada di dalam tubuh manusia. Sel manusia ini nantinya yang akan menjadi inang dari virus T CD4. Dengan tertanamnya materi genetik ini maka virus HIV secara otomatis akan bertahan hidup dengan cara menggandakan dirinya secara terus menerus. Proses ini akan berjalan terus menerus hingga gejala dari penyakit AIDS muncul. Orang yang terserang HIV AIDS tak memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga penyakit ringan sekalipun tak akan dapat disembuhkan.

Baca Juga  Ciri Ciri Serangan Jantung Bukan Hanya Memiliki Berkeringat Saja

Hingga kini para ilmuwan masih mengusahakan untuk menggunakan protein CRISPR-Cas9 yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi bagian gen tertentu untuk kemudian dihilangkan. CRISPR adalah sejenis rangkaian DNA yang diambil dari bakteri dan kemudian akan dipasangkan pada enzim yang diberi nama Cas9. Protein CRISPR-Cas9 inilah yang kerap disebut sebagai “Gunting Molekuler”. Gunting Molekuler adalah salah satu inovasi terbesar dari dunia kesehatan. Gunting molekuler sendiri telah berhasil menyembuhkan penyakit Duchenne Muscular Dystrophy.

Pemimpin dari eksperimen menakjubkan ini adalah seorang ilmuwan bernama Kamel Khalili. Ialah orang yang paling bertanggung jawab dalam penelitian ini. Ia menggunakan bakteri untuk menarget virus. Bakteri ini menghasilkan materi genetik yang identik dengan materi dari genetik virus target. Hasil dari materi genetik ini sendiri disebut sebagai CRISPR dan bersama dengan Cas9 akan menelusuri sel-sel manusia dan mencari materi genetik dari virus HIV kemudian mereka akan memotong rantai ini. Jika hal ini berhasil dilakukan maka penelitian ini dapat dipastikan akan menghilangkan virus HIV secara permanen untuk selamanya hilang dari tubuh si pasien HIV. Selain menghilangkan virus HIV dari dalam tubuh, materi genetik ini juga akan memperkuat CD4 manusia dari infeksi ulang yang disebabkan oleh virus HIV.

Baca Juga  Wanita Ini Tidak Mandi Selama 30 Tahun, Apa Penyebabnya

Riset ini menunjukkan bahwa kemungkinan di masa depan nanti HIV AIDS akan bisa disembuhkan. Biarpun ini merupakan kabar baik untuk para pasien HIV AIDS, namun untuk saat ini masih diperlukan penelitian lanjutan guna menyempurnakan metode penyembuhan untuk HIV AIDS dengan metode Gunting Molekuler ini. Hingga kini penelitian mengenai gunting molekuler ini telah mencapai tahap yang tak terbayangkan sebelumnya. Bukan hal yang mustahil jika tak lama lagi obat untuk HIV AIDS bisa diproduksi secara masal.

Tags:

Related to: Metode Baru Gunting Molekuler Pengobatan HIV AIDS