Obat , Gejala Penyakit Lemah Jantung Dan Cara Mengatasinya

November 12, 2016

Banyak orang yang bertanya bagaimana gejala dan cara mengatasi penyakit lemah jantung yang ditunjukkan? Sebelum membincarakan tentang beberapa gejala yang ditunjukkan, sebaiknya Anda terlebih dahulu memperhatikan apa yang disebut dengan penyakit lemah jantung. Jantung merupakan organ tubuh yang sangat vital dalam kehidupan manusia. Karena hal ini terkait dengan fungsinya dalam memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Cara Mengatasi Penyakit Lemah Jantung

Penyakit lemah jantung

Sebagian orang memiliki masalah dengan penyakit jantung, itu berarti organ vital yang ia miliki tidak dapat berfungsi dengan baik atau dengan normal. Baik itu keadaan fungsi jantung yang menurun atau bahkan karena gangguan lainnya. Pada dasarnya banyak hal yang menyebabkan terjadinya penyakit jantung bisa Anda hindari dengan mudah. Seperti menjaga tubuh agar lebih sehat, atau mengubah pola hidup yang lebih baik dan juga sehat. Tidak hanya beberapa hal tersebut saja, ada juga beberapa cara utama yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah penyakit lemah jantung, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  1. Menghindari Konsumsi Makanan Yang Memicu Darah Tinggi

Sebisa mungkin hindari konsumsi makanan yang dapat memicu darah tinggi. Ini adalah hal pertama yang dapat Anda lakukan dalam menghindari diri dari penyakit jantung. Cara alami ini bisa Anda lakukan denhan menghindari konsumsi sate yang terbuat dari bahan daging kambing. Karena ini memiliki kaitan dengan zat yang terkandung di dalamnya yang dapat membuat aliran darah menjadi lebih cepat sehingga membuat otot jantung menjadi bekerja lebih keras, tentu ini akan mengganggu kesehatan Anda.

  1. Mengurangi Garam

Selain itu, para penderita yang mengalami masalah lemah jantung sebaiknya menghindari makanan yang asin atau mengurangi konsumsi garam. Mengapa begitu? Karena makanan yang asin dapat menimbulkan tekanan darah tinggi. Hal ini tentu saja dapat membahayakan keadaan organ jantung.

  1. Menghindari Stress

Hindarilah keadaan yang membuat Anda stress. Dalam menyembuhkan beberapa macam penyakit dari dalam tubuh manusia, maka proses penyembuhan harus dilakukan dari pusat. Sedangkan bagian pusat itu terdiri dari otak, sehingga secara psikologis efek yang diberikan cukup besar dalam penyembuhan penyakit. Selain itu, kontrol tubuh dengan cara melakukan kontrol pada tingkat stress pun dapat mempermudah Anda dalam melakukan proses pengobatan atau penyembuhan dari suatu penyakit, termasuk penyakit jantung.

  1. Mengkonsumsi Zat Besi

Memiliki penyakit lemah jantung membuat tubuh menjadi kekurangan asupan sel darah merah. Sedangkan sel darah merah memiliki manfaat yang cukup untuk kesehatan tubuh manusia. Hal ini berkaitan dengan bahan bakar tubuh dalam melakukan berbagai jenis kegiatan atau aktivitas. Dengan tercukupinya asupan zat besi, maka membuat tubuh menjadi lebih terbantu dalam melakukan aktivitas jantung, sehingga lebih baik juga mencukupi asupan sel darah merab yang dibutuhkan oleh tubuh.

  1. Istirahat Yang Cukup
Baca Juga  Obat Tradisional Kolesterol dan Asam Urat Sudah Terbukti Hasiatnya

Ini adalah cara alami yang Anda gunakan dalam mengatasi penyakit lemah jantung yaitu dengan melakukan istirahat yang cukup. Karena hal ini tidak bisa terlepas dari bagian organ jantung yang terus bekerja tanpa disadari oleh manusia itu sendiri. Meskipun Anda sedang melakukan kegiatan tidur sekalipun, jantung adalah organ yang penting dan tetap bekerja. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan jantung, maka harus melakukan istirahat yang cukup, sehingga membuat kualitas tidur pun menjadi jauh lebih baik.

