9 Rahasia Dibalik Jambu Biji Merah yang Belum Diketahui

December 11, 2015

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal denganindex jambu biji ?, hampir seluruh orang sudah mengenal buah yang satu ini. Bahkan jambu biji adalah buah yang umum dijumpai diwilayah Asia, termasuk Indonesia. Karena jambu biji termasuk tanaman yang mudah untuk ditanam dan dibudidayakan. Bentuknya yang bulat dengan daging buah berwarna merah atau putih serta mempunyai banyak biji-biji kecil menjadi ciri khas tersendiri dari jambu biji. Baca Juga : Khasiat Kulit Buah Naga Untuk Kesehatan
Jambu biji juga terkenal sebagai buah yang memiliki banyak manfaat. Bahkan tak jarang jambu biji disebut dengan “buah super” karena banyaknya manfaat yang dimilikinya. Jambu biji mengandung banyak nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Bahkan menurut penelitian, jambu biji mengandung vitamin C seberat 275 g sehingga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada orang yang berusia antara 13 sampai 20 tahun. Selain itu jambu biji juga mengandung folat, lycopene, kalium, asam pontotenat, niasin, mineral magnesium, Vitamin A, B6, E, serta K, dan masih banyak yang lainnya.

Adapun manfaat lain dari jambu biji untuk kesehatan adalah sebagai berikut,

1.    Mengurangi Hipertensi

Jambu biji sangat bermanfaat untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung banyak serat dan hipoglikemik sehingga efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah.

2.    Mengatasi Diabetes

Selain dapat mengatasi hipertensi, jambu biji juga berkhasiat untuk mencegah diabetes. Tingginya kandungan serat dalam buah yang satu ini dapat mengatur penyerapan gula oleh tubuh, sehingga memungkinkan turunnya insulin dan glukosa dalam tubuh.

Baca Juga  Solusi Aman Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

3.    Mengoptimalkan Penglihatan

Jambu biji mengandung vitamin A yang setara dengan wortel. Sehingga buah ini mampu mencegah katarak, degenerasi makula, dan penyakit mata yang lainnya.

4.    Mengobati Sembelit

Jambu biji adalah buah yang mengandung serat sangat tinggi jika dibandingkan dengan buah yang lainnya. Biji yang banyak terkandung dalam daging buah bisa berfungsi sebagai obat pencahar. Sehingga hal tersebut dapat membantu gerakan usus yang sehat dan mampu mempertahankan air. Menurut penelitian, sembelit dapat menyebabkan 72 penyakit sehingga mencegah sembelit adalah hal yang sangat dibutuhkan.

5.    Mengatasi Diare

Kandungan astringents pada jambu biji sangat berguna untuk mencegah diare. Kandungan tersebut dapat menghambat pertumbuhan mikroba serta menghilangkan lendir berlebihan pada usus. Selain itu kandungan vitamin C kalium, dan karotenoid pada jambu biji juga dapat memperkuat  sistem pencernaan sekaligus desinfektan.

6.    Sebagai obat demam dan batuk

Vitamin C yang banyak terkandung pada buah ini terbukti ampuh dalam mencegah infeksi dingin dan virus. Jus jambu biji dan rebusan daun jambu ini juga berguna untuk mengurangi lendir ketika batuk.

7.    Mencegah Kanker

Menurut penelitin, jambu biji juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit kanker yang sangat mematikan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan flavonoid dan fitonutrien pada jambu biji. Kandungan vitamin C pada buah ini juga bermanfaat dalam menetralkan radikal bebas penyebab kanker

Baca Juga  Buah Penurun Darah Tinggi Paling Cepat Sebagai Obat Alternatif

8.    Menambah jumlah darah

Jambu biji mengandung banyak vitamin E, K, niasin, folat, tembaga, magnesium, dan asam panthothenic dimana semua kandungan tersebut berguna untuk menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh.

9.    Menyehatkan kulit

Jambu biji mengandung vitamin A, sehingga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Buah yang satu ini juga bermanfaat untuk mengeluarkan antioksidan sehingga bisa membuat kulit anda tetap terlihat segar.

Jambu biji bisa anda konsumsi dengan berbagai cara seperti dibuat jus, dicampurkan kedalam makanan, atau bahkan dikonsumsi langsung. Oleh sebab itu anda jangan pernah takut merasa bosan dalam mengonsumsi jambi biji. Jagalah kesehatan anda, karena kesehatan adalah anugrah termahal yang diberikan Tuhan kepada kita.

Tags:

Related to: 9 Rahasia Dibalik Jambu Biji Merah yang Belum Diketahui