Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh Untuk Dewasa

November 23, 2016

Apa itu Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan atau Faringitis atau dalam bahasa Latin Pharyngitis yaitu penyakit peradangan yang terjadi pada bagian tenggorokan atau faring (hulu tenggorokan), yang kemungkinan menjadi penyebab terjadinya masalah ini karena adanya gangguan pada saluran pernapasan. Keadaan kondisi ini membuat penderita mengalami masalah iritasi, batuk, suara serak, tenggorokan gatal, dan saat menelan akan terasa sakit.

Penyebab Radang Tenggorokan

Ada dua penyebab radang, pertama disebabkan karena infeksi virus atau bakteri dan penyebab kedua yaitu non-infeksi seperi GERD, alergi, tumor, dan iritan.

Infeksi virus menyebabkan terjadinya rasa sakit pada tenggorokan yang meliputi :

  • Mononucleosis (mono).
  • Common coldFlu (influenza).
  • Croup, infeksi yang biasa terjadi pada anak dengan gejala batuk keras serta menggonggong.

Bakteri yang menyebabkan terjadinya radang tenggorokan, yaitu :

  • Batuk rejan, yaitu infeksi yang menular pada saluran pernapasan.
  • Strepococcus pyogenes.
  • Difteri, yaitu penyakit serius yang sering menimpa negara-negara berkembang, seperti di Indonesia.

Sedangkan penyebab non infeksi yaitu karena tenggorokan yang kekurangan cairan sehingga terjadi dehidrasi, alergi terhadap debu, terjadi iritasi pada bagian tenggorokan yang disebabkan karena makanan yang digoreng seperti keripik, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), terinfeksi virus HIV, dan tumor atau kanker (masih jarang terjadi).

Obat Radang Tenggorokan

Obat Radang Tenggorokan within Auto Draft

Apabila Anda sering merasakan sakit tenggorokan, sudah pasti Anda sering mendengar cara mengobati penyakit radang tenggorokan dengan obat herbal bukan? Berikut ini adalah contoh resep juga cara pembuatan obat radang tenggorokan tradisional.

  1. Daun Ki Tolod

Bahan yang digunakan : daun ki tolod sebanyak 3 lembar dan air bersih sebayak 2 gelas.

Baca Juga  10 Ciri-Ciri Seseorang Terinfeksi Gangguan Tiroid

Cara membuatnya : Daun ki tolod dibersihkan dengan menggunakan air jernih(dialiri), lalu direbus ke dalam 2 gelas air hingga mendidih dan usahakan hanya menyisakan 1 gelas. Setelah itu tunggu sampai dingin. Jika sudah dingin, airnya disaring lalu obat radang tenggorokan ini diminum sehari 2 kali pagi dan sore hingga mereda.

  1. Tanaman Baru Cina

Bahan yang digunakan : Sediakan tanaman baru cina yang segar secukupnya.

Cara membuat obat radang tenggorokan : Tanaman baru cina segar ditumbuk sampai halus. Lalu daunnya diperas sampai air yang dikeluarkan mencapai 1/2 cangkir berukuran sedang. Setelah itu air perasan diminum hingga habis. Lakukan pengobatan ini sehari 2 kali masing-masing 1/2 cangkir sampai tenggorokan sembuh.

  1. Belimbing 

Bahan yang digunakan : Sediakan buah belimbing manis yang segar sebanyak 100-120 gram.

Cara meracik obat radang tenggorokan : Semua buah belimbing diblender sampai halus, gunakan kain untuk menyaringnya, lalu tampung air di dalam gelas. Kemudian air perasan tersebut diminum sampai habis.

  1. Tanaman Ciplukan

Bahan yang dibutuhkan : Tanaman ciplukan sebanyak 10-15 gram dan 4 cangkir air.

Cara meramu : Tanaman ciplukan direbus ke dalam tempat yang berisi 4 gelas air hingga menyisakan 2 gelas. Lalu tunggu sampai agak dingin, setelah itu minum obat radang tenggorokan ini sehari 2 dua kali dan masing-masin 1 gelas.

  1. Getah Jeruk Nipis

Bahan yang digunakan untuk membuat obat radang tenggorokan : Getah bening jeruk nipis serta garam secukupnya.

Cara meraciknya : Getah bening yang terdapat di wadah ditambahkan garam secukupnya, lalu diaduk dan airnya diminum sampai habis.

Baca Juga  ABCDE: Cara Mudah Identifikasi Kanker Melanoma

Cara Mengobati Radang Tenggorokan

Radang Tenggorokan

Jika Anda ingin mempercepat proses penyembuhan, silahkan mencoba beberapa tips berikut ini.

  1. Makan Sup Ayam

Mengalami sakit tenggorokan tentu akan membuat Anda menjadi terksiksa untuk makan karena ketika menelan makanan, tenggorokan akan terasa sakit. Tapi tentu itu tidak akan terjadi jika Anda mengkonsumsi sup ayam yang kuahnga hangat. Saat sedang mengalami sakit tenggorokan hirup kuah sup ayam yang hangat sampai habis, karena ini sama halnya dengan mengobati juga sekaligus memberikan nutrisi untuk tubuh.

  1. Teh Jahe

Anda dapat menyeduh teh jahe, jika ada warung yang menjualnya. Apabila tidak ada atau masih sulit untuk didapatkan, Anda bisa membuatnya sendiri. Caranya yaitu satu inci potong jahe digepengkan lalu direbus selama dua menit. Dan terakhir, campurkan dengan teh tanpa rasa yang sudah Anda buat sebelumnya.

  1. Jeruk Nipis dan Kecap

Sebetulnya obat ini juga sangat cocok untuk mengatasi masalah batuk. Cukup Anda tuangkan air perasan jeruk nipis secukupnya pada sendok makan, lalu ditambahakn dengan kecap sedikit saja. Setelah itu diaduk dengan memggunakan sedotan, kemudian diminum.

  1. Konsumsi Bawng Putih

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda dapat mengunyah bawang putih mentah. Di dalam bawang putih memiliki senyawa allicin yang bersifat anti-inflamsi juga anti-bakteri, oleh karena itu bawang putih juga cocok untuk digunakan sebagai obat tradisional.

Jangan lupa, setelah Anda mencoba obat radang tenggorokan tradisional yang sudah dijelaskan di atas, Anda harus memperbanyak minum air putih supaya tenggorokan juga mulut tidak kering dan tetap lembab.

Tags: , ,

Related to: Obat Radang Tenggorokan Alami yang Ampuh Untuk Dewasa