Proses Perkembangan Bayi: Kapan Si Bayi Mulai Bisa Berjalan?

August 2, 2016

Bayi akan mengalami perkembangan yang sangat signifikan pada tahun pertama dan keduanya. Yang tadinya hanya mampu berbaring di tempat tidur, lambat waktu akan mampu berdiri dan berjalan dengan kedua kakinya sendiri.

Sebelum masa itu sampai, si kecil harus melewati proses dan serangkaian tahapan yang membutuhkan perhatian dan dukungan Anda sebagai orang tua.

bayi mulai jalan

Ilustrasi bayi mulai jalan

Senantiasa Memantau Kemajuan si Kecil
Pada dua tahun pertama si kecil memang sedang mengalami perkembangan koordinasi dan kekuatan otot-otot pada tubuhnya. Dia akan mulai belajar berguling, belajar duduk, merangkak sampai berdiri diikuti dengan berjalan.

Proses perkembangan si kecil hingga sampai berjalan memang dapat berbeda-beda. Akan tetapi terdapat patokan dasar yang dapat menjadi pedoman bagi para orang tua dalam memantau kemampuan anaknya hingga mampu berjalan.

Di bawah ini merupakan kemampuan bayi menurut usia, serta langkah-langkah yang dapat anda lakukan untuk merangsang kemampuan berjalannya.

Duduk
Pada usia 4-7 bulan bayi sudah mampu bubuk tanpa bantuan, kemampuan itu dapat memperkuat otot-ototnya yang bisa mendukung ketika dia belajar untuk berdiri.

Anda dapat menstimulasi bayi anda dengan mengajaknya bermain, seperti mengelindingkan bola kearahnya atau dengan menggunakan media permainan lainnya. Atau ketika berusia 6 bulan anda bisa memegangnya dan membiarkannya melompat-lompat di kaki dan paha anda.

Merangkak
Pada usia 7-10 bulan, otot-otot bayi sudah mengalami perkembangan dan menambah kuat hingga dia mampu untuk merangkak. Proses ini sangat penting kkarena membantu untuk melatihnya menggerakkan lengan dan kaki pada waktu bersamaan. Ada juga sebagian bayi yang merangkak dengan cara menggunakan perutnya.

Baca Juga  11 Cara Membersihkan Telinga Kotoran yang Berlebihan

Anda dapat menstimulasi nya dengan membirakannya merangkak dari satu tempat ke tempat lain. Anda juga dapat memberinya semangat dengan menempatkan mainan yang dapat dia ambil yang jaraknya agak jauh untuk dicapainya. Berikan pujian ketika dia mampu menggapainya untuk meningkatkan percaya dirinya.

Mengangkat dirinya dengan bantuan
Sekitar usia 8-9 bulan, bayi akan tumbuh dengan lebih kuat. Pada tahap ini, si kecil biasa mengangkat dirinya sendiri dengan bantuan apapun yang ada disekitarnya seperti meja atau lemari. Atau juga dapat meminta bantuan orang-orang disekitarnya. Cara ini dapat membuatnya merasakan sensasi ketika berdiri. Anda dapat menstimulasi dirinya dengan membantu sedikit ketika dia ingin berdiri.

Berjalan dengan bantuan
Saat usia 8-9 bulan, bayi bisa berjalan dengan cara mendapatkan bantuan atau bisanya disebut ditatih berjalan. Proses ini adalah proses dimana dia akan mulai memiliki kepercayaan diri untuk melangkahkan kakinya seorang diri.
Stimulasi yang dapat diberikan adalah teruslah menatih si kecil. Maki dia terbiasa untuk melangkahkan kakinya, maka makin cepat pula dia dapat berjalan.

Baca Juga  Wanita Ini Tidak Mandi Selama 30 Tahun, Apa Penyebabnya

Merambat
Pada usia 8-9 bulan, bayi juga sudah mampu untuk merampat pada tembok atau perabotan di sekitarnya. Stimulasinya yaitu dengan diberikan pujian ketika mencapai tahapan tersebut. Pastikan pijakannya terasa empuk sehingga tidak sakit ketika tiba-tiba jatuh.

Berdiri tanpa bantuan
Pada usia 9-12 bulan biasanya si kecil sudah mulai berani berdiri tanpa bantuan. Ini merupakan tahapan terpenting sebelum dia benar-benar mampu berjalan. Stimulasi yang dapat dilakukan yaitu dengan mengajaknya bermain dengan cara duduk bersama-sama, lalu bantu dia berdiri. Ketika berdiri hitunglah berapa lama dia mampu berdiri.

Langkah pertama
Yang ditunggu akhirnya tiba ketika anak anda sudah mampu melangkahkan kakinya tanpa harus berpegangan. Ini merupakan momenterpenting bagi si bayi. Dibutuhkan keberanian bagi si kecil untuk sampai ke tahap ini. Stimulasi yang diberikan yaitu peluk si kecil dan memujinya ketika berhasil melangkahkan kakinya.

Dan terakhir yaitu si kecil benar-benar sudah berjalan, yaitu pada usia 12-18 bulan. Itulah langkah-langkah perkembangan bayi sampai akhirnya bisa berjalan. Semoga bermanfaat bagi anda dan selamat memantau perkembangan bayi anda.

Tags:

Related to: Proses Perkembangan Bayi: Kapan Si Bayi Mulai Bisa Berjalan?