Pantangan Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat yang Harus Diwaspadai

November 12, 2016

Pantangan Bagi Penderita Kolesterol dan Asam UratKolesterol dan asam urat ini adalah salah satu penyakit kronis yang sering di derita oleh pria dan wanita di atas umur 30 tahun.

Kolesterol dan asam urat penyakit ini sama-sama disebabkan karena pola makan yang tidak sehat, pola makan yang serba instan.

Jadi ini pantangan-pantangan makanan yang tidak boleh dimakan bagi penderita kedua penyakit harus bener-benar di hindari karena biasanya asam urat sering berhubungan dengan kolesterol.

Hal ini dikarenakan penyebab kedua penyakit ini adalah sama-sama karena pola makan yang kita konsumsi sehari-hari.

Batas Normal Kolesterol

Batas Normal Kolesterol

Kolesterol adalah penyakit yang disebabkan karena meningkatnya kadar kolesterol jahat atau sering di sebut dengan LDL tetapi klesterol sendiri juga sangat di butuhkan untuk tubuh,

yaitu berfungsi untuk membangun dinding sel dan juga berperan penting untuk pembuatan hormon. Tetapi perlu juga diingat bahwa kolesterol yang baik untuk tubuh adalah kadar kolesterol baik HDL.

(Baca Juga : obat kolesterol tinggi dengan sayuran dan buah-buahaan)

Seperti halnya dengan kolesterol, asam urat adalah penyakit yang harus diwaspadai dan dihindari karena penyakit ini bersifat kronis yang menyebabkan peradangan pada bagian tubuh tertentu.

Penyebab dari asam urat adalah karena terjadi pengkristalkan pada daerah sendi yang disebabkan karena berkurangnya kinerja ginjal yang berfungsi mengeluarkan asam urat yang berlebih di dalam tubuh melalui urin.

Pada umumnya asam urat sering menyerang daerah lutut, siku, tumit kaki, jari tangan, pergelangan tangan. Jadi ada pantangan-pantangan makanan yang tidak boleh di konsumsi oleh penderita kolesterol dan asam urat sebagai berikut.

Baca Juga  Luar Biasa, Manfaat Daun Sirsak Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit Berbahaya

Seafood

Seafood

Seafood

Untuk penderita kolesterol dan asam urat sebaiknya menghindari makanan yang berbau seafoodkarena di dalam seafood banyak mengandung lemak dan kaya akan protein yang dapat memicu asam urat dan meningkatkan kadal kolesterol. Contoh: cumi-cumi, kepiting, lopster, udang, kerang, dan sebagainya.

(Baca Juga : 14 Larangan Makanan Penderita Kolesterol Tinggi yang Wajib Di Hindari)

Jeroan

Sate Jeroan Ayam

Sate Jeroan Ayam

Jeroan biasanya banyak digemari untuk lauk pauk makanan tetapi jeroan ini adalah makanan yang dapat memicu asam urat kambuh dan kadar kolesterol naik dalam darah karena di dalam jeroan terdapat lemak yang sangat banyak. Contoh: hati, usus, paru-paru, limpa, dan sebagainya.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

 

Kacang-kacangan biasanya indentik dengan pantangan penderita sama urat tetapi bagi penderita kolesterol juga sebaiknya menghindari makan kacang-kacangan sebab di dalam kacang-kacangan juga terdapat lemak yang dapat memicu asam urat dan kolesterol tinggi. Contoh: kacang tanah, melinjo, kacang hijau, dan lain sebagainya.

Daging Berlemak

Daging Berlemak

Daging Berlemak

Daging berlemak memang harus sangat dihindari bagi penderita kolesterol tinggi dan asam urat karena di dalam daging memiliki lemak yang begitu banyak.

Lemak yang terdapat did aging adlaha lemak jenuh yang tidak bisa larut dalam darah. Daging-daging yang perlu di hindari adalah seperti danging ungas seperti daging bebek, daging angsa dan daging binatang ternak seperti daging sapi, dan daging kambing.

Baca Juga  Buah Penurun Kolesterol ini Sudah Terbukti Menurunkan kolesterol Berdasarkan Penelitian

Sayur Peningkat Zat Purin

Ternyata sayur-sayuran tertentu juga harus di hindari bagi penderita asam urat contohnya bayam, daun singkong, daun papaya, kembang kol, buncis. Karena sayur sayuran tersebut dapat meningkatkan zat purin dalam tubuh yang dapat meemicu terjadinya asam urat.

Gorengan dan Santan

Gorengan

Gorengan

Sudah jelas sekali gorengan dan santan adalah makanan wajib yang harus dihindari bagi penderita kolesterol tinggi karena di dalam gorengan dan santan terdapat banyak lemak jenuh yang sulit untuk larut di dalam darah,jadi sebaiknya kurangi dan hindari makanan yang digoreng dan makanan yang terbuat dari santan.

(Baca Juga : Obat Tradisional Kolesterol dan Asam Urat)

Itulah beberapa makanan pantangan bagi penderita kolesterol dan asam urat yang benar-benar harus dihindari.

Tags: , ,

Related to: Pantangan Bagi Penderita Kolesterol dan Asam Urat yang Harus Diwaspadai