Nikmati Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Alami

January 30, 2016

Salah satu bahan makanan pengganti karbohidrat yang baik untuk kesehatan adalah kentang. Salah satu jenis umbi-umbian ini memiliki kadar kalori dan gula yang rendah. Sehingga sangat cocok untuk bahan pengganti makanan pokok untuk diet dan penderita diabetes. Umbi kentang yang memiliki nama latin Solanum tuberosum ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk membentuk kesehatan tubuh. Manfaat kentang ini bisa Anda peroleh dengan merebus kentang, dibuat sayur, sup, maupun jenis makanan olahan kentang yang lain. Umbi yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki kandungan nutrisi tinggi sehingga sangat cocok untuk dikonsumsi setiap hari.

Manfaat Kentang untuk Wajah

manfat kentang

Kelebihan tanaman kentang ini adalah sangat mudah dan murah untuk diperoleh. Kentang yang berbentuk bulat lonjong dengan tekstur keras dan berwarna coklat tanah ini memiliki manfaat untuk kesehatan maupun sebagai perawatan kecantikan wajah dan tubuh. Salah satu manfaat kentang untuk wajah adalah mencegah penuaan dini akibat radikal bebas dan lebih menyehatkan kulit. Hal ini diperoleh dari kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi dalam kentang. Kandungan lain seperti ceratoniod dan flavonoid dapat melindungi kulit dari serangan radikal bebas. Sedangkan patatin dapat berperan sebagai anti-inflamasi sehingga cukup efektif untuk mengatasi wajah berjerawat.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

Manfaat Masker Kentang

Manfaat lainnya dalam hal kecantikan, kentang mengandung vitamin C dan potassium yang digunakan untuk menutrisi kulit agar tetap sehat, kencang dan halus. Anda juga bisa mendapatkan halus dan cerahnya kulit wajah sebagai bentuk manfaat masker kentang. Aplikasi masker kentang ini dapat menyamarkan bekas luka, noda hitam, dan bekas jerawat yang ada di kulit wajah maupun tubuh. Kentang juga memiliki peran penghambat pertumbuhan bakteri, sehingga aplikasi masker kentang secara rutin dapat mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, kentang juga sangat berperan pada perbaikan kualitas kesehatan terutama pada penderita penyakit diabetes, kolesterol, darah tinggi, jantung, dan beberapa penyakit pencernaan. Kandungan karbohidrat kompleks dan fiber dalam kentang dapat mengontrol kadar gula dalam darah dan menstabilkan tekanan darah secara bertahap. Konsumsi kentang secara rutin juga dapat merangsang pembentukan sel darah dan imunitas tubuh. Kentang juga sangat cocok dijadikan sajian bagi penderita maag atau gastritis karena dapat menetralkan asam lambung.

Manfaat Kentang untuk Diet

Kentang juga memiliki peranan lebih dalam hal diet. Badan yang langsing dan berat yang ideal dapat diperoleh dengan konsumsi kentang karena kandungan lemaknya yang sangat sedikit dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya. Manfaat kentang untuk diet ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi kentang rebus sebagai menu pengganti nasi putih yang biasanya Anda konsumsi. Selain memberikan efek kenyang lebih lama, kentang juga memberikan efek penghalau lemak untuk mengendap berlebih dalam tubuh. Kentang juga terkenal sebagai sumber karbohidrat dengan kandungan kalori yang rendah namun tetap mengenyangkan. Selain itu, kentang juga cukup mudah dicerna, sehingga akan sangat baik untuk pelaku diet karena tidak akan tertimbun dalam tubuh.

Baca Juga  Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat Sebagai Obat Alternatif
Tags: , , ,

Related to: Nikmati Manfaat Kentang Untuk Kecantikan Alami