Penyakit Liver Ciri Ciri Gejala Awal Siap Menyerang Putra Putri Anda

April 13, 2016

Apakah Anda pernah mendengar saudara, teman, atau tetangga yang terkena penyakit liver? Semoga saja penyakit tersebut tidak pernah terjadi. Tetapi tidak ada salahnya, jika Anda dapat mengetahui tentang penyakit liver dan gejala awalnya. Mungkin Anda bertanya, apa itu penyakit liver? Apa saja gejala dari penyakit liver? Berikut ini kami akan jelaskan mengenai gejala awal dari orang yang terkena penyakit liver. Tentu saja, ini akan menambah pengetahuan Anda dan pembaca lainnya untuk mengenal penyakit penyakit liver lebih jauh lagi.

1.    Apa Itu Penyakit Liver?

Definisi Penyakit Liver :
Saat Anda pertama kali mendengar tentang penyakit liver, mungkin yang ada di benak Anda adalah sebuah pertanyaan, apa itu penyakit liver? Penyakit liver adalah salah satu jenis penyakit yang tergolong sangat berbahaya. Hal ini disebabkan karena hati atau liver memiliki fungsi dan peranan yang sangat penting di dalam tubuh, karena hati atau liver adalah alat ekskresi pada manusia yang berfungsi untuk memecah senyawa-senyawa yang bersifat racun yang berada di dalam tubuh manusia. Selain itu, hati juga merupakan organ tubuh yang menghasilkan amonia, urine, dan asam urat yang memanfaatkan nitrogen serta asam amino. Racun yang bersemayam di dalam tubuh manusia lalu di pecah oleh hati, lalu hasilnya dikeluarka melalui empedu dan feses. Dalam ilmu kedokteran, proses ini dikenal dengan nama detoksifikasi. Oleh karena itu, penyakit liver dikategorikan sebagai penyakit yang tergolong sangat berbahaya dan juga harus diwaspadai, dan segera untuk ditangani secepatnya.

Baca Juga  22 Cara Menghilangkan dan Mencegah Bau Kaki Secara Alami

Selain itu, penyakit liver atau hati juga dikenal dengan nama penyakit hepatitis A, hepatitis B, atau penyakit non hepatitis A, penyakit non hepatitis B dan semuanya disebabkan oleh virus. Penyebab lain munculnya penyakit liver juga dapat diakibatkan karena pola mengkonsumsi jenis makanan yang salah seperti fastfood, selain itu juga disebabkan karena zat-zat kimia yang terkandung di dalam obat yang sering kita minum, seperti paracetamol, antibiotik, arsenal dan jenis-jenis obat lainnya yang sering dikonsumsi oleh masyarakat.

penyakit liver

2.    Apa Saja Gejala Awal Penyakit Liver?

Gejala awal yang sering ditimbulkan dari penyakit liver adalah sebagai berikut :

  1. Mengalami perubahan pada perut, seperti perut menjadi lebih buncit karena  mengalami pembengkakan pada bagian kanan bawah tulang rusuk.
  2. Mengalami perubahan pada warna kulit, seperti mata menjadi berubah dengan warna agak kekuningan. Dan hal ini biasa disebut oleh masyarakat sebagai penyakit kuning.
  3. Perubahan pada warna urine, menjadi kuning gelap atau kuning gelap dan disertai dengan bau urine yang cukup menyengat.
  4. Mengalami perubahan pada bentuk kuku, di mana kuku menjadi lebih dan mengalami keputihan.
  5. Perubahan pada berat badan menjadi menurun, karena nafsu makan yang berkurang.
  6. Sering mengalami mimisan.
  7. Menjadi mudah merasakan dahaga.
  8. Mengalami bau mulut serta bau badan yang tidak sedap.
  9. Mengalami anemia.
Baca Juga  Lakukan 4 Hal ini Untuk Mengatasi Badan Pegal Linu

3.    Bagaimana Pengobatan Penyakit Liver?

Pengobatan penyakit liver sampai saat ini dengan cara tradisional masih sangat dipercaya oleh sebagian besar masyarakat. Anda dapat mencoba beberapa jenis tanaman di bawah ini untuk mengobati penyakit liver.

  • Kunyit : Jenis tanaman ini sangat dipercaya dapat mengatasi peradangan dan juga pembengkakan. Kunyit memiliki kandungan kurkimin, sehingga dipercaya sebagai salah satu jenis tanaman yang mampu mengatasi dan mengobati penyakit liver.
  • Temulawak : Jenis tanaman ini pun memiliki kandungan kurkimin, sehingga mampu mengobati penyakit liver. Selain dapat melindungi liver, temulawak juga dipercaya dapat memperkuat sel-sel liver, dan menjaga daya tahan tubuh.

Demikianlah artikel mengenai ciri-ciri awal dari gejala penyakit liver, semoga informasi dapat sangar bermanfaat untuk Anda dan juga pembaca yang lainnya dalam memberikan pengetahuan baru tentang kesehatan. Jika Anda mengalami ciri-ciri dari gejala penyakit liver yang telah disebutkan di atas, sebaiknya segera Anda melakukan konsultasi dan pemeriksaan pada medis.

Tags: , ,

Related to: Penyakit Liver Ciri Ciri Gejala Awal Siap Menyerang Putra Putri Anda