Penyebab dan Mencegah Penyakit Diabetes Dibahasa Secara Lengkap

December 15, 2015

Kencing manis atau dapat juga diabetes adalah salah satu penyakit yang paling sering diderita oleh kebanyakan orang di dunia. Penyakit ini timbul karena terdapat gangguan pada dalam tubuh, tepatnya di pankreas yang tidak lagi mampu memproduksi insulin yang dibutuhkan oleh tubuh setiap harinya.

Cegah Diabetes

Cegah Diabetes

Hormon insulin memiliki 3 fungsi yang sangat panting yaitu untuk menghasilkan energi dari glukosa, menjaga tingkat gula darah dan menekan produksi glukosa di otot dan hati. Para ahli berpendapat bahwa penyakit ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut :

  1. Keturunan
  2. Malas Beraktivitas
  3. Minuman kaleng
  4. Kegemukan
  5. Stres
  6. Kurang Tidur
  7. Gaya Hidup Tidak Baik
  8. Merokok

baca juga Gejala penyebab penyakit diabetes dan komplikasi diabetes

Seperti halnya penyakit-penyakit yang lainnya. Penyakit diabetes ini pun memiliki gejala-gejala yaitu mudah haus secara terus-menerus, mudah kelelahan, penurunan berat badan, sering dehidrasi dan penyembuhan luka yang semakin lama. Lantas bagaimana cara kita untuk mencegah timbulnya penyakit ini. Mari kita simak penjelasan berikut

Tips Cara Mencegah Penyakit Diabetes

  1. Lakukan kegiatan olahraga

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat. Olahraga secara teratur ternyata dapat memicu tubuh anda terhadap penghasilan hormon insulin yang dapat mengontrol gula darah dalam kisaran normal. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh juga menggunakan insulin lebih efisien hingga 70 jam setelah melakukan olahraga. Jika anda belum terbiasa olahraga, anda dapat melakukan kegiatan jalan kaki terlebih dahulu lalu jika sudah terbiasa, anda bisa lari-lari kecil atau jogging. Selain itu olahraga yang bersifat kardio juga dapat meurunkan berat badan secara efektif.

Baca Juga  Berpotensi Terkena Diabetes Lebih Banyak Ternyata Ibu Rumah Tangga
  1. Hindari kegiatan merokok

Merokok adalah salah satu kegiatan yang paling merugikan. Banyak penyakit yang dapat ditimubulkan karena rokok. Penyakit-penyakit itu diantaranya adalah penyakit jantung dan kanker. Perlu anda ketahaui, jika anda merokok lebih dari 20 batang tiap hari, hal ini dapat meningkatkan risiko diabetes hingga lebih dari 3 kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak melakukan kegiatan merugikan tersebut. Selain merugikan diri sendiri, asap rokok juga merugikan orang yang ada disekitarnya, jadi bagi anda yang perokok silahkan hentikan kegiatan tidak sehat itu sekarang, ini demi kesehatan anda dan orang disekitar anda.

  1. Makan secukupnya

Makan adalah salah satu kegiatan yang cukup menyenangkan. Tetapi jika berlebihan ternyata juga dapat memicu penyakit diabetes. Oleh karena itu, makanlah makanan secukupnya dan pastikan anda makan tepat waktu (3 kali sehari). baca juga Inilah Menu Makanan Sehat untuk penderita diabetes

  1. Kurangi berat badan

Tahukah anda jika penyakit diabetes ini dialami oleh para orang yang obesitas yaitu hingga mencapai 80%. Menurut para peneliti, orang dewasa yang mampu mengurangi berat badannya setiap 1KG dapat mengurangi risiko terkena diabetes hingga mencapai 16%, jadi berat badan yang normal juga sangat penting bagi kesehatan anda.

  1. Hindari minuman kaleng
Baca Juga  Penyakit Kanker Rahim dan Gejalanya

Bukan rahasia lagi minuman kaleng memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Selain menyebabkan beragam penyakit salah satunya diabetes, minuman ini juga menimbulkan beberapa masalah pada gigi. Boleh-boleh saja anda meminum minuman kaleng, asalkan jangan berlebihan.

  1. Makan-makanan yang berserat

Makanan yang berserat diklaim mampu mengurangi risiko penyakit diabetes, selain itu makanan ini juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan membantu menjaga berat badan anda ideal, selain itu makanan berserat juga mampu menyimpan rasa kenyang lebih lama. Baca juga : Manfaat Pare Bagi kesehatan dan Untuk Diabetes

  1. Ganti nasi putih dengan nasi merah

Apakah anda masih memakan nasi putih ?. Jika ya, maka gantilah nasi putih anda dengan nasi merah, karena menurut penelitian, nasi putih memiliki kadar glukosa yang cukup tinggi yang dapat memicu penyakit diabetes, sedangkan nasi merah kaya akan serat dan rendah gula yang cukup baik untuk menjaga kadar gula darah. Semoga artikel ini Membantu

Tags: , , , , , ,

Related to: Penyebab dan Mencegah Penyakit Diabetes Dibahasa Secara Lengkap