Ratusan Warga Antri Untuk Memeriksakan Diri Demi Alat Bantu Dengar Gratis

August 12, 2016

Di Balai Kota Surakarta, ratusan warga berbondong-bondong datang untuk mendapatkan alat bantu dengar gratis. Pembagian alat bantu dengar gratis ini sendiri diadakan oleh Starkey Hearing Foundation melalui PT Alat Bantu Dengar Indonesia. Terselenggaranya acara ini berkat kerja sama dengan Direktorat Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kemensos RI dan juga Pemkot Surakarta. Selain badan-badan tersebut, acara ini juga didukung oleh PMI Solo, persatuan THT, Lions Club Solo dan juga relawan difabel yang ada di Kota Surakarta.

Kegiatan pemeriksaan telinga yang dilakukan oleh para tim ahli pun terbilang sukses dan tertib. Anak-anak yang diperiksanya terlihat menahan geli saat telinga mereka dibersihkan oleh para petugas kesehatan yang bertugas. Kebersihan telinga adalah hal yang sangat penting dan harus selalu dijaga oleh semua orang. Dengan telinga yang kotor dan kurang bersih maka ketajaman pendengaran pun menjadi berkurang. Hal ini akan sangat berpengaruh terhadap anak-anak yang masih sekolah. Proses belajar mereka akan terganggu karena hal ini. Selain itu telinga yang kotor juga bisa menyebabkan sering pusing dan kehilangan keseimbangan tubuh.

Alat Bantu Dengar Gratis

Pemerikasaan untuk Alat Bantu Dengar

Pihak penyelenggara sendiri telah mempersiapkan sekitar 1500 alat bantu dengar gratis yang akan dibagikan kepada para penyandang tuna rungu yang datang untuk memeriksakan diri. Alat bantu dengar ini akan dibagikan selama 3 hari, yakni pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2016. Jika anda atau salah satu anggota keluarga anda memiliki masalah dengan pendengaran maka bisa datang ke Pendapi Gedhe Balai Kota Surakarta untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut dari ahli di bidang THT.

Baca Juga  Bayi di Indonesia 77 Juta Tidak Mendapatkan ASI

Jika anda memeriksakan diri anda pada tanggal 7 hingga 9 Agustus 2016 maka alat bantu dengar belum bisa anda dapatkan secara langsung karena pada tanggal tersebut hanya masih dilakukan screening dan juga pemeriksaan telinga. Pembagian alat bantu dengar sendiri akan dilakukan pada sekitar bulan Oktober dan November 2016, dengan syarat sudah mendaftarkan diri dan memeriksakan diri di tahap pertama. Selain itu juga akan dilakukan pengecekan dan pengawasan terhadap kinerja dari alat bantu dengar yang telah dibagikan kepada warga. Hal ini akan dilakukan pada Oktober hingga November 2016.

Jenis-Jenis Alat Bantu Dengar

Alat bantu dengar yang banyak beredar di masyarakat terbagi ke dalam beberapa jenis. Berikut ini adalah informasi lengkapnya.

Alat di dalam telinga

Alat bantu dengar di dalam telinga atau In The Ear (ITE) adalah sebuah alat bantu pendengaran untuk para penderita tingkat ringan hingga berat. Alat ini biasanya dipasang ke seluruh cuping telinga luar atau untuk beberapa jenis hanya dipasang pada sebagian cuping telinga saja. Jenis ini bukan untuk digunakan oleh anak-anak karena akan mengganggu pertumbuhan cuping telinga anak.

Baca Juga  Kenali Tanda Tanda Kekurangan Vitamin D Jangan Dianggap Sepele

Alat di belakang telinga

Alat di belakang telinga atau behind the ear (BTE) adalah jenis alat bantu dengar yang dipasang di bagian belakang telinga. Di alat ini terdapat sebuah tabung kecil untuk menjadi penghubung penerima suara di dalam lubang telinga. BTE bisa digunakan di semua usia.

Speaker/Receiver di dalam telinga

Disebut juga sebagai receiver in canal (RIC) atau receiver in the ear (RITE). Jenis ini mirip seperti BTE, namun perbedaannya alat ini tak menggunakan tabung kecil namun sejeniis kabel kecil.

Alat di dalam liang telinga

Disebut juga sebagai in the canal (ITC). Jenis alat bantu dengar ini dapat digunakan oleh para penderita gangguan pendengaran ringan hingga berat, dari anak hingga dewasa. Alat ini dibentuk untuk memenuhi sebagian liang telinga.

Related to: Ratusan Warga Antri Untuk Memeriksakan Diri Demi Alat Bantu Dengar Gratis