Obat Kolesterol simvastatin Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Menggunakanya

November 12, 2016

Obat Kolesterol simvastatin – Sekarang ini makanan cepat saji sudah sangat banyak, mungkin jika diibaratkan seperti jamur yang tumbuh di musim hujan.

Makanan cepat saji juga memiliki rasa yang amat pas di lidah setiap orang. Akan tetapi, semua makanan yang serba instan pastinya tidak menyehatkan.

(Baca Juga : Obat Kolesterol Generik Dan Paten Untuk Menyembuhkan)

Salah satunya adalah dapat menyebabkan tinggi kadar kolesterol dalam darah. Oleh karena itu, saat ini juga sangat banyak anjuran untuk mengurangi dalam mengkonsumsi makanan cepat saji.

Tetapi, anjuran tersebut sepertinya sudah telah karena bila anda melihat berita kesehatan sekarang ini maka banyak sekali orang-orang yang mengidap penyakit jantung dan stroke.

Sakit Jantung

Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang dapat membahayakan nyawa seseorang. Selain itu, kedua penyakit tersebut juga disebabkan olah tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh.

Tetapi, sekarang ini banyak sekali jenis obat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dengan cukup baik. Mungkin yang sering didengar adalah obat kolesterol statin atau simvastatin.

simvastatin 10 Mg

simvastatin 10 Mg

 

Simvastatin 20 mg

Simvastatin 20 mg

Walaupun dapat menurunkan kadar kolesterol hajat dengan cukup efektif, tentunya obat ini juga memiliki efek samping. Berikut adalah efek samping yang dapat diakibatkan oleh pengkonsumsian obat ini.

  1. Abdominal pain, konstipasi, flatus, astenia, sakit kepala, miopati, rabdomiolisis. Selain itu pada beberapa kasus atau kasus terntentu juga dapat menyebabkan angioneurotic edema.
  2. Untuk organ penglihatan yaitu mata dapat mempercepat katarak dan ophthalmoplegia.
  3. Untuk organ pencernaan dapat menyebabkan anoreksia, mual dan muntah.
  4. Untuk organ syaraf dapat menyebabkan vertigo, disfungsi syaraf kranial tertentu, hilang ingatan, tremor, neuropati perifer, pusing, parestesia, dan kelumpuhan saraf perifer.
  5. Untuk organ reproduksi dapat menyebabkan ginekomastia dan kehilangan libido yang dapat terjadi pada pria dan wanita. Selain itu, untuk pria sendiri juga dapat menyebabkan disfungsi ereksi.
  6. Dapat menimbulkan reaksi hipersensitif seperti leukopenia, anafilaksis, trombositopenia, angiodema, dan anemia hemolitik.
  7. Untuk kulit sendiri dapat menyebabkan pruritus dan alopesia.
Baca Juga  5 Mengobati Sariawan Dengan Obat Alami Secara Ampuh

Tidak hanya efek samping simvastatin saja yang harus anda ketahui, melainkan juga mengenai peringatan dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika mengkonsumsi obat penurun kolesterol ini.

(Baca Juga : Tumbuhan Obat Tradisional Kolesterol Tinggi Daun Salam )

Berikut adalah beberapa hal yang harus anda ingat ketika mengkonsumsi obat tersebut.

  1. Pengkonsumsian obat kolesterol simvastatin atau statin harus segera mungkin dihentikan baik sementara atau berhenti total bagi para penderita miopati ataupun bagi seseorang yang memiliki risiko besar terkenan gagal ginjal sekunder karena dapat menaikan CPK atau Creatinin Fosfokinase.
  2. Ketika akan mengkonsumsi obat penurun kolesterol ini maka terlebih dahulu harus dilakukan tes terhadap fungsi atau kinerja hati. Tidak hanya itu, anda juga harus melakukan tes pada 6 dan 12 minggu pertama setelah mengkonsumsi obat ini, kemudian setelah itu anda bisa melakukan tes secara periodik seperti semianual.
  3. Jika mengkonsumsi obat ini hingga jangka panjang maka harus dilakukan tes laboratorium tiap 3 bulan sekali untuk menentukan pengobatan yang berbeda selanjutnya berdasarkan tes laboratorium.
  4. Ketika mengkonsumsi obat simvastatin maka juga harus melakukan pemeriksaan atau check up terhadap kadar kolesterol secara periodik atau teratur, misal 1 bulan sekali. Jika seseorang mengalami peningkatan kadar transaminase serum ketika sehabis melakukan tes, maka perhatian khusus harus diberlakukan dalam pengukuran transaminase. Dan jika selama 3 kali pengukuran menunjukan kadar yang tinggi maka, konsumsi obat statin harus segera dihentikan.
  5. Jika ketika mengkonsumsi obat statin merasakan nyeri otot yang tidak diketahui penyebabnya maka segera beritahu atau periksakan kepada dokter.
Baca Juga  Obat Tradisional Kolesterol dan Asam Urat Sudah Terbukti Hasiatnya

(Baca Juga : Nama Obat Kolesterol yang Biasanya Di Anjurkan Oleh Dokter )

Tags: , , ,

Related to: Obat Kolesterol simvastatin Yang Wajib Di Perhatikan Sebelum Menggunakanya