  1. Menjauhi Rokok

Merokok merupakan salah satu kegiatan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh, terutama bagi seseorang yang menderita lemab jantung. Selain itu, hal ini juga tidak bisa terlepas dari produksi gas karbon dioksida yang mulai meningkat jika seseorang menghisap atau mengkonsumsi rokok. Sedangkan zat dari rokok itu sendiri jika terdapat di dalam tubuh, maka zat tersebut akan menjadi racun dan tentunya ini akan membahayakan kesehatan tubuh.

  1. Hindari Aktivitas Berat

Jika seseorang yang memiliki penyakit lemah jantung, maka hindarilah aktivitas berat. Karena ini akan mengakibatkan tubuh menjadi lebih lemah. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan aktivitas berat, seseorang membutuhkan pasokan oksigen yang cukup besar. Sedangkan seseorang yang menderita lemah jantung membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melakukan pasokan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

  1. Biasakan Diri Untuk Tidak Tegang

Secara psikologi, saat seseorang sedang berada dalam keadaan yang tegang, maka akan membuat aktivitas jantungnya menjadi meningkat jauh lebih tajam, sehingga membuat penderitanya merasa berdebar-debar. Hal ini tentu membuat aktivitas kerja otot menjadi jauh lebih besar. Karena itu, bagi mereka yang menderita lemah jantung biasakan diri untuk tidak tegang.

  1. Mengontrol Emosi
Penyakit lemah jantung

ilustrasi orang sedang stress

Emosi adalah salah satu bagian yang memiliki pengaruh yang cukup besar dalam kehidupan seseorang. Hal ini juga dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Oleh sebab itu, penderita lemah jantung harus menjaga kesehatannya, juga mengontrol emosi yang dimilikinya agar menjadi lebih stabil.

  1. Olahraga Yang Teratur
Baca Juga  Obat Mujarab Untuk Kolesterol Dengan Bahan-Bahan Dapur

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan. Karena itu siapaphn dapat melakukan ini jika ingin terus berada dalam keadaan yang sehat. Tidak hanya itu saja, olahraga juga dapat menghindari dan mengurangi tingkat resiko munculnya dampak penyakit lemah jantung. Tapi dalam melakukan olahraga harus tetap memperhatikan bentuk olahraga yang dilakukannya cukip yang ringan saja, sehingga organ jantung tidak akan bekerja terlalu keras. Selain itu, cara ini juga dapat membantu menstabilkan denyut serta debaran jantung.

  1. Hindari Makanan Dengan Kadar Kolesterol

Jenis makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi memiliki potensi dalam meningkatkan tekanan darah menjadi lebih tinggi, sehingga membuat kerja jantung menjadi lebih keras. Hal ini tentu dapat membahayakan keadaan jantung yang Anda miliki. Oleh sebab itu, maka hindarilah itu mengkonsumsi jenis makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, seperti makanan yang besantan yang sudah tentu di dalamnya mengandung lemak jenuh.

  1. Konsumsi Makanan Yang Baik Untuk Jantung

Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Oleh karena itu, jenis makanan alami ini sering digunakan sebagai obat tradisional dalam melakukan pengobatan penyakit jantung. Memang benar, rasa yang dimiliki oleh jenis makanan ini kurang lezat, maka Anda bisa menambahkannya dengan jenis makanan sehat yang lainnya seperti madu atau buah strawberry dan pisang.

  1. Hindari Kafein

Hindari jenis makanan atau minuman yang di dalamnya mengandung kafein, kopi, teh dan minuman berenergi lainnya yang harus dihindari oleh penderita lemah jantung. Karena hal ini memiliki kaitan langsung dengan kandungan kafein yang berfungsi dalam memicu denyut organ jantung. Oleh sebab itu, maka sebaiknya Anda harus menghindari berbagai macam jenis makanan atau minuman yang memiliki bahan dasar atau terbuat dari kafein.

  1. Teh Hijau

Teh hijau ini merupakan salah satu jenis minuman yang sangat digemari oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang sedang menjalani program diet. Namun siapa yang menyangka, bahwa jenis minuman ini dapat menurunkan tingkat resiko penyakit jantung. Karena teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi penumpukan plak pada bagian pembuluh darah. Tidak hanya itu saja, teh hijau juga dapat berperan sebagai anti kanker.

Demikianlah penjelasan mengenai 14 bentuk tips pengobatan dalam mengatasi masalah penyakit lemah jantung.

 

Tags: , , , ,

Related to: Obat , Gejala Penyakit Lemah Jantung Dan Cara Mengatasinya