Obat Penurun Darah Tinggi Yang Biasa Di Gunakan Resep Dokter

January 16, 2016

Obat Penurun Darah Tinggi Yang Biasa Di Gunakan Resep Dokter – Tekanan darah tinggi atau juga biasa disebut Hipertensi adalah suatu kondisi dimana aliran darah dalam pembuluh darah arteri meningkat sehingga kerja jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh menjadi lebih berat.

(Baca Juga : 5 jenis makanan sehat untuk diet jantung )

Hipertensi adalah faktor utama berbagai macam penyakit datang seperti serangan jantung, stroke, gagal jantung, dan penyakit arteri perifer.

Selain dengan obat-obatan pola makan yang teratur dan olahraga secara rutin dapat memperbaiki tekanan darah dan mengurangi resiko terjadinya komplikasi penyakit lainnya.

Tapi tidak bisa dipungkiri juga bahwa peran obat-obatan juga sangat penting bagi sebagian orang yang telah menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat tetapi tidak cukup mengatasi permasalahn hipertensi tersebut.

(Baca Juga : 11 manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang wajib untuk anda ketahui)

Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan kepada penderita hipertensi agar tekanan darah tinggi dapat kembali normal. Obat-obatan macam ini biasanya baru akan menimbulkan efek beberapa hari saat setelah mengkonsumsinya.

Hipertensi

Jika penderita telah diberi obat dengan resep dokter sebaiknya jangan berhenti meminumnya sebelum dokter mengatakan boleh berhenti untuk mengkonsumsinya.

Ada beberapa Obat Penurun Darah Tinggi yang biasanya diberikan untuk penderita hipertensi sesuai resep dokter, antara lain:

  1. Calcium Channel Blockers

Salah atu obat yang biasanya diberikan dokter adalah Calcium Channel Blockers, obat ini bekerja pada jantung yang berfungi sebagai pengacau pergerakan kalsium yang masuk ke dalam pembuluh darah dan membuat pembuluh darah lebih rileks untuk bekerja dan jatung akan berdetak lebih santai.

Baca Juga  Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga
  1. Centrally-Acting Alpha Adrenergics

Sistem kerja dari otak ini adalah bekerja pada bagian sistem saraf pusat atauotak. Fungsi dari obat ini adalah menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi zat kimia dalam darah sehingga pembuluh darah akan terasa lebih rileks dan jantung berdetak dengan normal kembali.

  1. Diuretic

Obat yang bekerja pada ginjal dan kandung kemih ini memiliki fungsi untuk membantu membersihkan tubuh anda dari air dan garam yang ada.

Obat ini akan bekerja dengan membuat ginjal menepatkan sodium yang lebih banyak ke dalam urin jadi sodium akan mengambil air dalam darah dan akan mengurangi jumlah cairan yang mengalir pada pembuluh darah. Proses ini akan mengurangi tekanan yang terjadi pada dinding pembuluh darah arteri.

  1. Vasodilators

Obat ini membantu prose pelebaran pembuluh darah yang dapat menghasilkan relaksasi yang terjadi dari sel-sel otot halus di sekitar pembuluh darah.

Jika terjadi pelebaran pembuluh darah maka otomatis aliran darah akan semakin lancar dan akan membantu penurunan tekanan pada darah.

  1. Beta Blockers

Fungsi obat yang bekerja pada jantung ini adalah melemahkan tekanan dari hormone stree yang terdapat pada jantung.

  1. Angiotensin Converting Enzyme Inhibitors
Baca Juga  Menghilangkan Bau Ketiak yang Paling Efektif dan Cepat

Obat ini sering dibilang penghambat ACE yang bekerja di dalam pembuluh darah yang berfungsi sebagai penghambat produksi hormone Angiotensin II yang dapat mempersempit pembuluh darah.

Obat ini akan memperlebar pemburuh darah sehingga aliran darah semakin lancar dan menurunkan tekanan darah.

  1. Angiotensin II Receptor Blockers

Bekerjanya obat ini adalah di dalam pembuluh darah sama seperti obat penghambat ACE. Fungsi dari obat ini adalah bertugas memblok efek hormone Angiotensin II pada pembuluh darah.

  1. Peripherally Acting Alpha Adrenergic Blokers

Obat ini adalah salah satu obat yang bermanfaat bagi jantung yang berfungsi menghentikan hormone-hormon dari pengencangan otot di dalam pembuluh darah yang lebih kecil.

Obat Penurun Darah Tinggi ini akan melebarkan pembuluh arteri dan dapat meningkatkan aliran daran sehingga tekanan darah akan dapat diturunkan.

(Baca Juga : Tanaman Penurun Darah Tinggi Inilah Obat Herbal Penderita Darah Tinggi

Tags: ,

Related to: Obat Penurun Darah Tinggi Yang Biasa Di Gunakan Resep Dokter