Rahasia Cantik Dengan Manfaat Kunyit Asam

April 15, 2015

Ramuan herbal sudah digunakan oleh nenek moyang kita sejak zaman dahulu dalam mengobati berbagai penyakit dan untuk menjaga kecantikan. Ramuan tersebut bisa dibuat tersendiri dengan hanya melibatkan satu bahan atau dapat dibuat dengan mencampurkan bahan lain yang dapat mengoptimalkan manfaat yang diperoleh dari ramuan. Salah satunya adalah kombinasi antara kunyit dengan asam. Apa saja manfaat kunyit asam bagi tubuh manusia? Berikut uraiannya.

Manfaat Kunyit Asam untuk Tubuh

Manfaat kunyit asam

  1. 1.       Melancarkan Haid

Khasiat kunyit asam untuk melancarkan haid sudah terbukti efektif. Haid yang dialami seorang wanita tidak sama situasi dan kondisinya dengan wanita lain. Pada beberapa wanita, haid kadang tidak datang secara teratur dan ketidakteraturannya menyebabkan berbagai masalah dalam segi kesehatan dan emosional. Tidak lancarnya haid bisa disebabkan banyak faktor. Salah satu faktor utamanya berhubungan dengan sekresi hormon progesteron dan estrogen. Kedua hormon ini memicu pematangan sel telur pada ovarium dan mempengaruhi persiapan rahim dalam menerima calon janin. Jika sel telur tidak dibuahi, maka sel tersebut akan meluruh bersama lapisan rahim yang sudah siap tadi dimana proses ini kita sebut dengan haid.

 

Manfaat kunyit asam bagi lancarnya haid yakni dengan cara memperlancar proses metabolisme tubuh sehingga membantu dalam lancarnya pembentukan hormon-hormon reproduksi. Kandungan curcumin dan minyak atsiri pada kunyit juga dapat meredakan nyeri pada saat haid. Ditambah kandungan beberapa mineral seperti zat besi yang dapat melancarkan pembentukan sel-sel darah sehingga sirkulasinya lancar. Vitamin C yang tinggi pada asam juga mampu menjaga kebugaran tubuh disaat tubuh banyak kehilangan darah pada waktu haid.

Baca Juga  7 Manfaat dan Khasisat Temulawak Untuk Menjaga Kesehatan

 

Untuk membuat ramuan kunyit asam mudah saja yakni dengan cara memarut sebanyak

Kg kunyit lalu diberi 2 liter air kemudian disaring. Air saringan kunyit lalu direbus dengan menambahkan  Kg asam jawa dengan gula merah secukupnya dan sedikit garam untuk menguatkan rasa. Minum ramuan selagi hangat atau bisa diminum dengan tambahan es batu.

 

  1. 2.       Merawat kecantikan kulit

Selain dapat melancarkan haid ramuan kunyit asam juga bermanfaat dalam bidang kecantikan. Salah satunya yakni manfaat kunyit asam untuk kecantikan kulit. Kulit yang cantik adalah kulit yang bebas dari bebagai macam gangguan penyakit. Antioksidan pada curcumin di kunyit dan vitamin C yang tinggi pada asam dapat membuat sel kulit terbebas dari serangan radikal bebas yang menurunkan kesegaran sel-sel kulit. Dengan adanya kedua zat tersebut kulit nampak segar dan bebas keriput.

Cara membuat ramuan kunyit asam untuk kecantikan kulit tidak berbeda degan ramuan kunyit asam untuk melancarkan haid. Karena Haid yang lancar pada akhirnya akan mempengaruhi kecantikan kulit juga terutama untuk kulit wajah. Lancarnya haid mengindikasikan lancarnya aliran darah sehingga masalah flek-flek hitam di kulit wajah tidak akan terjadi. Mineral pada kunyit asam juga menutrisi sel-sel kulit sehingga kulit lebih mulus dan kelembabannya terjaga.

Baca Juga  7 Alasan Untuk Minum Secangkir Teh Hijau Sebelum Tidur

 

Namun manfaat kunyit asam akan lebih cepat dan optimal efeknya untuk kecantikan kulit jika terapi dibantu dengan pengobatan luar yakni dengan rajin mengoleskan masker parutan kunyit yang ditambah madu pada wajah. Jika kolaborasi obat luar dan dalam ini dilakukan secara rutin maka khasiat obat herbal yang biasanya menampakkan efek yang cukup lama dapat lebih dipersingkat waktunya.

Demikian ulasan singkat tersebut semoga dapat membuka pengetahuan kita akan khasiat dan manfaat kunyit asam bagi lancarnya haid dan cantiknya kulit. Ternyata di sekeliling kita banyak harta terpendam yang berharga. Harta tersebut bukanlah emas dan permata namun Ia adalah obat-obatan herbal yang mampu menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh kita tanpa menguras isi dompet terlalu dalam.

Tags: , ,

Related to: Rahasia Cantik Dengan Manfaat Kunyit Asam