Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

February 16, 2016

Seorang wanita hamil membutuhkan asupan tinggi nutrisi, terlebih pada trimester pertama kehamilan. Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi Ibu hamil guna mencukupi asupan nutrisinya. Sebab makanan dengan nutrisi tinggi sangat berpengaruh pada perkembangan janin dalam kandungan dan kondisi tubuh ibu hamil. Sebab stamina wanita hamil sangat dipengaruhi oleh perubahan hormon ibu hamil pada tiga bulan pertama.

Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Oleh sebab itu, seorang wanita yang hamil wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi pada awal-awal kehamilan. Selain bisa mempertahankan staminan dan menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga makanan yang tepat juga akan menjadikan janin yang dalam proses pertumbuhan semakin sehat. Sebenarnya apa saja makanan yang paling baik untuk orang hamil? Makanan yang sangat direkomendasikan yaitu makanan banyak mengandung protein, asam folat, vitamin,  dan mineral yang sangat penting selama ibu hamil.

Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama

Sayuran

Jika selama ini Anda bukan termasuk orang yang menyukai sayuran, saat mulai hamil sangat disarankan untuk memperbanyak makan sayur. Ini karena sayuran sangat baik untuk menambah stamina Anda sendiri dan perkembangan janin dalam kandungan. Jangan pernah menolak untuk makan sayuran, sebab konsumsi sayuran yang Anda asup bukan untuk Anda sendiri, melainkan juga untuk calon bayi Anda.jenis sayuran yang paling direkomendasikan untuk orang hamil yaitu sayuran yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam karena dapat membantu pembentukan hemoglobin dalam tubuh sang Ibu.

Baca Juga  5 Tips Penting untuk Wanita Hamil yang Bekerja

Buah-buahan

Buah merupakan nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, begitu juga bagi orang hamil. Makan buah dapat menambah stamina Ibu hamil pada trimester pertama. Nutrisi dari buah-buahan  juga sangat baik untuk pertumbuhan janin di dalam kandungan. Contoh buah yang baik untuk Ibu hamil yaitu apel dan pisang. Pisang merupakan buah yang kaya akan asam folat sehingga sangat baik bagi perkembangan sel otak pada bayi dalam kandungan. Pisang bisa dikonsumsi sebagai cemilan atau sebagai makanan penutup setelah makan besar, yang penting asupan buah setiap harinya tercukupi.

Makanan laut

Seafood atau makanan laut amerupakan salah satu makanan dengan gizi tinggi yang  baik untuk bayi. Bayi dalam kandungan membutuhkan protein, vitamin a, dan omega 3, yang semuanya bisa didapat dari seafood. Beberapa makanan laun yang bisa Anda konsumsi antaranya udang, ikan, cumi  ataupun lobster, makanan tersebut sangat baik untuk perkembangan bayi Anda.

Sereal dan kacang-kacangan

Sereal mengandung karbo, Vitamin B, dan kalsium yang dibutuhkan oleh ibu hamil agar kondisi tubuhnya semakin kuat. Sereal juga banyak mengandung serat yang diperlukan tubuh agar organ pencernaan dapat berjalan lancar. Kacangan juga bisa menjadi sumber nutrisi bagi Ibu hamil karena mengandung Vitamin B dan asam folat yang diperlukan untuk tumbuh kembang bayi dalam kandungan.

Baca Juga  Cara Mengurangi Nyeri Saat Kontraksi dalam Persalinan

Nutrisi wajib bagi Ibu hamil pada trimester pertama ini sangat penting untuk dipenuhi. Sebab pada masa-masa ini buah hati Anda yang berada dalam kandungan sudah mulai tumbuh dan berkembang.

Tags: , ,

Related to: Nutrisi Wajib Ibu Hamil Trimester Pertama