Obat Kolesterol Simvastatin Dan Efek Sampingnya

January 11, 2016

Obat Kolesterol SimvastatinKolesterol sekarang ini merupakan kata yang sudah sangat umum kita dengar. Kolesterol bisa bermanfaat bagi tubuh, tetapi juga dapat menjadi bumerang bagi tubuh.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Sekarang ini banyak sekali orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi atau melebihi normal. Ketika hal tersebut terjadi maka, kolesterol tersebut akan menjadi bumerang bagi kesehatan tubuhnya.

Perlu anda ketahui, kadar kolesterol yang tidak terkontrol dapat menyumbat pembuluh darah arteri. Jika pembuluh darah tersebut tersumbat maka yang terjadi adalah bisa-bisa orang tersebut terkena penyakit jantung dan stroke.

Seperti yang kita ketahui, penyakit tersebut termasuk penyakit yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Oleh karena itu, kadar kolesterol yang sudah tinggi harus segera diturunkan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Obat Kolesterol Simvastatin

Obat Kolesterol Simvastatin Tablet

Terdapat beberapa obat kolesterol yang cukup efekrif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Salah satunya adalah obat kolesterol simvastatin.

Obat tersebut juga dikenal dengan nama statin. Obat ini bekerja dengan cara menghambat kinerja enzim yang berguna untuk memproduksi kolesterol sehingga kadar kolesterol dalam darah akan berkurang.

Tidak hanya itu, obat ini juga dapat membuang kolesterol jahat atau LDL sehingga dapat membuat kadar kolesterol menurun.

Dengan berkurangnya kadar kolesterol jahat di dalam tubuh maka secara langsung juga mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga  Obat Tradisional Asam Urat Dan Kolesterol Yang Aman

(Baca Juga : Manfaat Buah Nanas Sebagai Obat Dari Penyakit Berbahaya)

Sebagai info, kadar kolesterol jahat atau LDL yang normal adalah kurang dari 100 mg/dl. Obat ini terdiri atas dua jenis, yakni tablet dan cair.

Efek Samping Obat Simvastatin

Untuk mengkonsumsi obat simvastatin atau statin ini juga harus menggunakan resep dokter. Tentunya setiap obat memiliki peringatan. Untuk obat ini, seorang wanita yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsinya.

Tidak hanya itu, obat ini juga akan memberikan efek negatif pada ASI, oleh karena itu para ibu yang sedang menyusui tidak boleh mengkonsumsi obat ini.

Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang pada usia subur, karena memiliki dampak buruk pada janin, maka dari itu ketika seorang wanita mengkonsumsi obat ini harus menggunakan kontrasepsi yang baik agar dapat mencegah kehamilan.

Obat ini juga tidak boleh diminum secara bersamaan dengan grapefruit atau jeruk bali karena dapat meningkatkan kadarnya.

Dan yang terakhir, obat ini juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi seseorang yang memiliki gangguan pada hati, kelenjar tiroid, ginjal, gangguan pada otot (nyeri otot ataupun sakit otot tanpa alasan yang jelas), dan bagi yang gemar meminum minuman beralkohol atau keras.

Baca Juga  Obat Tradisional Kolesterol dan Asam Urat Sudah Terbukti Hasiatnya

Obat kolesterol simvastatin atau statin ini paling baik dikonsumsi ketika malam hari, yaitu pada sebelum maupun sesudah makan.

Walaupun pengkonsumsian obat ini dilakukan secara rutin, tentunya juga harus melakukan pola hidup yang baik agar penurunan kadar kolesterol semakin cepat.

Sumber Kolesterol

Sumber Kolesterol

Pola hidup tersebut seperti selalu minum air putih setiap hari minimal 8 gelas, melakukan olahraga, jika anda merokok maka hentikan kebiasaan buruk itu sesegera mungkin,

banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat dan vitamin seperti buah dan sayuran, dan yang paling penting adalah istirahat dan tidur tepat waktu.

(Baca Juga : Obat Kolesterol Alami Dengan Buah-Buahan Tanpa Effek Samping )

Seperti kebanyakan obat kimia lainya, simvastatin atau statin juga menimbulkan efek samping. Tetapi, gejala dari efek samping tersebut akan berkurang setelah tubuh telah dapat beradaptasi.

Efek samping dari obat ini antara lain sakit kepala,konstisipasi atau diare, penipisan rambut, gangguan tidur, gangguan pencernaan, dan terkadang dapat menyebabkan nyeri otot atau kram.

Tags: , ,

Related to: Obat Kolesterol Simvastatin Dan Efek Sampingnya