Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin

Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin

December 8, 2015

Ketika seorang wanita sedang hamil, maka keadaan janin di dalam perutnya sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuhnya sendiri. Maka dari itu, saat seorang wanita sedang hamil harus memenuhi kebutuhan zat gizi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan untuk perkembangan janin dalam kandungan lebih optimal.

Ada beberapa jeis penyakit yang bisa ditularkan oleh Ibu sejak dari dalam kandungan. Oleh karena itu, penyakit ini harus diwaspadai dan sebisa mungkin dicegah. Selain menjadikan tubuh lebih sehat, bayi yang Anda kandung juga bisa terselamatkan

Penyakit yang Menular Ke Janin

Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin

 Penyakit hepatitis B

Penyakit hepatitis B bisa terjadi akibat adanya gangguan pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala awal hepatitis B memang ringan seperti terjadi  nyeri di bagian sendi dan bengkak pada perut bagian kanan, mual, serta demam ringan. Namun apabila gejala tersebut terus berlanjut maka akan berdampak menjadi warna kuning pada  kulit dan mata disertai dengan berubahnya warna urin menjadi lebih pekat. Jika seorang wanita yang sedang mengandung terkena penyakit hepatitis B, maka kemungkinan besar bayi yang sedang dikandung juga akan ikut tekena penyakit ini. Penyakit hepatitis B tergolong sangat mudah penularannya, bahkan lebih mudah dari penularan AIDS ke bayi.

Penyakit Syphilis

Penyakit selanjutnya yang bisa ditularkan oleh ibu ke bayi yang dikandung yaitu penyakit Syphilis. Penyakit ini dapat ditularkan oleh orang yang sering berganti pasangan. Penyakit ini bukan hanya dapat mengganggu kesehatan Ibu yang mengandung, melainkan juga akan berdampak pada pertumbuhan bayi yang sedang dikandung sehingga tidak dapat tumbuh optimal. Pada janin yang tertular syphilis akan memiliki resiko infeksi dan mengganggu perkembangannya hingga lahir nanti. Bahkan adanya infeksi akibat penyakit ini, berat badan akan kurang ketika lahir. Pada beberapa kasus akibat infeksi penyakit syphilis juga dapat menyebabkan kematian bayi dalam kandungan.

Baca Juga  Apa Yang Terjadi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan Berikut Penjelasannya

Penyakit AIDS

Penyakit AIDS memang seringkali menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang. Sebab penyakit AIDS cenderung sulit untuk diobati dan beresiko terhadap kematian. Penyakit yang menyerang sistem imun ini terjadi akibat serangan virus HIV yang membuat sistem imun tubuh terus menurun. Akibat melemahnya imunitas dalam tubuh seseorang, maka begitu rentan terkena serangan berbagai penyakit seperti batuk atau flu yang tidak bisa disembuhkan dan dalam jangka panjang dapat memicu terjadinya penyakit berbahaya seperti kanker atau gangguan pada syaraf. Sampai dengan detik ini, ketika artikel ini ditulis dunia kesehatan belum menemukan obat yang ampuh untuk mengatasi AIDS. Baru ada obat yang bisa mempertahankan sistem imun agar gejala penyakit yang menyerang tidak semakin parah. Adanya penyakit AIDS pada Ibu yang sedang hamil sangat perlu diwaspadai, sebab kemungkinan besar ditularkan pada bayi hingga 99 persen. Cara penularan virus HIV ke janin ini dapat terjadi melalui tiga cara yaitu infeksi kontak yang bisa terjadi antara bayi dan cairan darah saat persalinan, sirkulasi darah pada janin dari Ibu pada masa hamil kehamilan, dan yang terakhir yaitu melalui ASI ketika Ibu menyusui.

Baca Juga  Kenali Ciri-ciri Kehamilan Kembar berikut ini

Karena adanya penyakit berbahaya tersebut, sebaiknya wanita hamil harus selalu menjaga kesehatannya bahkan sejak sebelum hamil. Jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit yang dapat menular ke janin tersebut maka tidak banyak hal yang bisa dilakukan.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Tags: , ,

Related to: Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin