Penyebab Jerawat? Beginilah Penjelasanya Secara Lengkap

August 16, 2016

Bagi kebanyakan orang, terutama wanita, menemukan jerawat di bagian wajah adalah sesuatu yang amat menyebalkan. Hal ini membuat mereka merasa kesal, sedih bahkan sampai marah. Jelas saja, hal ini dikarenakan jerawat sangat berpengaruh terhadap kondisi penampilan seorang wanita. Jika terdapat jerawat di wajah maka tingkat kepercayaan diri dari seorang wanita akan menurun drastis. Yang sangat disayangkan adalah rendahnya kesadaran para wanita akan penyebab dari jerawat dan cara mengatasinya. Sebagian besar wanita tak tahu apa saja penyebab munculnya jerawat di wajah dan lebih parahnya lagi beberapa di antara mereka tak tahu cara mengatasi jerawat yang muncul di wajah dengan baik. Dengan begini akan semakin sulit bagi mereka untuk mengatasi jerawat yang muncul di wajah.

Penyebab Jerawat

Ilustrasi penyebab jerawat

Perlu diketahui bahwa penyebab utama dari munculnya jerawat adalah produksi sebum atau minyak wajah yang terlalu banyak. Selain itu masalah lain seperti tersumbatnya pori-pori, tersumbatnya kelenjar minyak hingga infeksi dan peradangan juga bisa menjadi penyebab munculnya jerawat di wajah anda. Produksi sebum akan naik berkali-kali lipat saat seseorang memasuki usia remaja atau masa puber. Jadi, tak perlu heran jika banyak remaja yang di kulit wajahnya muncul jerawat karena memang ini adalah proses alami. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara mengatasi jerawat yang muncul di wajah anda. Jika penyebab utama sudah ditemukan maka membersihkan jerawat dari wajah bukanlah perkara yang terlalu sulit.

Baca Juga  Macam pengobatan medis untuk mengatasi kanker rahim

Hormon yang semakin tinggi saat memasuki usia puber akan membuat produksi sebum di wajah meningkat. Saat minyak ini diproduksi terlalu berlebihan maka akan terjadi penyumbatan di pori-pori wajah. Yang perlu anda ketahui adalah sebum ini sebenarnya tidak bersifat jahat karena mereka diproduksi sebagai pelembab alami kulit. Namun kemampuan mereka dalam mengikat debu dan kotoranlah yang membuat kulit menjadi berjerawat. Biasanya jerawat ini sering muncul di wajah, punggung, dada bahkan di beberapa kasus juga muncul di daerah sekitar kemaluan.

Jerawat sebenarnya diawali dengan munculnya komedo terlebih dahulu. Komedo sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni komedo hitam dan komedo putih. Komedo hitam memiliki potensi yang lebih besar untuk menjadi jerawat. Saat komedo muncul biasanya daerah kulit menjadi sulit untuk mendapatkan cukup oksigen karena tersumbat. Di daerah yang tersumbat ini maka akan menjadi sarang bakteri. Setelah itu barulah jerawat muncul di permukaan kulit anda. Jerawat yang disebabkan oleh komedo hitam biasanya akan meradang dan memerah. Jenis jerawat seperti inilah yang membuat banyak orang, terutama wanita, merasa kesal dan menjadi tak percaya diri.

Baca Juga  13 Cara Mengatasi Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh Lagi

Cara untuk mencegah jerawat sebenarnya cukup mudah. Anda harus rajin mencuci wajah, setidaknya dua kali sehari. Pada pagi hari saat mandi dan pada malam hari saat akan tidur. Lalu perhatikan juga kosmetik yang anda pakai. Jangan menggunakan kosmetik saat kulit anda memberikan reaksi berupa penolakan. Selain itu, gunakanlah masker saat anda keluar rumah, hal ini untuk menghindari wajah anda dari paparan polusi udara, debu dan juga bakteri yang bertebaran di mana-mana. Dan saat jerawat sudah muncul di kulit anda jangan pernah menyentuhnya karena di tangan anda terdapat banyak bakteri yang bisa membuat kondisi jerawat menjadi lebih buruk lagi. Jangan pernah memencet jerawat anda, hal tersebut hanya akan menimbulkan infeksi yang bisa berakibat buruk bagi kulit wajah anda.

Tags:

Related to: Penyebab Jerawat? Beginilah Penjelasanya Secara Lengkap