Penyakit Asam Urat Ciri Ciri, Gejala dan Penyebabnya

March 28, 2016

Salah satu penyakit yang merupakan sisa dari metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yang sudah dikonsumsi oleh tubuh manusia.  Zat purin merupakan zat yang berasal dari makhluk hidup yang terdapat pada setiap bahan makanan. Sehingga, makanan yang kita konsumsi seperti contohnya adalah daging ayam, maka purin yang terdapat di dalam ayam tersebut juga akan termakan dan masuk ke dalam tubuh kita.

Saat kondisi tubuh seseorang berada dalam keadaan yang normal, jika seseorang tersebut mengkonsumsi purin, maka tubuh akan mengeluarkan asam urat dari hasil sisa metabolisme melalui kotoran atau urine. Jika asam urat yang masuk ke dalam tubuh secara berlebihan, maka ginjal seseorang tidak akan mampu untuk mengeluarkan asam urat tersebut. Lalu, akan menyebabkan bengkak pada persendian yang diakibatkan oleh kumpulnya asam urat pada persendian, sehingga penderita asam urat akan mengalami rasa nyeri dan akan mengalami kesulitan dalam berjalan.

Gejala Awal

Biasanya ciri-ciri atau gejala awal yang sering muncul pada seseorang adalah sebagai beerikut :

  1. Pada persendia akan mengalami rasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu bahkan hingga sampai mengalami bengkak dan kemerahan yang disebabkan oleh meradangnya penyakit ini.
  2. Pada pagi hari atau saat malam hari merasakan nyeri pada bagian persendian, itu bisa saja gejala dari penyakit asam urat.
  3. Mengalami rasa nyeri yang berulang-ulang pada persendian.
  4. Merasakan nyeri pada bagian persendian kaki, tangan, tumit, dan serta siku.
  5. Biasanya pendrita akan mengalami kesulitan untuk bergerak, jika rasa nyerit sudah menjadi begitu sakit. Alangkah baiknya, jika Anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau melakukan tes laboratorium untuk mengetahui kadar dan gejala yang sebenarnya. Pada seorang pria, normalnya sekitar 3.5 hingga 7 mg/dl, sedangkan kadar pada seorang wanita, normalnya sekitar 2.6 hingga  6 mg/dl. Pada umumnya seseorang penderita, memiliki kecenderungan mengidap penyakit lainnya, seperti penyakit hipertensi, ginjal dan diabetes jika tidak segera mendapatkan penanganan.
Baca Juga  Gejala Kolesterol dan Asam Urat Bahaya Wajib Untuk Segera Diobati

Penyebab Penyakit Asam Urat

penyakit asam urat

Disebabkan oleh terjadinya tumpukan kristal asam urat pada jaringan ikat, yaitu satu ruang yang dua tulang yang berada pada satu ruang atau yang berada di dalam tulang itu sendiri. Kemudian berkumpul dan menjadi kristal pada persendian yang selanjutnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya tanda-tanda dan gejala peradangan juga pembengkakan, atau di dalam dunia medis disebut hyperuricemia , yaitu kondisi asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah.

  1. Disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung purin, sehingga menyebabkan terjadinya perubahan pada kandungan purin menjadi asam urat saat tubuh mengalami metabolisme.
  2. Terlalu banyak zat purin yang masuk ke dalam tubuh menyebabkan ginjal tidak mampu membuang kelebihan asam urat tersebut.
  3. Pada persendian terlalu banyak kristal asam urat yang menumpuk, sehingga menyebabkan rasa nyeri, linu, terjadinya pembengkakan, panas, kaku, serta terjadinya peradangan pada persendian.

Pantangan Dan Saran Untuk Penderita Asam Urat

Untuk dapat menghambat atau mencegah terjadinya peradangan yang berlebihan pada persendian orang yang terkena asam urat, maka sebaiknya Anda mengikuti saran di bawah ini :

  • Hindari jenis makanan jeroan.
  • Hindari jenis makan-makanan laut atau seafood.
  • Hindari jenis makanan yang mengandung ekstrak daging, seperti abon.
  • Hindari jenis makanan yang sudah berada di dalam kaleng atau dikalengkan.
  • Hindari jenis kacang-kacangan.
  • Hindari jenis sayuran seperti kembang kola tau kubis, bayam, asparagus, buncis, jamur kuping, kangkung, daun singkong dan daun pepaya.
  • Hindari jenis makanan yang berbahan daging, seperti daging sapi, daging kambing atau daging kuda.
  • Hindari jenis makanan yang berasal dari unggas, seperti ayam, kalkun dan bebek.
  • Hindari mengkonsumsi telur, keju, es krim, krim, kaldu atau kuah daging yang kental seperti santan.
  • Hindari jenis buah-buahan tertentu, seperti buah durian, air kelapa dan buah nanas.
  • Hindari jenis makanan yang mengandung tinggi protein dan lemak.
  • Jangan meminum aspirin.
Baca Juga  Cara Mencegah Kanker Otak

Dibalik adanya sebuah pantangan, tentu terdapat saran yang bermanfaat untuk Anda yang penderita. Berikut saran untuk Anda :

  1. Perbanyaklah untuk mengkonsumsi jenis makanan yang memiliki kandungan potassium yang tinggi, seperti yoghurt, kentang dan buah pisang.
  2. Perbanyaklah mengkonsumsi jenis buah yang memilki kandungan vitamin C, seperti jeruk, pepaya dan stroberri. Jenis sayuran dan buah yang dapat Anda menyebmuhkan penyakit asam urat adalah jahe, sawi putih, sawi hijau, labu kuning, tomat, serai, buah naga dan belimbing wuluh.
  3. Kurangi mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung karbohidrat sederhana jenis fruktosa, seperti mangga arum manis, gula, gulali, permen dan sirup.
  4. Janga terlalu keras dalam bekerja, yang mengakibatkan kelelahan pada tubuh sehingga menjadi lemah.
  5. Sesuaikan asupan energy yang masuk ke dalam tubuh sesuai dengan berat badan dan tinggi badan tubuh Anda.

Selain menjaga pantangan dalam mengkonsumsi makanan, tentu juga diperlukan untuk selalu menjada kesehatan tubuh dengan melakukan kebiasaan atau pola hidup yang sehat, seperti mengkonsumsi jenis makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang serta melakukan olahraga yang rutin. Demikianlah artikel tentang Ciri-Ciri Gejala Penyakit Asam Urat, semoga bermanfaat.

Tags: , ,

Related to: Penyakit Asam Urat Ciri Ciri, Gejala dan Penyebabnya