Manfaat Minum Teh Pahit Cegah Naiknya Kadar Kolesterol Jahat

July 15, 2016

Anda senang mengkonsumsi makanan laut seperti udang dan kepiting, tapi takut kadar kolesterol jahat dalam tubuh naik karena makanan tersebut mengandung kolesterol? Cobalah minum teh pahit setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol.

2016-07-15-05-39-08-832610078

Minum teh sudah menjadi tradisi banyak orang, terutama di Indonesia, baik itu saat pagi atau sore hari. Biasanya, mereka senang memberikan campuran pada teh, seperti ditambah gula atau krimer. Tapi, teh yang sangat baik untuk membantu menurunkan kolesterol adalah teh pahit, teh yang tidak diberikan campuran apapun. Selain itu, teh juga memiliki beberapa jenis seperti teh hijau, teh hitam, dan teh oolong.

“Minum teh pahit dapat membantu mengatasi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Karena di dalam teh hijau terdapat zat aktifnya,” kata Dr. Saptawati Bardasono, seorang ahli nutrisi dari Universitas Indonesia.

Saptawati atau yang biasa disapa Tati menuturkan, bahwa kadar kolesterol itu dapat diantisipasi dengan melakukan aktivitas fisik serta olahraga. “Sebenarnya kadar kolesterol itu bisa diantisipasi dengan melakukan aktivitas fisik dan berolahraga supaya kolesterol baik dalam tubuh meningkat dan kolesterol jahat dapat dibersihkan dari sirkulasi darah,” ujarnya.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Rambutan Dan Strawberry Untuk Kesehatan

Selain itu, ketika mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol sebaiknya diimbangi dengan asupan sayuran dan buah-buahan, karena kandungan serat dan fitosterol di dalamnya dapat menghambat proses penyerapan lemak di usus. “Harus diimbangi dengan mengkonsumsi sayur dan buah agar mendapatkan serat dan fitosterol, karena dengan begitu dapat menghambat proses penyerapan lemak di usus,” lanjut Tati.

Di dalam teh terdapat kandungan antioksidan yang dapat membantu mengatasi kolesterol jahat atau LDL dan dapat membantu meningkatkan kolesterol baik atau HDL dalam tubuh. Selain itu, kandungan polifenol di dalam teh juga dapat membantu menghentikan proses penyerapan kolesterol jahat di dalam tubuh, sehingga kolesterol baik dalam tubuh tidak terpengaruh.

Tingginya kadar kolesterol jahat dalam tubuh dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung koroner. Namun sayangnya, penderitanya seringkali tidak menyadarinya karena kondisi tersebut tidak menimbulkan gejala apapun.

Tidak hanya itu saja, pola hidup yang tidak sehat terutama pada usia 25 tahun dikaitkan menjadi salah satu yang berkontribusi dalam menyebabkan tingginya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Kadar kolesterol dikatakan normal jika berada pada angka di bawah 250 mg d/L, yang terdiri dari kolesterol jahat atau LDL berada di bawah 130 mg d/L dan kolesterol baik atau HDL angkanya berada di atas 40 mg d/L.

Baca Juga  Diet Sehat Turunkan Kolesterol Dengan Jeruk Nipis

Jika Anda memiliki kebiasaan minum teh secara reguler, tentu itu sangat baik untuk kesehatan dan Anda dapat dengan bangga mempertahankan kebiasaan tersebut. Tapi bagi Anda yang jarang mengkonsumsi teh, mungkin Anda dapat mempertimbangkannya lagi untuk lebih sering mengkonsumsi teh. Karena teh dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda.

 

Tags: , ,

Related to: Manfaat Minum Teh Pahit Cegah Naiknya Kadar Kolesterol Jahat