Obat & Penyebab Diare pada Ibu Hamil Serta Cara yang Aman Mengatasinya

March 17, 2017

Penyebab diare Pada ibu hamil haruslah segera di Tangani. Obat diare pada ibu hamil pertolongan pertama sebaiknya meminum air putih yang cukup. Karena ketika diare dapat menguras cairan pada tubuh sehingga memicu dehidrasi.

Jika tidak ditangani dengan baik maka kondisi ini bisa berdampak serius bahkan mematikan. Untuk mengatasinya diare seperti ini, obat diare khusus untuk ibu hamil wajib Anda konsumsi. Namun bagaimanakah cara memilih obat yang tepat bagi Anda? Dalam artikel ini, kita akan membahasnya.

Anda dapat dikatakan terserang diare jika dalam sehari Anda buang air besar dengan tinja encer sebanyak tiga kali atau lebih. Umumnya diare pada ibu hamil terjadi pada trisemester ketiga kehamilan tapi tidak semua ibu hamil mengalaminya.

Obat Diare untuk Ibu Hamil

Obat Diare untuk Ibu hamil

Ilustrasi Ibu Hamil

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi sesuatu termasuk obat-obatan. Hindarilah mengonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran tanpa resep dari dokter kandungan.

Selain itu, lain penyebab maka lain pula obat yang digunakan. Sebagai contoh, jika diare disebabkan oleh parasit atau bakteri, mungkin dokter akan meresepkan obat jenis antibiotik.

Akan tetapi antibiotik tidak cocok diberikan jika diare disebabkan oleh virus. Obat diare untuk ibu hamil yang tepat hanya bisa didapatkan setelah Anda berkonsultasi langsung  dengan dokter kandungan.

Biasanya sebelum memberikan resep, dokter akan melakukan beberapa tes berupa tes fisik dan tes darah untuk mengetahui penyebab diare yang dialami oleh ibu hamil.

Beberapa kasus, diare dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Namun selama mengalami diare, pastikanlah tubuh tidak kekurangan cairan agar Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Konsumsilah banyak air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama diare. Atau Anda juga bisa mengonsumsi jus untuk mengganti nutrisi, vitamin dan elektrolit yang hilang.

Jika Anda ingin mengonsumsi larutan oralit, pastikanlah Anda mengikuti aturan pakai. Menjaga tubuh tetap terhidrasi dapat mengurangi risiko kelahiran prematur.

Penyebab Diare pada Ibu Hamil

Penyebab diare pada Ibu hamil

Ilustrasi Diare Pada Ibu Hamil

Diare pada ibu hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Diare dapat terjadi karena adanya perubahan kondisi pada ibu hamil seperti perubahan hormon, asupan makanan, dan tubuh. Berikut penjelasannya.

  • Perubahan asupan.Demi menjaga kandungan gizi bagi janin, banyak wanita melakukan perubahan asupan saat hamil. Perubahan tersebut membuat perut terganggu yang kemudian memicu terjadinya diare. Selain pola makan yang berubah, asupan vitamin kehamilan juga bisa memicu terjadinya diare.
  • Perubahan hormon.Selain dapat menyebabkan konstipasi, perubahan hormon juga dapat mempercepat sistem pencernaan ibu hamil. Kondisi ini mungkin dapat membuat diare menjadi sebuah masalah.
  • Perubahan kepekaan pada makanan.Perubahan ini mungkin akan membuat Anda sensitif terhadap makanan yang sebelumnya tidak pernah berefek negatif pada Anda sebelum hamil.

Selain faktor penyebab yang berkaitan dengan kehamilan, diare pada ibu hamil juga dapat disebabkan oleh keracunan makanan, bakteri, parasit usus, virus dan beberapa kondisi tertentu seperti penyakit sindrom iritasi usus, penyakit celiac, dan juga radang usus besar.

Obat diare untuk ibu hamil bukanlah obat yang diperjualbelikan secara bebas di pasaran dan hanya dapat Anda dapatkan berdasarkan resep dari dokter.

Jika Anda sudah mengonsumsi obat diare namun kondisi belum membaik bahkan bertambah parah atau bahkan disertai demam, sakit perut, mulut kering, pendarahan dan pusing, segera kunjungi dokter.

 

Share on Facebook19Share on Google+0Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn0Pin on Pinterest0
Tags: , ,

Related to: Obat & Penyebab Diare pada Ibu Hamil Serta Cara yang Aman Mengatasinya