Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

February 17, 2016

Masalah sembilit bisa menjadi gangguan yang tidak mengenakan, terutama untuk wanita yang sedang hamil. Masalah sembelit kerap datang pada wanita yang sedang mengandung akibat perubahan di dalam tubuh, termasuk perubahan hormon.

Berdasarkan penelitian Loyola University Medical Center, ada 72 persen lebih dari wanita hamil  yang mengalami sembelit. Biasanya, mereka juga mengalami masalah perut lain selama mengandung.

Sebenarnya apa penyebab sembelit yang sering terjadi pada orang hamil? Agar Anda bisa mengatasi sembelit, maka Anda wajib tahu penyebabnya. Berikut ulasannya.

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil

Progesteron tinggi

Sembelit memang rawan terjadi pada orang hamil, namun umumnya paling sering terjadi pada trimester pertama. Ini karena masa-masa tersebut hormon progesteron memiliki kekuatan penuh. Progesteron melepaskan otot polos dari jalur pencernaan, akibatnya makanan bergerak sangat lambat melalui usus.inilah yang menyebabkan sembelit.

Vitamin dan zat besi

Penambahan vitamin dan zat besi pada orang hamil juga bisa mengakibatkan sembelit. Biasanya, menjelang masa kehamilan wanita sering mengonsmsi obat atau vitamin agar lebih sehat. Konsumsi zat besi yang diberikan oleh dokter atau bidan saat memeriksakan kehamilan juga turut menyebabkan sembelit.

Diet Ibu hamil

Diet pada wanita hamil juga bisa memicu terjadinya sembelit. Ini juga terjadi pada wanita hamil yang mengalami morning sicknes. Wanita hamil yang mengalami morning sicknes mungkin tidak sempat mengonsumsi makanan tinggi serat pada trimester pertama sehingga rawan terkena sembelit.

Rasa cemas dan stress

Rasa cemas dan stress sering terjadi pada orang yang sedang hamil, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali. Takut keguguran, panik karena mau jadi Ibu baru, dan rasa was-was tidak bisa mengurus bayi sering jadi pikiran dan membuat stress. Padahal rasa cemas dan stress berpengaruh terhadap kondisi kesehatan termasuk menjadi penyebab sembelit.

Baca Juga  Simak Pentingnya Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan

Jika pada masa sebelum hamil Anda sudah sering terkena sembelit, maka ketika hamil akan lebih rentan mengalami sembelit. Sebaiknya perhatikan asupan Anda untuk mencegah terjadinya sembelit yang parah.

6 Cara mengatasi sembelit saat hamil

1. Jangan Sering Menahan BAB
Kebiasaan buruk yang sering dilakukan ibu saat hamil adalah menahan saat ingin buang air besar di kamar mandi, padahal kebiasaan ini tidak baik bagi kesehatan pencernaan sang ibu.

Jika terlalu sering menahan buang air besar maka feses yang ada di dalam pencernaan samakin menumpuk, jika semakin menumpuknya feses ini akan mengakibatkan feses akan semakin keras dan sulit untuk mengeluarkannya.

Maka dari itu sebaiknya jangan menunda-nunda jika ingin buang air besar karena buang air besar adalah mengeluarkan kotoran di dalam tubuh jika kotoran di dalam tubuh semakin menunmpuk tidak baik jug bagi kesehatan.

2. Banyak Mengkonsumsi Serat
Salah satu cara untuk mencegah sembelit yang paling utama adalah mengkonsumsi serat di dalam makanan yang kita makan.

Selain mengkonsumsi serat baik bagi pencernaan sang ibu tetapi penting juga bagi janin karena jika banyak mengkonsumsi serat maka makanan yang kita makan akan lebih cepat diserap nutrisinya dan juga menghasilkan kotoran yang mudah dikeluarkan saat buang air besar.

3. Banyak Mengkonsumsi Air Putih
Sudah banyak sekali kandungan yang terdapat saat kita mengkonsumsi air putih setiap hari, jika kita mengkonsumsi air putih setiap hari secara teratur maka akan menggantikan cairan yang keluar dan dapat memperlancar jalan keluarnya kotoran.

Baca Juga  Resiko Hamil dengan Obesitas

Makan dari itu bagi ibu hamil sebaiknya banyak mengkonsumsi air putih 8 gelas setiap hari guna menggantikan cairan tubuh yang hilang dan memperlancar BAB.

4. Olahraga dan Latihan Fisik
Dengan kita berolahraga maka akan meringankan sembelit dan juga membantu sistem pencernaan bekerja secara optimal.

Selain itu juga akan menjaga kesehatan ibu dan juga dapat melatih fisik dan kesiapan ibu dalam proses persalinan nanti.

5. Batasi Zat Besi yang Berlebihan
Biasanya ibu hamil sering mengalami anemia yang lebih dari pada sebelum hamil maka dari itu sering juga mengkonsumsi vitamin atau zat besi tambahan,

tetapi jika zat besi sudah tercukupi sebaiknya hentikan mengkonsumsi zat besi tambahan. Lebih baik gnti dengan mengkonsumsi vitamin C yang dapat mencegah ibu dan janin dari serangan penyakit.

6. Hindari Obat Pencahar
Mengkonsumsi obat pencahar bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan karena ditakutkan akan mengalami gangguan pada janinnya. Lebih baik konsultasi ke dokter untuk mengatasi sembelit dan mengkonsumsi anti sembelit yang alami.

Itulah penyebab sembelit pada wanita hamil dan cara mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat bagi Anda dan sang bayi dapat lahir dengan sehat.

Tags: ,

Related to: Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil