Nyeri Saat Haid inilah 7 Trik Meredakannya

July 19, 2016

Jika Anda seorang wanita, tentu pernah mengalami rasa nyeri saat haid. Memang tidak semua wanita yang sedang haid atau menstruasi mengalami rasa kram dan nyeri. Tetapi, saat nyeri haid datang, tentu saja hal tersebut membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Di daerah perut bagian bawah rasa sakit itu muncul sehingga membuat Anda mengalami ketidaknyamanan.
Nyeri saat haid

Rasa sakit yang muncul saat sedang haid itu bervariasi, ada yang hanya merasakan sakit selama 1 hingga 2 jam lalu hilang, dan ada juga seorang wanita yang mengalami nyeri haid selama 1-2 hari.

Karena terlalu sakit, tidak jarang dari sebagian besar perempuan memilih menggunakan obat pereda sakit untuk menahan nyeri haid tersebut. Tetapi jika terlalu sering mengkonsumsi obat pereda sakit tersebut, tentu itu akan berakibat buruk dalam jangka panjang. Oleh karena itu, di sini akan dibahas mengenai trik mengurangi nyeri haid yang dapat Anda coba seperti yang dilansir dari Boldsky.

1. Dark chocolate diketahui kaya akan kandungan antioksidan dan magnesium, jika dikonsumsi dapat meredakan rasa sakit.

Baca Juga  Berikut ini 5 Pertolongan Pertama Terkena Serangan Jantung

2. Meskipun ini termasuk cara yang kuno, tetapi menggunakan kantong air panas dan diletakkan di daerah perut mampu mengurangi peradangan serta nyeri karena haid.

3. Mencapai titik orgasme adalah salah satu cara yang menyenangkan untuk meredakan kram ketika sedang haid. Orgasme mampu mengendurkan otot-otot rahim juga dapat meningkatkan aliran darah di daerah tersebut, sehingga mampu mengurangi rasa sakit saat haid.

4. Minum air dan jus membuat tubuh bebas dari dehidrasi. Karena dehidrasi dapat memperburuk kram serta dapat membuat lelah.

5. Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan, bahwa dengan menghirup aroma minyak lavender mampu mengendurkan otot serta dapat mengurangi peradangan.

6. Saat sedang haid hindari minum kopi. Hal ini dikarenakan dapat meningkatkan estrogen dalam tubuh dan menyebabkan kram.

7. Ketika haid, kurangi asupan garam. Karena garam kadang-kadang dapat menyebabkan kembung di daerah perut bagian bawah, sehingga dapat memperburuk kram.

Nah…itulah 7 trik yang bisa kamu coba untuk meredakan kram saat sedang haid. Sebaiknya saat sedang haid, jangan mengkonsumsi obat-obatan pereda kram saat haid karena dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, seperti membuat rahim menjadi kering dan sulit memiliki anak. Semoga trik di atas dapat membantu mengatasi masalah Anda yang datang setiap bulan dan semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga  Kenali Gejala Kanker Getah Bening Sebelum Mengganas

 

Tags:

Related to: Nyeri Saat Haid inilah 7 Trik Meredakannya