Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya Dengan Air Hangat

August 22, 2016

Penyakit sinusitis dan pengobatannya – Sinusitis merupakan sebuah penyakit yang hampir sama dengan pilek sebab mengeluarkan lendir dari hidung. Hanya saja, jika pilek bisa disembuhkan dalam jangka waktu yang relatif pendek lain halnya dengan penyakit sinusitis.

Umumnya penyakit sinusitis dan pengobatannya memakan waktu yang agak lama. Dibutuhkan ketelatenan dan kedisiplinan untuk mengobati penyakit ini, sebab pengobatan untuk sinusitis harus dilakukan secara continue. Biasanya jika pengobatan dihentikan, maka sinus akan kambuh lagi.

 

Cara Tradisional Untuk Mengobati penyakit sinusitis dan pengobatannya

penyakit-sinusitis-dan-pengobatannya

Berikut ini merupakan beberapa cara tradisional untuk mengobati penyakit sinusitis.

Konsumsi air hangat

Salah satu pengobatan sederhana untuk sinusitis adalah mengkonsumsi makanan maupun minuman yang hangat. Cara kerjanya ialah terletak dari rambut silia yang akan mengeluarkan lendir yang menempel pada rambut silia.

Menghirup uap air hangat

Siapkan satu gayung air panas yang sudah dicampur dengan sedikit garam dapur sebagai cara menyembuhkan sinusitis. Anda cukup menghirup uap yang keluar dari air panas tersebut. Jika kuat, anda bisa menggunakan handuk yang diselubungkan di kepala agar uap air panas terkumpul. Kemudian anda bisa menghirupnya sebanyak 20 atau 30 kali selama 20 menit. Lakukan cara ini tiga kali dalam sehati hingga sinus anda mereda.

Baca Juga  Gejala Kolesterol dan Asam Urat Bahaya Wajib Untuk Segera Diobati

Kompres air hangat ke muka

Penyakit sinusitis dan pengobatannya bisa juga dilakukan dengan mengkompres air hangat ke bagian sekitar pipi. Gunakan handuk berukuran kecil dan celupkan kedalam air hangat, kemudian kompres wajah anda. Cara tersebut dapat mendorong rambut silian agar mengeluarkan lendir yang menumpuk di bagian bawah mata dan sekitar hidung.

 

Selain melakukan ketiga hal diatas, anda pun bisa mengkonsumsi berbagai makanan yang berbahan teripang. Anda bisa memakannya mentah-mentah maupun mengkonsumsi dalam bentuk ekstrak yang sering dijual di apotik.

Anda pun disarankan untuk memperbanyak konsumsi vitamin C agar sistem imun anda terjaga. Vitamin C bisa anda dapatkan dari ekstrak buah jeruk maupun jambu biji.

Agar penyakit sinusitis dan pengobatannya dapat berjalan maksimal, ada baiknya menambahkan zinc 3 kali dalam sehari. Zinc ini akan mengurangi lendir yang ada pada hidung, dan efeknya sinusitis anda akan sembuh secara bertahap.

 

 

Tags: , , ,

Related to: Penyakit Sinusitis dan Pengobatannya Dengan Air Hangat