Obat Herbal Penurun Kolesterol Tinggi Yang Belum Di Ketahui

November 12, 2016

Obat Herbal Penurun Kolesterol – Sekarang ini banyak sekali obat penurun kolesterol yang beredar di pasaran. Akan tetapi obat-obat tersebut pastinya buatan alias kimia.

Seperti yang kita ketahui, semua yang berbahan kimia pastinya memiliki efek samping ketika kita mengkonsumsinya. Maka dari itu, munculah obat herbal penurun kolesterol.

Kolesterol Tinggi

Kolesterol Tinggi

Tetapi obat herbal disini lebih menjurus kepada bahan-bahan alami, terutama makanan seperti sayuran dan   buah-buahan. Oleh karena itu berikut adalah 10 Obat Herbal Penurun Kolesterol yang berasal dari makanan.

  1. Teh Hijau atau Green Tea

Teh yang berjenis ini memang sedari dulu sudah cukup terkenal akan banyaknya khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh,

Teh Hijau

Teh Hijau

tidak terkecuali untuk menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kolesterol yang dapat dicapai denagn mengkonsumsi teh ini adalah sebesar 2% hingga 5%.

  1. Minyak Zaitun

Minyak yang dihasilkan oleh buah zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah dan juga dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dengan cukup efesien.

Pada orang gemuk, jika mereka mengkonsumsi minyak tersebut secara rutin maka dapat mengurangi kadar kolesterol jahat hingga mencapai 18%.

  1. Tanaman Sterol dan Cokelat Hitam Pahit
Baca Juga  Kanker Serviks, Pencegahan, Cara Mengobati dan Obat Herbal

Flavanol dan sterol yang terkandung dalam cokelat telah terbukti dapat mengurangi kolesterol mencapai 2% hingga 5%. Untuk streol sendiri hampir dapat ditemui disemua tanaman,

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

terutama pada tanaman jagung dan kedelai yang dimana minyak nabatinya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat hingga mencapai 16%.

  1. Oat Bran dan Beras Merah
Oat Bran

Oat Bran

Gandum memang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat cukup baik. Salah satu olahan gandum yang cukup lezat adalah oat bran.Selain itu, beras merah juga mengandung serat yang sangat baik dalam mengatur kolesterol.

  1. Gandum Barley

Gandum yang ini juga terbukti dapat menurunkan kadar LDL dengan cukup baik. Apabila makanan pokok diganti dengan makanan ini, tentunya akan cukup baik bagi keseimbangan kadar kolesterol.

  1. Bawang Putih

Sebuah penelitian menghasilkan data yang amat baik, yaitu bahwa 900 mg dari bawang putih yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 9% hingga 12%.

Untuk mengkonsumsi bawang putih mentah sebaiknya memilih bawang putih yang berjenis bawang putih tunggal atau lanang.

  1. Biji kenari dan Pistachio
Baca Juga  Kenali Obat Herbal Kanker Otak berikut ini

Ketika seseorang mengkonsumsi sebanyak 30 gram biji kenari maka ia akan mencukupi 20% hingga 30% dari total asupan gizi yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat hingga mencapai 10%. Hal ini juga berlaku pada pistachio.

  1. Kacang Almond

Banyak sekali penelitian yang meneliti kacang almong. Contohnya saja, setengah cangkir kacang almond dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL hingga mencapai 10%.

Akan tetapi, kacang tersebut memiliki kalori yang tinggi maka dari itu tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan. Biasanya untuk mengkonsumsi kacang tersebut bersama dengan oatmeal ataupun sebagai camilan.

  1. Biji Rami

Ketika seseorang mengkonsumsi 50 gram biji tersebut secara rutin setiap hari maka kadar kolesterol jahat yang dimilikinya akan turun hingga mencapai 8%.

  1. Makanan yang Banyak Mengandung Likopen

Makanan yang mengandung zat tersebut adalah buah-buahan yang berwarna merah, seperti tomat, semangka, delima dan masih banyak yang lainnya.

(Baca Juga : 10 Makanan Penurun Kolesterol )

Makanan Likopen

Makanan Likopen

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat tersebut secara rutin maka dapat menurunkan kadar kolesterol jahat antara 10% hingga 17%. Selain itu, zat tersebut juga cukup baik untuk kesehatan jantung.

Tags: , , ,

Related to: Obat Herbal Penurun Kolesterol Tinggi Yang Belum Di Ketahui