Penyakit Uci uci – Yuk ketahui Lebih Jauh tentang Penyakit Uci uci

March 12, 2016

Uci-uci adalah hal yang sering kita dengar. Uci-uci sendiri berasal dari bahasa Jawa, yang artinya merujuk pada sebuah benjolan yang terdapat pada bagian tubuh manusia. Uci-uci dapat berada di mana saja pada bagian tubuh kita. Sebagian masyarakat menyebut uci-uci adalah daging yang tumbuh, juga ada yang menyebutnya ganglion.

Uci-uci tidak sama dengan kanker. Seperti yang dijelaskan oleh dr. Eleonora Mitaning Christy, istilah uci-ucipun berkembang menjadi pembesaran kelenjar getah bening. Hampir pada semua bagian tubuh, terdapat kelenjar getah bening, dan dapat terjadi pembesaran dibagian mana saja. Pembesaran kelenjar getah bening paling sering terjadi pada bagian leher, ketiak, dan bagian lipat paha. Benjolan tersebut bukanlah suatu penyakit, melainkan salah satu tanda dari adanya penyakit pada dalam tubuh.

Mengenal Penyakit Uci-Uci

Benjolan yang terdapat pada dalam tubuh biasanya adalah timbunan lemak yang tumbuh pada bagian tubuh. Bentuknya bulat, dan saat ditekan terasa lembek, tetapi tidak menimbulkan rasa sakit dan dapat bergerak saat benjolan tersebut ditekan.

Benjolan pada bagian tubuh, memang terkadang membuat seseorang menjadi khawatir. Banyak yang beranggapan, bahwa benjolan yang tumbuh pada bagian tubuh adalah tumor atau kanker.

Mengenal Penyakit Uci-Uci

Memang benar, uci-uci atau lipoma ini sebuah benjolan lemak yang masuk dalam kategori tumor. Tetapi bukan jenis tumor ganas atau kanker, melainkan sebuah tumor jinak yang tumbuh dengan proses yang lambat. Dan, berikut ini adalah penjelasan mengenai uci-uci, penyebab dan juga gejala uci-uci.

Baca Juga  Hindari 10 Makanan Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

1. Penyebab Terjadinya Uci-Uci

Penyebab terjadinya benjolan kelenjar getah bening, dapat ditimbulkan oleh beberapa hal, misalnya terjadinya peradangan, adanya infeksi, atau kemungkinan tanda dari penyakit tumor. Entah itu tumor jinak atau tumor ganas, untuk dapat mengetahui dan membedakannya, dapat dilihat dari proses lama atau tidaknya terjadi pembesaran pada benjolan tersebut.

Jika, dalam waktu yang cepat kelenjar getah bening tersebut menjadi besar, maka kemungkinan benjolan tersebut merupakan akibat dari terjadinya peradangan. Jika benjolan yang terjadi akibat peradangan, maka disertai dengan rasa nyeri dan kulit menjadi merah pada bagian yang terdapat benjolan tersebut.

Dan, biasanya hal tersebut terjadi, karena dengan adanya gangguan fungsi pada organ tubuh yang terdapat benjolan tersebut. Berikut ini adalah gejala-gejala terjadinya penyakit uci-uci :

  • Terjadi sebuah pembengkakan pada bagian leher.
  • Merasakan sakit pada bagian kepala atau merasakan pusing.
  • Terdapat infeksi pada saluran pernapasan bagian atas, seperti hidung meler atau pilek, sakit pada bagian tenggorkan, dan terjadinya demam.
  • Saat menelan, merasakan sakit pada bagian leher.
  • Pada bagian telinga, menjadi terasa sakit.
  • Mengalami batuk yang parah.
  • Terjadinya pembesaran pada semua bagian yang terdapat kelenjar getah bening.

2. Cara Mencegah Penyakit Uci-Uci

Untuk melakukan pencegahan terjadinya uci-uci, seperti yang dikatakan oleh Prof. Dr. Mangestuti Agil, Apt., MS, untuk pencegahan sesuatu hal yang mungkin saja bisa terjadi. Dalam hal ini, penderita sangat disarankan untuk melakukan konsultasi pada dokter ahli penyakit dalam. Hal tersebut dilakukan agar dapat menghindari dampak yang merugikan, yang mungkin saja bisa terjadi pada penderita.

Baca Juga  Nyeri Saat Haid inilah 7 Trik Meredakannya

3. Cara Mengobati Penyakit Uci-Uci

Dalam mengobati penyakit uci-uci, jangan mengkosumsi obat yang sembarangan, tanpa diketahui oleh dokter atau obat yang bukan disarankan oleh dokter ahli, termasuk juga pada obat yang terbuat dari bahan tradisional. Jika menderita uci-uci, sebaiknya perbanyaklah mengkosumsi bahan makanan yang banyak mengandung zat antioksidan.

Seperti mengkosumsi jus buah pada tiap hari, yang terbuat dari campuran 1 buah apel, 3 buah tomat dengan ukuran besar, dan juga wortel sebanyak 3 buah dengan ukuran yang besar. Dan, sebaiknya untuk sementara waktu hentikan mengkosumsi daging.

Jika uci-uci ini membuat Anda menjadi tidak nyaman juga terganggu, cara terbaik yang dapat dilakukan untuk menghilangkan uci-uci adalah dengan cara operasi atau pembedahan.

Tags: ,

Related to: Penyakit Uci uci – Yuk ketahui Lebih Jauh tentang Penyakit Uci uci