Penyebab & Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Jangan Dianggap Sepele

May 8, 2016

Penyebab & Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Atas – Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang pernah mengalami sakit pada bagian perut atau sakit perut, seperti mulas, melilit, kembung, kram, hingga mual.

Biasanya, banyak dari mereka yang menyepelekan rasa sakit pada bagian perut. Cenderung, mereka tidak mengatakan dengan spesifik bagian perut mana yang dirasakan sakit saat melakukan pemeriksaan pada dokter

Banyak orang awan, yang beranggapan sakit perut dikarenakan salah makan, masuk angin, atau telat makan. Bila ditelaah lebih jauh lagi, mengenai sakit perut, maka akan banyak fakta yang ditemukan mengenai penyebab sakit pada perut. Karena dalam perut, memiliki banyak organ vital.

Perut sendiri memiliki empat bagian, yaitu perut bagian sebelah kiri atas, perut bagian sebelah kiri bawah, perut bagian sebelah kanan atas, dan perut bagian sebelah kanan bawah.

sakit-perut-sebelah-kiri-bawah

Perbedaan antara bagian perut, seperti sebelah kiri atas dan bagian perut sebelah kiri bawah, tentu dapat mempengaruhi penyebab rasa sakit pada bagian perut. Dan, penyebab sakit perut pada bagian kiri sangat beragam.

Dalam kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai penyebab rasa sakit pada bagian perut sebelah kiri atas, juga untuk mengenal lebih jauh mengenai bagian perut bagian atas.

Penyebab  Sakit Perut Sebelah Kiri Atas

Sakit perut itu adalah sensasi tidak nyaman yang dirasakan pada perut karena disebabkan adanya peregangan otot pada bagian perut.

Jadi, sakit perut sebelah kiri itu artinya sensasi tidak nyaman yang dirasakan, baik pada bagian perut sebelah kiri atas maupun sebelah kiri bawah.

Baca Juga  Cara Mengatasi Gangguan Pencernaan Yang Wajib Diketahui

Gejala sakit pada bagian perut disebabkan oleh berapa hal, baik itu penyebab secara tunggal maupun yang disebabkan oleh banyak faktor.

Untuk penyebab rasa sakit perut pada bagian kiri atas, biasanya disebabkan oleh lambung, seperti sakit maag, infeksi lambung maupun gastritis.

Penyebab sakit perut bagian sebelah kiri atas juga dapat disebabkan oleh permasalahan pada bagian limpa atau pada organ lainnya.

Gejala  Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Dan Anatomi Perut Sebelah kiri

Tapi sebelumnya, harus mengetahui terlebih dahulu apa saja keluhan yang dirasakan, dan dibagian mana rasa sakit itu berada.

Jika, mengenai keluhan pada bagian lambung, maka rasa sakit atau keluhan yang dirasakan seperti nyeri yang ditusuk-tusuk pada bagian bawah tulang dada, atau orang awam biasanya menyebut bagian tersebut adalah ulu hati.

Satiap rasa sakit memiliki keluhan dan lokasi sakit yang berbeda, dan penyebabnya pun berbeda, walaupun berada dalam bagian yang sama, yaitu bagian perut sebelah kiri atas.

Namun, apabila mengalami keluhan rasa sakit seperti sensasi terbakar yang disertai mual, dan rasa sakit juga keluhan akan semakin menjadi memburuk, maka, hal tersebut dikarenakan adanya esofagis.

Tubuh Manusia

Anatomi Tubuh Manusia

Esofagis merupakan peradangan yang terjada pada dalam kerongkongan. Selain itu, ada juga penyakit pankreatitis. Gejala penyakit pankreatitis yaitu seperti mual, muntah, merasakan seperti terbakar hingga ke punggung, dan kondisi pun akan menjadi parah setelah makan. Pankreatitis adalah penyakit peradangan pada bagian pankreas.

Baca Juga  Penyebab Jerawat? Beginilah Penjelasanya Secara Lengkap

Jika, mengalami keluhan rasa sakit yang disertai sesak napas, hal tersebut kemungkinan terjadi karena ada gejala penyakit pada organ yang lainnya.

Seperti pada jantung, paru-paru yang berupa emboli paru, pneumonia, perikarditis, dan infrak miokard. Tetapi, apabila mengalami rasa sakit atau nyeri yang terus-menerus menjalar pada bahu sebelah kiri, kemungkinan yang terjadi adalah itu merupakan gangguan pada bagian limpa, yaitu absen limpa dan ruptur limpa.

(Baca Juga Faktanya penyebab sakit perut sebelah kiri pada pria)

Sakit perut bagian kiri atas juga dapat terjadi karena adanya cedera, infeksi ginjal, batu ginjal, dan masih banyak hal yang menyebabkan sakit perut pada bagian sebelah kiri atas.

Dan sebaiknya, jika anda mengalami rasa sakit dan keluhan tersebut, agar mendapatkan kebenaran mengenai keluhan rasa sakit pada perut bagian sebelah kiri atas, lakukanlah pemeriksaan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Karena penanganan sakit perut pada bagian atas berbeda, dan penangannya disesuaikan dengan penyebabnya.

Informasi ini hanya bertujuan untuk memberikan kewaspadaan bagi siapa saja yang mengalami keluhan-keluhan seperti yang diatas, untuk segera melakukan pemerikasaan, bukan untuk menakut-nakuti.

Tags: , ,

Related to: Penyebab & Gejala Sakit Perut Sebelah Kiri Atas Jangan Dianggap Sepele