Operasi Sesar Alami, Bayi Keluar Dengan Sendirinya

August 2, 2016

Setiap ibu tentu ingin melahirkan secara normal, akan tetapi dalam kondisi tertentu ada indikasi medis yang tidak dapat dilakukan secara normal, maka yang harus ditempuh yaitu melahirkan secara sesar, adalah proses melahirkan melalui tindakan berupa operasi melalui bantuan dokter. Proses operasi sesar biasanya dilalui dengan terlebih dahulu si ibu diberikan anestesi atau dibius, hal itu dilakukan untuk tidak terasa sakit ketika proses sesar. Setelah perut dibedah, rahim akan terbuka, kemudian dokter akan menarik bayi untuk keluar, selanjutnya tali pusar dipotong dan mengeluarkan plasenta dari rahim.

Di beberapa Negara maju, mengikuti dengan perkembangan teknologi maka akan dibuatlah sebuah teknologi melahirkan secara sesar namun alami, hal ini mirip dengan melahirkan secara normal.

7855_mengenal_operasi_sesar_alami_bayi_keluar_tanpa_bantuan_dokter_

Kemudian apa perbedaan melahirkan dengan secara sesar konvensional? Dalam prosedur ini, dokter hanya membantu memmbuka perut si pasien, selanjutnya si bayi yang akan keluar dengan sendirinya.

Memang terdengar aneh, bagaimana bisa. Tapi nyatanya, pada uji coba yang dilakukan pada musim panas, dokter telah berhasil melakukan operasi Caesar hanya dalam hitungan empat menit sampai bayi keluar.

Baca Juga  Menghilangkan Bekas Jerawat Dengan Jeruk Lemon

“Pada operasi sesar konvensional bayi memiliki kerentanan terhadap pernapasan karena proses bedah yang lambat. Sedangkan teknik yang baru ini memungkinkan bayi untuk muncul dari rahim sendiri lebih cepat dan bukan oleh dokter,” ucap dokter Andy Simm dari Notthingham City Hospital.

Menurut rencana, cara ini akan diuji di University College Hospital di Central London. Apabila uji coba ini dinyatakan sukses, maka akan dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) secara luar untuk digunakan di seluruh rumah sakit di Inggris sebagai alternative bagi wanita yang tidak bisa melahirkan secara alami.

Sekarang, sebanyak satu dari empat wanita di Inggris melahirkan secara sesar, angka ini telah dua kali lipat sejak tahun 1990-an.

Bidang senior, Jenny Smith berkata cara ini cukup menjanjikan karena bisa membuat ikatan yang semakin kuat antara anak dan ibu. Waktu yang cukup singkat dapat mengurangi sejumlah komplikasi kelahiran.

“Ini merupakan tentan ibu. Sehabis sayatan dibuat, ibu dapat melihat bayi kecilnya lolos. Ini adalah momentum yang biasanya orangtua kehilangan,” katanya.

Baca Juga  Bayi Prematur Dapat Lebih Pintar Apabila Di Beri ASI Selama Sebulan

Biasanya, bayi tetap berada di perut hingga empat menit dan ibu bisa melihat itu, melihat wajah yang kecil dan menggeliat keluar.

Meskipun demikian, paramedic sejauh ini mengingatkan, prosedur ini masih dalam tahap uji coba, karena sesar alami hanya ditawarkan kepada wanita yang telah mencapai usia kehamilan 37 minggu dan tidak ada komplikasi. Pada pemeriksaan USG, bayi harus terlihat sehat (memiliki jantung, kepala dan jari yang lengkap).

Sejauh ini menurut ahli kandungan Dr. Patrick O’Brien, tidak ada kerugian dalam metode ini. Upaya untuk memajukan prosedur ini akan coba terus dilakukan.

Related to: Operasi Sesar Alami, Bayi Keluar Dengan Sendirinya