Nama Obat Kolesterol yang Biasanya Di Anjurkan Oleh Dokter

January 8, 2016

Nama Obat Kolesterol – Seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang jauh melebihi batas normal pastinya ia telah disarankan oleh dokter untuk menjaga makanan yang ia konsumsi,

selain itu juga ia juga harus sering berolahraga secara teratur agar kadar kolesterolnya cepat turun hingga normal kembali. Tetapi agar hasil penurunan kadar kolesterol lebih efektif,

biasanya para dokter akan memberikan resep obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Perlu anda ketahui,

ketika seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka risiko terkena stroke, penyakit jantung, dan berbagai macam penyakit lainnya akan semakin besar.

Penyakit tersebut dapat terjadi karena kadar kolesterol yang cukup tinggi tersebut dapat menyumbat pembuluh darah.

Oleh karena itu, obat-obatan dan polah hidup sehat sudah harus diterapkan bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam)

Untuk obat-obatan penurun kolesterol sendiri juga tidak boleh diberikan secara sembarangan. Maka dari itu resep dokter sangat diperlukan, karena telah mempertimbangkan beberapa hal seperti alergi, kadar kolesterol, kondisi tubuh, dan faktor lainnya.

Maka dari itu, setiap orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka obat yang harus dikonsumsinya berbeda satu dengan yang lainnya.

Selain itu, terkadang obat yang telah lulus beberapa faktor tersebut juga tidak memberikan efek terhadap seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi tersebut.

Baca Juga  Obat , Gejala Penyakit Lemah Jantung Dan Cara Mengatasinya

Jika obatnya sudah cocok, maka penurunan kadar kolesterol akan semakin efektif, tetapi jika tidak maka lakukan konsultasi lagi kepada dokter agar diberi resep obat yang baru.

(Baca Juga : buah Penurun Kolesterol ini sudah terbukti menurunkan kolesterol berdasarkan penelitian)

Lama waktu yang dibutuhkan oleh para penderita kolesterol yang tinggi untuk menurunkannya hingga batas normal dengan mengkonsumsi obat adalah sekitar 3 hingga 6 bulan.

Dan kolesterol sudah kembali normal, para penderita bisa menghentikkan konsumsi obat tersebut. Walaupun demikian, para penderita juga harus benar-benar menjaga makanan yang ia konsumsi dengan baik, intinya mereka harus memulai pola hidup sehat.

Banyak sekali nama obat kolesterol yang dijual di apotek-apotek, dan tentunya semuanya memiliki manfaat untuk menurunkan kadar kolesterol. Berikut adalah Nama Obat Kolesterol dan jenisnya tersebut.

  1. Obat Kolesterol Resin (Bile Acid Sequestrants)

Obat ini kurang efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, atau yang juga sering disebut dengan LDL.

Resin (Bile Acid Sequestrants)

Resin (Bile Acid Sequestrants)

Obat ini hanya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 10% hingga 20%. Kandungan obat-obat yang berjenis seperti ini biasanya adalah colestipol, chloestyramine, dan colesevelam. Biasanya obat ini juga tersedia dalam dua bentuk, yakni bubuk dan tablet.

(Baca Juga : Obat Kolesterol Alami Tanpa Efek Samping )

  1. Obat Kolesterol Statin
Baca Juga  Cara 6 Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Cepat

Obat ini dapat secara cepat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dalam darah. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan pembuangan kolesterol LDL dari aliran darah dan menghambat regenerasi atau produksi kolesterol yang dilakukan di dalam hati, yaitu dengan cara menghalangi enzimnya yang memiliki tugas untuk memproduksi kolesterol.

60. Simvastatin

Tidak hanya hanya itu, semua obat yang berjenis seperti ternyata juga dapat mencegah munculnya ateroklerosis dan penyumbatan darah di pembuluh darah. Nama obat-obatan yang termasuk dalam jenis ini adalah Fluvastatin, Lovastatin, Rosuvastatin, Pravastatin, dan Simvastatin.

  1. Obat Kolesterol Niacin atau Nicotonic Acid

Obat ini sama halnya atau sejenis dengan vitamin B3 yang dapat larut dalam air. Semua obat yang berjenis mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, kolesterol total, trigliserida, dan dapat meningkatkan HDL atau kolesterol yang baik bagi tubuh.

Nicotinic Acid

Nicotinic Acid

Niacin

Niacin

Nama Obat Kolesterol yang berjenis ini sangat banyak dijual di pasaran tetapi alangkah baiknya harus dengan resep dokter agar tidak terkena efek sampingnya.

Tags: ,

Related to: Nama Obat Kolesterol yang Biasanya Di Anjurkan Oleh Dokter