Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Fase Penyembuhannya

January 23, 2016

Musim penghujan umumnya memang mengakibatkan sejumlah penyakit bagi manusia, mulai dari penyakit ringan seperti flu, batuk, alergi dingin bahkan hingga demam berdarah. Namun, diantara beberapa penyakit tersebut tentu saja demam berdarah lebih berbahaya dibandingkan lainnya. Penyebab penyakit demam berdarah ini disebabkan virus dengue karena gigitan nyamuk. Jenis nyamuk yang menjadi penyebabnya adalah aides aegypti serta aides albopictus.

Gejala Klinis Demam Berdarah

penyebab-penyakit-demam-berdarah

Demam berdarah ini sering dijumpai di wilayah tropis yang memiliki curah hujan tinggi. Inilah yang menjadi mudahnya nyamuk berkembang biak dalam genangan air. Biasanya jenis penyakit berbahaya ini terjadi di wilayah Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Gejala klinis demam berdarah ini bisa diketahui dari demam yang tinggi dan mendadak selama 2 hingga 7 hari. Muncul bintik merah di area kulit pergelangan tangan yang disebabkan pecahnya pembuluh darah.

Disamping gejala diatas, tubuh penderita DBD juga akan menggigil, pusing, muntah, yang disertai dengan sakit kepala. Bahkan penyebab penyakit demam berdarah ini mengakibatkan nafsu makan penderita DBD akan turun drastis.

Baca Juga  Penyakit Asam Urat Ciri Ciri, Gejala dan Penyebabnya

Pada persendian, badan akan terasa sangat pegal dan sakit. Jika mengalami gejala tersebut, segera lakukan pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui tindakan lebih lanjut. Umumnya penderita akan mengalami penurunan trombosit sehingga harus mendapatkan perawatan secara intensif di Rumah Sakit.

Masa Penyembuhan Penyakit Demam Berdarah

Sebenarnya pengobatan penyakit demam berdarah ini hanya membutuhkan cairan elektrolit tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang. Maka, tindakan yang diambil ketika berada di Rumah Sakit adalah pemberian cairan infus dan aspirin serta obat anti peradangan.

Masa penyembuhan penyakit demam berdarah ini berbeda dari penyakit lainnya. Pada fase pertama, penderita akan mengalami sejumlah gejala seperti yang sudah dijelaskan diatas (nyeri persendian, demam tinggi, muntah dll).

Pada fase kedua umumnya terjadi pada hari ke lima, dimana demam mulai turun yang diikuti penurunan trombosit. Gejala seperti ini terkadang disinyalir sembuhnya penyakit, padahal fase tersebut menjadi masa kritisnya penyakit DBD. Dan fase terakhir yang menjadi penyebab penyakit demam berdarah adalah keadaan penderita DBD mulai membaik. Nafsu makan mulai pulih kembali, peredaran darah stabil dan frekuensi kencing kembali normal.

Baca Juga  Secara Alami Inilah Cara Menurunkan Kadar Gula Darah
Tags: , , , , , , ,

Related to: Penyebab Penyakit Demam Berdarah dan Fase Penyembuhannya