Pernah Serangan Jantung? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Kambuh Lagi

August 5, 2016

Penyakit jantung atau serangan jantung adalah salah satu penyakit dengan jumlah kematian tertinggi di dunia. Jika anda atau salah satu anggota keluarga anda pernah terkena serangan jantung dan berhasil selamat maka anda harus banyak bersyukur dan memperbaiki pola hidup. Salah satu penyebab serangan jantung yang paling umum adalah akibat dari pola hidup yang buruk, pola makan yang buruk dan kurangnya olahraga. Maka dari itu jika anda pernah terkena serangan jantung segera lakukan hal-hal di bawah ini agar terhindar dari penyakit fatal ini.

Serangan Jantung

Ilustrasi Serangan Jantung

Hindari Konsumsi Gula

Makanan mengandung gula sangat tak baik untuk kesehatan. Makanan seperti kue, coklat dan permen harus benar-benar anda hindari. Kadar gula yang terlalu tinggi di dalam darah akan menyebabkan kolesterol di dalam darah anda meningkat dan membuat darah menjadi menggumpal.

Stop Merokok

Kebiasaan merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus anda hentikan jika ingin memiliki kehidupan yang baik dan sehat. Rokok sangat berpengaruh dengan kelancaran aliran darah ke jantung dan arteri anda. Orang yang biasa merokok maka aliran darahnya akan mengental dan membuat kinerja jantung menjadi berat.

Baca Juga  Metode Baru Gunting Molekuler Pengobatan HIV AIDS

Kurangi Konsumsi Garam Harian

Para pakar kesehatan menganjurkan untuk mengontrol konsumsi garam harian anda. Konsumsi garam harian yang dianjurkan adalah 1500 mg per hari. Jika terlalu banyak mengkonsumsi garam dalam sehari maka resiko serangan jantung pun akan menjadi lebih tinggi. Jangan pernah mengkonsumsi garam lebih dari takaran tersebut agar tubuh yang sehat tetap anda miliki.

Hindari Makanan Berlemak dan Kolesterol

Orang-orang yang pernah terserang penyakit jantung harus tetap menjaga tekanan darahnya agar tetap berada di angka di bawah 180 mg/dL. Jika lebih dari itu maka reriko serangan jantung akan menjadi lebih besar. Hindari makanan berlemak dan kolesterol tinggi seperti mentega, daging merah, telur puyuh, jeroan dan lain sebagainya.

Hindari Mengkonsumsi Lemak Jenuh

Makanan yang mengandung lemak terlalu tinggi sangat tidak baik kesehatan tubuh, tidak hanya bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung tetapi juga bagi semua orang. Lemak jenuh yang dikonsumsi secara berlebihan akan membentuk lapisan plak yang akan membuat aliran darah menjadi tersumbat. Jika sudah begini maka resiko serangan jantung pun menjadi lebih besar.

Baca Juga  Penyakit - Penyakit Ini Yang Akan Mengancam Bocah Obesitas Rizki Asal Palembang

Berolahraga Secara Teratur

Pola hidup sehat haruslah anda mulai sedini mungkin, terlebih jika anda memiliki riwayat penyakit jantung. Biasakan untuk bangun pagi dan melakukan olahraga ringan seperti lari pagi, senam, jalan-jalan dan lain sebagainya. Gunakan tubuh anda untuk selalu bergerak secara aktif agar aliran darah di dalam tubuh lancar, selain itu jantung juga akan bekerja dengan lebih optimal.

Perhatikan Kondisi Kesehatan

Jika anda memiliki riwayat penyakit jantung maka anda harus selalu waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan anda. Selalu lakukan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah anda. Jika tubuh terasa kurang sehat segera lakukan kunjungan ke dokter untuk mendapatkan pengawasan lebih baik.

Perhatikan Kondisi Kesehatan

Jika anda memiliki riwayat penyakit jantung maka anda harus selalu waspada dan memperhatikan kondisi kesehatan anda. Selalu lakukan pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan tekanan darah anda. Jika tubuh terasa kurang sehat segera lakukan kunjungan ke dokter untuk mendapatkan pengawasan lebih baik.

Ayo budayakan hidup sehat agar resiko penyakit jantung dapat ditekan sekecil mungkin!

Tags: ,

Related to: Pernah Serangan Jantung? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Mudah Kambuh Lagi