Obat Demam Berdarah Tradisional Dari Tumbuhan

Obat Demam Berdarah Tradisional Dari Tumbuhan

January 6, 2017

Penderita penyakit demam berdarah sebaiknya sebelum pergi berobat ke dokter, penderit dapat mengkonsumsi obat demam berdarah tradisional berikut ini untuk membantu meredakan gejala yang dialami.

Obat demam berdarah tradisional dari tumbuhan

 

1. Jus Kulit Manggis

Obat demam berdarah kulit buah manggis

Di dalam kulit manggis tersimpan zat antioksidan bernama Xanthone yang berfungsi untuk membentu mempercepat proses penyembuhan kondisi penderita DBD ringan. Anda dapat membuat jus kulit manggis, caranya yaitu dengan menggeruk bagian dalam kulit (yang seperti selaput berwarna putih), lalu diblender dan beri sedikit madu sebagai tambahan.

2. Jus Jambu Biji

Obat demam berdarah Jus Jambu Biji

Para ahli mengatakan bahwa jambu biji atau jambu klutuk yang memiliki daging berwarna merah adalah alat alami untuk menaikkan trombosit (sel darah putih) yang sangat dibutuhkan oleh penderita DBD. Oleh karena itu, dokter sering memberikan saran kepada pasien yang dalam fase pemulihan untuk rajin penuhi cairan juga sekaligus memperbanyak produksi trombosit dengan minum jus jambu biji secara rutin.

3. Sari Buah Kurma

Obat demam berdarah Sari Buah Kurma

Sari buah kuram juga merupakan alternatif untuk membantu meningkatkan produksi trombosit yang banyak berkurang karena virus dangue. Trombosit yang berkurang atau lemah dapat mengancam nyawa. Oleh sebab itu, jika Anda terserang DBD, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan jumlah trombosit seperti sari buah kurma.

4. Pepaya (Carica papaya)

Daun pepaya sering digunakan menjadi ramuan DBD, khususnya pada daun pepaya yang jantan atau daun pepaya gandul. Hal ini dikarenakan di dalam daun pepaya tersimpan berbagai enzim seperti karpain, papain, pseudokarpain, nikotin, kontinin, glikosida, miosimin, serta karposid.

Baca Juga  morning sickness - 4 Pengobatan alami, untuk mengatasi mual dan muntah

Pada umumnya, daun pepaya gandul dijadikan sebagai obat demam berdarah, sakit perut, dan penyakit cacing perut, serta untuk membantu proses pencernaan. Oleh karena itu, di 23 negara termasuk WHO (World Health Organization) mengakui bahwa daun pepaya adalah ramuan obat.

Dari sebuah hasil penelitian mengungkapkan, bahwa daun pepaya berkhasiat memberikan efek terapi kepada penderita inflamasi atau yang mengalami pembengkakan pada organ vital seperti mata, kelamin, hati, dan usus halus. Hubungannya dengan demam berdarah yaitu penderita mengalami pembengkakan di organ hati. Daun pelaya juga memiliki sifat antikoagulen, antioksidan, serta dapat memulihkan luka pada usus dan lambung.

5. Temu Ireng (Curcuma aeruginosa)

Temu ireng merupakan jenis tubuhan untuk obat demam berdarah, batuk, asma, perangsang nafsu makan, pencegah rematik, rematik, dan anthelmintik. Temu ireng memiliki kandungan minyak atsiri sepertu zingiberene dan turmeron. Selain itu, ada juga senyawa kurkuminoid (kurkumin I, II, dan III) serta zat saponin, pati, alkaloid, dan lemak.

Secara empiris, temu ireng juga memiliki khasiat untuk memperbaiki kerusakan sel hati yang dialami oleh penderita demam berdarah. Anda dapat membeli temu ireng yang sudah diolah menjadi jamu tradisional, lalu diminum sampai masa penyembuhan kondisi berakhir.

6. Kunyit (Curcuma domestica)

Di dalam kehidupan, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masakan, insektisida alami, pewarna makanan, bahan kosmetik, dan masih banyak lagi lainnya.

Sudah sejak lama rimpang kunyit digunakan oleh para para leluhur juga nenek moyang untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, seperti stomakik, stimulan, haematik, karminatif, hapato-protekti, anti-inflamasi, anti spasmodik, melancarkan pencernaan, dan luka pada lambung juga ulser.

Baca Juga  Ramuan herbal mengatasi gangguan penyakit jantung

Keunggulan dari kunyit karena memiliki banyak kandungan minyak atsiri, dan beberapa zat lainnya dari golongan kurkuminoid (kurkumin I, II, III).

Dari hasil uji coba laboratorium mengungkapkan, bahwa kunyit memiliki aktifitas sebagai antioksidan (yang dapat membantu memberantas virus dangue pada penderita DBD), antivirus HIV, anti mikroba, menghambat proses perkembangan sel kanker, mencegah tumor payudara, dan mengatasi penyakit tukak lambung (gangguan pencernaan).

7. Meniran (Phyllanthus niruri)

Daun meniran yang direbus juga sering diminum sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit hati (diuretik untuk hati serta ginjal), diare, batuk, sariawan, ekspektoran, penyakit kelamin, panas dalam, dan sebagai tonik lambung.

Selain itu, meniran juga memiliki sifat anti virus tubuh yang dapat membatu meningkatkan kekebalan tubuh seseorang yang sedang mengalami sakit dengan cara kerja memacu fagositosis sel makrofag. Juga memiliki aktifitas sitotoksisitas sel NK, hemolitik, antibodi IgM dan IgG, khemotaksis neutrofil, dan fungsu proliferatif limfosit T.

Meniran memiliki banyak senyawa seperti alkaloid, asam fenolat, flavonoid (antioksidan), tanjn, serta triterpenoid yang menurut hasil riset menyimpulkan, bahwa menieran juga memiliki khasiat untuk menghambat DNA polimarase yang berasal dari virus hepatitis B, penghambat reverse transcriptase daei retrovirus, serta untuk mencegah penyakit gastrointestinal. Itulah beberapa obat demam berdarah tradisional yang aman untuk di konsumsi semoga artikel ini membantu.

Share on Facebook21Share on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Tags: , ,

Related to: Obat Demam Berdarah Tradisional Dari Tumbuhan