Pilih Bantal Yang Tepat Untuk Kesehatan, Ini Tipsnya

July 14, 2016

Tidak hanya tempat tidur saja yang menentukan kualitas tidur Anda. Ternyata bantal juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam menentukan kualitas tidur Anda. Jika bantal yang digunakan sebagai sandaran kepala selama tidur tidak ideal, maka yang terjadi setelah tidur Anda justru akan merasa pusing bukan merasa segar.

Selain itu, jika jenis bantal yang kepala Anda gunakan itu salah, maka Anda akan merasakan urat di sekitar terasa begitu sakit ketika Anda menggerakkan kepala. Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi. Oleh karena itu, Anda harus bisa memilih bantal yang tepat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa tips yang harus Anda perhatikan dalam memilih bantal.

2016-07-13-19-25-43-2075257660

1. Jenis dan Ukuran Tempat Tidur

Dalam memilih bantal yang ideal untuk digunakan, Anda harus memperhatikan dan mengetahui jenis atau tempat tidur yang Anda miliki. Untuk jenis kasur twin bed, Anda dianjurkan untuk memakai atau menggunakan bantal yang berukuran standar. Sedangkan untuk queen bad, Anda memerlukan 2 (dua) yang berukuran quee, dan untuk tempat tidur berukuran king size, Anda membutuhkan 2 (dua) bantal yang berukuran king.

Baca Juga  Manfaat minyak zaitun untuk penyakit asam urat

Apabila Anda ingin bantal yang berukuran agak besar agar dapat sedikit bisa dipeluk, Anda dapat menggunakan bantal berukuran king di tempat tidur twin. Sementara itu, apabila Anda ingin menumpuk bantal agar bisa bersandar di sampingnya, Anda dapat menggunakan bantal sebanyak 4 (empat) hingga 6 (enam) bantal yang berukuran standar di tempat tidur yang berukuran king size.

Terkadang di hotel mewah menggunakan 4 (empat) bantal berukuran king size untuk di tempat tidur queen. Namun hal ini tergantung dari kenyamanan Anda, jadi pilihlah yang membuat Anda nyaman.

2. Kebiasaan gaya tidur

Tips selanjutnya, Anda harus bisa mengetahui kebiasaan gaya tidur Anda seperti apa. Apakah gaya tengkurap, telentang, atau menyamping. Jika gaya Anda saat tidur biasa telentang, maka bantal yang datar adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bagi Anda yang biasa tidur dengan posisi menyamping, maka bantal yang Anda butuhkan adalah jenis bantal yang dapat menopang leher Anda dengan baik.

Cobalah berbagai macam jenis bantal sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Setelah itu pilihlah bantal yang dapat memberikan kenyamanan maksimal untuk Anda ketika sedang terlelap. Dengan demikian, tidur Anda pun semakin berkualitas dan dapat kembali bangun dalam keadaan yang segar.

Baca Juga  Manfaat Sarang Semut Papua Untuk Kesehatan

 

Tags:

Related to: Pilih Bantal Yang Tepat Untuk Kesehatan, Ini Tipsnya