Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Menurut Dunia Medis

November 12, 2016

Obat kanker kelenjar getah bening yang tepat perlu kita ketahui agar pengobatan berlangsung efektif dan resiko semakin memburuknya kondisi penyakit dapat dihindari. Pengobatan yang tidak tepat menyebabkan proses kesembuhan berlangsung lama ditambah biaya yang dikeluarkan semakin membengkak dan resiko lebih besar yang harus dihindari adalah terjadinya kematian.

obat kanker kelenjar getah bening

Obat kanker kelenjar getah bening bervariasi seiring bervariasinya penyebab penyakit ini. Maka dari itu faktor penyebab harus diketahui dulu untuk memperoleh pengobatan yang tepat.  Jika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang umumnya terjadi di daerah leher yang lebih tepatnya di bagian rahang bawah, segera periksakan diri Anda pada dokter ahli untuk mengetahui apakah pembengkakan tersebut hanya merupakan reaksi wajar dari sistem pertahanan tubuh atau dikarenakan tumbuhnya sel-sel kanker.

  • Proses diagnosis

Diagnosis pertama yang dilakukan tim medis biasanya dengan foto scan atau rontgent. Jika dari hasil rontgent belum secara pasti dapat ditentukan ada tidaknya sel kanker maka akan dilakukan biopsi. Biopsi bisa dilakukan dengan cara memasukkan jarum halus pada kelenjar limfa untuk mengambil jaringan kelenjar untuk kemudian diperiksa secara laboratorium.

 

Jika hasilnya positif, langkah selanjutnya adalah menetapkan stadium kanker yang diderita. Hal ini mengacu pada tingkat keganasan penyebaran sel-sel kanker dalam tubuh. kanker kelenjar getah bening stadium awal hanya menginfeksi satu kelompok kelenjar yang berada pada satu sisi diafragma saja. Sedangkan jika sudah stadium akhir, maka kanker bukan hanya menginfeksi satu atau dua kelompok kelenjar limfa namun bisa menyebar ke sumsum tulang belakang, menginfeksi limpa ( alat tubuh yang fungsinya sama dengan kelenjar limfa dan letaknya berada di rongga perut) bahkan menginfeksi hati. Dari hasil diagnosis ini kemudian ditentukan obat kanker kelenjar getah bening yang tepat disertai serangkaian proses pengobatan yang harus dilalui pasien.

Baca Juga  Gejala Awal dan Penyebab Serta Cara Pencegahan Penyakit Kaki Gajah

 

  • Proses pengobatan
  • obat kanker kelenjar getah bening dapat berupa molekul protein, zat kimia tertentu atau berupa gelombang radiasi sesuai dengan jenis terapi yang diterapkan. Adalah berikut ini penjelasannya:

 

–          Terapi biologis

Terapi biologis dilakukan dengan menyuntikkan antibodi monoklonal yakni berupa molekul-molekul protein yang sudah direkayasa sedemikian rupa sehingga mempunyai kemampuan untuk berikatan dengan sel kanker kemudian membunuh sel-sel tersebut. Terapi ini relatif aman karena molekul protein dapat secara spesifik hanya berikatan dengan sel kanker dan bukan membunuh sel-sel sehat yang lain.

 

–          Terapi radiasi

Terapi ini dilakukan dengan menembakkan gelombang sinar berenergi tinggi pada sel kanker sehingga sel-sel kanker menyusut pertumbuhannya kemudian mati. Bisa juga dengan cara menyuntikan zat radioaktif pada tubuh pasien sehingga zat tersebut akan mengalir bersama aliran darah menuju sel-sel yang menjadi target pemusnahan. Terapi dapat berjalan selama beberapa minggu dimana dalam satu minggunya pasien harus berobat kurang lebih sekitar 5 kali.

 

–          Kemoterapi

Kemoterapi dilakukan dengan cara memasukkan obat kimia ke dalam tubuh pasien yang disebut cytotoxics. Namun obat ini selain menghancurkan sel-sel kanker dapat juga membunuh sel-sel tubuh lain seperti sel darah. Jika yang terbunuh adalah sel darah merah maka resiko anemia meningkat. Anemia dapat menyebabkan pasien lemas disebabkan kurangnya asupan oksigen pada sel-sel tubuh lain. Sedangkan jika sel darah putih yang terbunuh, resiko leukupeni yang berakibat rentannya tubuh pasien terhadap infeksi bakteri dan virus dari luar semakin tinggi. Infeksi virus dan bakteri yang pada kondisi normal tidak akan begitu berpengaruh terhadap kesehatan, dapat menyebabkan nyawa melayang pada kondisi leukimia.

Baca Juga  Kelezatan Makanan Kanker Getah Bening Yang Wajib Diketahui

 

–          Pencangkokan sel punca

Pencangkokan sel punca ditempuh jika kanker yang sudah diobati kembali menyerang, sehingga dosis dari kemoterapi harus ditingkatkan. Peningkatan dosis ini berakibat rentannya pasien terhadap resiko kematian akibat efek samping yang semakin tinggi. Sel punca dicangkokkan ke tubuh pasien dalam rangka menyelamatkan pasien dari resiko tersebut.

Demikian paparan mengenai obat kanker kelenjar getah bening beserta proses pengobatannya yang bisa kami uraikan. Namun untuk lebih mengetahui informasi yang lebih tepat, selalu konsultasikan segala sesuatunya dengan dokter ahli Anda.

Tags: ,

Related to: Obat Kanker Kelenjar Getah Bening Menurut Dunia Medis