Resep Obat Batuk dan Pilek Untuk Bayi Hingga 6 Bulan

November 23, 2016

Obat Batuk Untuk Bayi – Bayi memang rentan terkena penyakit. Terutama sakit batuk. Karena penularan sakit batuk sangat cepat. Terlebih sistem kekebalan pada tubuh bayi belum baik sehingga bayi mudah terkena sakit. Batuk jika dibiarkan saja bisa berbahaya untuk tubuh bayi.

Oleh karena itu jika bayi terserang batuk maka harus segera diobati. Ada beberapa pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan sakit batuk pada bayi.

Cara tersebut antara lain adalah dengan menggunakan obat batuk dari bahan kimia maupun obat batuk tradisional untuk bayi.

Obat Batuk Alami Untuk Bayi

Perbedaan dari kedua cara pengobatan tersebut jika obat kimia penyembuhannya lebih cepat dan tidak perlu untuk membuat resepnya.

Sedangkan dengan cara tradisional, penyembuhannya bisa jadi relative sedikit lebih lama namun resiko berbahayanya kecil.

obat-batuk-tradisional-untuk-bayi

Bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan ternyata tidak langsung dapat menyembuhkan bayi, namu hanya akan menghilangkan gejala-gejala batuk pilek saja.

Oleh sebab itu, pada saat bayi terserang penyakit batuk pilek, alangkah lebih baiknya jika ditangani secara aman dan cepat. Obat Batuk Tradisional Untuk Bayi dapat diracik dengan berbahan alami seperti madu dan jeruk nipis.

Campuran keduanya akan membantu melegakan dan melancarkan pernafasan sesak pada bayi. Caranya pun tidak sulit, yaitu dengan mencampurkan madu dan jeruk nipis ke dalam gelar dengan berisi air hangat. Minumkan pada bayi anda, Sehingga bayi akan sembuh dan dapat merasakan pernafasan yang lancar.

Untuk pengobatan tradisional batuk ataupun pilek pada bayi tidak hanya dengan mengunakan. Pengobatan dari dalam, bisa juga dilakukan dengan pengobatan trapi dari luar. Hanya dengan memijat bayi menggunakan miyak telon dan parutan bawang merah, bayi akan merasa hangat dan nyaman

Baca Juga  Obat Batuk yang Aman Untuk Ibu Hamil Jangan Sembarangan Sayangi Janin Anda

Pada dasaranya obat batuk tradisional untuk bayi ini dapat dilakukan dengan banyak beristirahat. Asupan cairan didalam tubuh nya harus terus dijaga agar dapat memberi keseimbangan tubuh, Kekebalan tubuh harus dijadikan prioritas utama dalam rangka memerangi batuk yang di derita sang bayi.

Mandi dengan menggunakan air hangat merupakan salah satu cara yang di recomendasikan bagi para penderita batu. Selain itu asupan gizi seperti makanan, minuman harus tetap dijaga kebersihan agar mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah

Tetapi sekarang ini orang tua lebih banyak memilih dengan cara yang tradisional yang biasanya sudah dilakukan secara turun temurun. Berikut ini ada beberapa resep untuk membuat obat batuk tradisional untuk bayi

1. Jeruk nipis dan madu

Bahan :

– 3 sdm air jeruk nipis

– 4 sdm madu murni

– 4 sdm air matang

Cara membuat:

– Campurkan ketiga bahan tersebut lalu dikukus dengan waktu sekitar 10 menit hingga 15 menit.

– Berikan ramuan tersebut seusai makan dengan dosis jika bayi berumur antar 7-11 bulan, berikan 2-3 kali sehari dengan masing-masing 1 sdt.

2. Kunyit

Kunyit selain sebagai bumbu untuk masakan, juga bisa digunakan untuk obat batuk tradisional untuk bayi. Caranya adalah cukup mengoleskan bubuk kunyit ke payudara ibu sebelum menyusui. Atau bisa dicampurkan bubuk kunyit pada susu. Dan berikan 2 kali sehari.

3. Minyak pijat

Obat yang ketiga ini dapat digunakan sebagai obat batuk tradisional untuk bayi 6 bulan. Minyak pijat yang bisa digunakan seperti minyak kayu putih, peppermint, maupun rosemary. Minyak tersebut dapat membantuk menyembuhkan batuk pada bayi anda.

Walaupun dengan menggunakan bahan alami sedikit lebih lama penyembuhannya daripada menggunakan obat yang mengandung bahan kimia, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya. Sebaiknya menggunakan obat-obatan tradisional daripada menggunakan obat yang mengandung kimia.

Baca Juga  Nama Obat Kolesterol yang Biasanya Di Anjurkan Oleh Dokter

Karena resiko terkena efek samping yang buruk lebih kecil dan juga dengan menggunakan bahan yang alami jauh lebih aman.

Obat Tradisional Batuk Pilek Pada Anak

Tidak hanya orang dewasa, anak-anakpun sering menjadi sasaran penyakit ini. Bahkan, dapat dibilang mayoritas anak-anak sering terkena penyakit batuk dan pilek ini.

(Baca Juga :  Cara Mengatasi Gatal Pada Bayi )

Obat tradisional batuk pilek pada anak dapat menjadi salah satu alternative bagi orang tua disaat sang buah hati mengalami batuk pilek.

Ramuan tradisional pengobat batuk pilek sangatlah mudah untuk dibuat dengan beberapa campuran bahan-bahan dapur, seperti jahe dan kecur.

Jahe

Cara membuatnyapun cukup mudan dan tidaklah rumit. Pertama, Persiapkan kedua bahan tersebut dalam ukuran kurang lebih 1cm.

Selanjutnya, rebuslah dengan air 1 gelas. Lalu tunggu hingga mendidih, setelah itu angkatlah. Diamkan sampai agak dingin, lalu berikan pada anak di malam hari sebelum mereka tidur.

Ketika penyakit batuk pilek terjadi pada bayi, setiap orang tua pasti akan khawatir. Pasalnya daya tahan bayi masih sangat rentan terkena penyakit, serta penggunaan bahan kimia dianggap cukup riskan.

Tags: , , , , , , , , ,

Related to: Resep Obat Batuk dan Pilek Untuk Bayi Hingga 6 Bulan