Ragam Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia

January 31, 2016

Manfaat jengkol bagi kebaikan manusia sebenarnya sangat banyak sekali. Makanan yang identik dengan baunya yang khas ini memang memiliki peminat dari semua kalangan, baik dari kalangan bawah hingga kalangan atas. Rasanya yang tidak terlalu buruk yang ditambah dengan siraman bumbu dengan rasa yang sedikit pedas, akan semakin menambah kelezatan dari jengkol itu sendiri. Namun, karena sudah terkenal dengan aroma yang kurang sedap yang ditinggalkan apabila mengkonsumsinya, sehingga tidak sedikit orang yang enggan memakannya. Padahal apabila melihat dari sisi kandungan gizi, jengkol sangat kaya sekali gizi.

Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan

Manfaat Jengkol

Jengkol mengandung berbagai macam zat-zat, dari mulai vitamin, mineral, hingga senyawa kimia alami yang sangat dibutuhkan oleh manusia untuk dapat mengoperasikan organ dalam dengan baik. Jengkol juga merupakan tumbuhan yang kaya akan vitamin A, B6, dan B12. Dari masing-masing vitamin tersebut memiliki fungsinya masing-masing, seperti vitamin A untuk menjaga kualitas penglihatan dari mata, vitamin B6 atau juga disebut sebagai asam folat sangat bagus untuk menjaga kestabilan organ-organ dalam, serta vitamin B12 sangat membantu mereka yang telah lanjut usia untuk menjaga persendian.  Secara garis besar, manfaat jengkol bagi kesehatan sangatlah baik.

Baca Juga  Khasiat Serta Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Manfaat Jengkol Untuk Ibu Hamil

Berangkat dari kandungan vitamin yang dimiliki oleh jengkol yang mengandung vitamin B6 atau asam folat yang berfungsi untuk menjaga kestabilan organ dalam. Disamping itu, asam folat juga sangat baik untuk kandungan. Manfaat jengkol untuk ibu hamil adalah bisa memberikan proses tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan berjalan dengan baik. Dengan mengkonsumsi jengkol dengan porsi yang tepat, maka janin di dalam kandungan akan terhindar dari resiko cacat kandungan ataupun cacat ketika lahir nanti.

Manfaat Jengkol Untuk Diabetes

Manfaat lainnya dari jengkol adalah dapat membantu menurunkan serta menstabilkan kandungan gula dalam darah seseorang. Manfaat jengkol untuk diabetes tidak terlepas dari kandungan gula yang ada didalam jengkol yang sangat mudah untuk diurai oleh tubuh. Zat gula tumbuhan atau yang lebih dikenal dengan fruktosa merupakan jenis gula yang terkandung oleh semua tumbuhan ataupun buah-buahan yang memiliki sifat sangat mudah diurai menjadi gula sederhana ataupun energy. Sehingga, kandungan fruktosa tidak akan meninggalkan sisa pembakaran dan sangat aman untuk dikonsumsi untuk seseorang yang memiliki penyakit diabetes.

Baca Juga  Manfaat Lidah Buaya Untuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia di Kehdiupan Sehari Hari

Dan manfaat yang tidak kalah hebatnya dari jengkol adalah untuk organ kehidupan manusia yaitu jantung. Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa jengkol adalah tumbuhan yang memiliki kandungan zat anti oksidan yang cukup tinggi, sehingga manfaat jengkol untuk jantung sangatlah baik. Anti oksidan merupakan senyawa yang berperan aktif untuk menghilangkan racun atau toksin yang mengendap pada pembuluh disekitar jantung. Dengan tidak adanya penghalang pada pembuluh jantung, maka suplai darah dari jantung ataupun darah yang keluar dari jantung tidak akan tersendat.

Tags: , , , , , , ,

Related to: Ragam Manfaat Jengkol Bagi Tubuh Manusia