Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Diabetes

September 25, 2016

Kebanyakan orang sering mengabaikan pola hidup yang sehat, sehingga menyebabkan terjadinya berbagai penyakit yang merugikan tubuh sendiri.  Berbagai jenis penyakit itu muncul karena disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu faktor tersebut adalah karena asupan makanan yang tidak seimbang dan pola atau gaya hidup sehat yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang, sehingga hal tersebut menjadi faktor utama terjadinya berbagai macam penyakit.

Salah satu penyakit yang sering terjadi dan menyerang tubuh manusia juga yang kerap kali dialami oleh banyak orang adalah penyakit diabetes atau gula. Penyakit diabetes dapat disebabkan karena faktor keturunan dan juga karena kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari yang kurang seimbang, sehingga berbagai penyakit pun terjadi dan menyerang tubuh orang tersebut. Lalu, apa penyakit diabetes itu? Bagaimana gejala orang yang terkena penyakit diabetes? Mugkin di benak Anda muncul berbagai pertanyaan mengenai penyakit tersebut. Oleh sebab itu, kami akan mengulasnya lebih dalam di sini tentang ciri-ciri orang yang mengalami penyakit diabetes.

  1. Apakah Yang Dimaksud Penyakit Diabetes?

    Penyakit diabetes

 Penyakit diabetes lebih banyak dikenal oleh orang dengan nama penyakit kencing manis atau penyakit gula yaitu penyakit yang disebabkan karena proses metabolisme di dalam tubuh mengalami kelainan yang disebabkan oleh banyak faktor. Terjadinya penyakit ini karena disebabkan meningkatnya kadar glukosa di dalam darah sehingga mengakibatkan insulin di dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik karena tidak mampu untuk memecah glukosa.

Penyakit diabetes memiliki 2 tipe, yaitu sebagi berikut : 

  • Diabetes tipe 1 : Jenis tipe ini biasanya disebabkan oleh virus yang membuat hancur penghasil insulin. Dan, yang rentan terkena diabetes tipe 1 adalalah mereka yang berusia di bawah 40 tahun, khususnya anak-anak.
  • Diabetes tipe 2 : Pada umumnya, jenis tipe ini masih dapat menghasilkan insulin di dalam pankreas. Dan, yang rentan terkena diabetes tipe 2 adalah mereka yang berusia di atas 40 tahun.

Tetapi, ada saatnya di mana insulin tidak mampu bekerja seperti biasanya, dan hal ini dikenal dengan nama Insulin Resistance.

  1. Apa Saja Gejala Penyakit Diabetes?

 

Anda harus mengetahui dan memahami gejala-gejala penyakit diabetes sebagai pencegahan secara dini. Karena penyakit ini tidak hanya menyerang orangtua saja, tetapi juga dapat menyerang anak-anak dan juga remaja. Berikut ini adalah gejala dari diabetes :

  • Ini adalah salah satu ciri-ciri yang sering diabaikan oleh orang banyak, yaitu mudah menjadi lelah. Hal ini harus diwaspadai, jika dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesorang menjadi mudah lelah, kemungkinan terjadi permasalahan pada salah satu organ tubuhnya.
  • Mengalami penurunan berat badan tanpa sebab yang pasti.
  • Menjadi sering buang air keil, sehingga sering merasa kehausan karena tubuh kehilangan banyak cairan.
  • Mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap, terutama pada bagian leher. Hal ini disebabkan karena dalam merespon insulin, tubuh lebih banyak menghasilkan pigmen.
  • Penglihatan mulai melemah. Hal ini karena glukosa di dalam darah mengalami peningkatan sehigga membuat penglihatan menjadi tidak fokus.
  • Sering mengalami lapar (polifagia).
  • Jika tubuh mengalami luka, untuk sembuh atau mengeringnya cukup lama.
  • Terjadinya penurunan pada fungsi saraf.
  1. Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Diabetes?

 Untuk mengatasi penyakit diabetes, terdapat beberapa jenis perawatan yang dapat dilakukan oleh penderita diabetes. Dan, perawatan tersebut tergantung dari jenis diabetes yang orang tersebut derita. Perawatan untuk jenis diabetes tipe 1, perawatan dengan cara menyuntikkan insulin yang dilakukan setiap hari, karena diabetes tipe 1 tidak dapat menghasilkan insulin sendiri. Tidak hanya itu saja, penderita harus lebih aktif melakukan pemeriksaan kadar glukosa di dalam darah agar selalu berada pada posisi normal.

Untuk mendapatkan informasi tentang gejala diabetes  yang lebih lengkap dan spesifik, sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan dokter ahli agar mendapatkan penjelasan yang lebih baik dan lebih pasti.

Baca Juga  Kanker Paru paru - Ciri Ciri, Gejala, Diagnosa dan Pengobatan
Tags: , , , ,

Related to: Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Diabetes