Penyebab Penyakit Kuning Bayi Berikut ini Cara Mengatasi

August 2, 2016

Penyebab Penyakit Kuning Bayi – Setiap orang tua pasti akan menjaga anaknya dari berbagai penyakit. Apalagi ketika anak masih bayi pasti kondisi bayi akan sangat diperhatikan, tidak ada orang tua yang menelantarkan anaknya apalagi jika bayi mengalami sakit. Pada seorang anak tersimpan sebuah harapan besar untuk menjadi penerus di keluarganya. Ada baiknya kita sebagai orang tua mengetahui ciri-ciri penyakit dan salah satunya adalah penyakit kuning. Anda pasti sudah pernah tau bahwa penyakit kuning merupakan penyakit yang menyerang hati dan sering juga ditemui pada bayi yang baru lahir. Dalam bahasa inggris, penyakit hati sering disebut sebagai Jaundice.

Meskipun penyakit kuning tergolong penyakit yang umum, namun penyakit ini memiliki sifat patalogis, yang mana jika tidak segera diatasi akan membahayakan jiwa si bayi. Kemudian apa sebetulnya penyebab dari penyakit kuning ini? Inilah ulasannya.
penyakit kuning bayi

Penyebab penyakit kuning pada bayi

Hiperbilirubinemia adalah penyebab dari penyakit kuning atau yang lebih sering disebut sebagai kelebihan bilirubin. Bilirubin dikenal sebagai suatu zat yang menyebabkan sebagian anggota tubuh berwarna kuning. Zat tersebut adalah suatu limbah yang dihasilkan dari aktivitas pemecahan sel darah merah di dalam tubuh. Organ yang betugas dalam menyaring zat ini biasanya adalah hati.

Baca Juga  Gatal Pada Bayi Berikut ini Cara Mengatasinya

Namun ada kalanya hati bayi belum mampu berfungsi secara sempurna ketika baru dilahirkan. Seorang bayi yang lahir prematur mempunyai resiko lebih besar terkena penyakit kuning. Ini dikarenakan hatinya belum terbentuk dan juga belum mampu berfungsi secara sempurna.

Sekarang anda sudah mengatahui penyebab dari penyakit kuning pada bayi, kemudian yang perlua anda ketahui adalah bagaimana cara mengatasinya? Simaklah ulasan di bawah ini.

Selalu Memberikan Asupan ASI

Bagaiman cara mengatasi penyakit kuning pada bayi, cara yang pertama adalah dengan cara selalu memberikannya asupan ASI yang cukup. Anda harus meningkatkan intensitas memberikan ASI pada bayi Anda sesering mungkin setidaknya setiap 2 jam sekali. Cara seperti ini adalah cara paling ampuh untuk dapat mengatasi penyakit kuning tersebut. Ini dikarenakan colostrum yang ada pada ASI pada 48 jam pertama memiliki efek laksatif alamiah dan memiliki  fungsi untuk memindahkan meconium di dalam perut yang mengandung bilirubin. Bilirubin inilah yang akan dipindahkan agar terserap kembali ke dalam darah.

Menjemur bayi
Cara selanjutnya yang kedua yaitu dengan meletakkan bayi di bawah sinar matahari atau bayi berjemur. Ada baiknya jemur bayi Anda sekitar pukul 8 hingga 9 pagi. Waktu itu adalah waktu yang sempurna matahari bagi kesehatan. Selain bermanfaat untuk tulang, sinar matahri juga memiliki fungsi untuk menurunkan tingkat bilirubin.
Membawa ke dokter

Baca Juga  Lemak Baik Bisa Memperpanjang Usia dan untuk Kesehatan

Cara lain untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi selanjutnya yaitu dengan cara membawanya ke dokter. Bila penyakit kuning yang diderita bayi Anda itu terjadi sejak hari pertama ia dilahirkan, berarti bayi tersebut telah memiliki masalah pada darah sehingga diperlukan perawatan intensif. Karena  jika tingkat bilirubin terlalu tinggi, bayi tersebut bisa mengalami kerusakan otak yang sangat fatal.

Itulah beberapa penyebab dan cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit kuning pada bayi. Tentunya segala macam penyakit pasti tidak akan kita inginkan, namun kita juga terkadang tidak mampu menolak penyakit yang dapat datang dengan cara tiba-tiba. Hal yang dapat dilakukan adalah dengan mengantisipasi secara dini karena itu lebih baik daripada membiarkan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda.

Tags:

Related to: Penyebab Penyakit Kuning Bayi Berikut ini Cara Mengatasi