Secara Alami Inilah Cara Menurunkan Kadar Gula Darah

February 29, 2016

Dalam ilmu kedokteran atau dunia medis, gula darah merupakan sebuah istilah yang mengacu pada jumlah glukosa yang ada di dalam aliran darah yang pada umumnya memiliki satuan mg/dL.

Dengan bantuan hormon insulin, tubuh dapat mengatur kadar gula darah secara alami. Hormon insulin sendiri dihasilkan dari sel beta pankreas yang merupakan bagian dari homeostasis tubuh. Dengan demikian, kadar gula dalam aliran darah yang normal di dalam tubuh akan selalu dipertahankan.

Ketika gula darah mengalami masalah menurun terlalu rendah, maka yang akan terjadi adalah berkembangnya kondisi yang fatal, dalam hal ini disebut hipoglikemia. Hipoglikemia yaitu suatu keadaan yang menyebabkan kondisi kelelahan pada tubuh, menurunnya fungsi mental, juga lebih mudah tersinggung, hingga menyebabkan terjadinya kehilangan kesadaran.

Cara Menurunkan Kadar Gula Darah Yang Alami

Menurunkan Kadar Gula Darah

Berikut ini adalah cara menurunkan kadar gula dengan cara yang alami, Anda dapat melakukan cara tersebut dengan sederhana.

Dengan tips dan trik yang akan dibagikan ini, semoga dapat membantu Anda untuk tetap dapat menjaga kadar gula darah atau mengontrol kadar glukosa pada aliran darah tubuh Anda, sehingga dapat mnghindari terjadinya masalah kesehtan yang lebih serius. Apa saja caranya, berikut penjelasannya :

1. Membeli Alat Untuk Mengecek Atau Mengontrol Kadar Gula Darah
Anda harus memiliki alat untuk mengontrol atau memonitor kadar gula darah terlebih dahulu. Anda dapat membeli alat tersebut di apotek atau supermarket yang terdekat dengan rumah Anda.

Alat ini berfungsi untuk mengontrol kadar gula darah Anda, sehingga Anda dapat mengetahuinya saat kadar gula darah menurun ataupun sebaliknya.

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui untuk dapat menggunakan alat tersebut, yaitu perhatikan range normal gula darah Anda. Berikut ulasannya mengenai range normal kadar gula darah yang harus Anda ketahui :

Baca Juga  Beberapa Cara Untuk Mencegah Uban Tumbuh Di Usia Muda
  • Pada saat sebelum sarapan, tingkat glukosa atau kadar gula darah harus berada di antara kisaran angka 80 dan 120. Hal tersebut dianggap sebagai kisaran kadar gula darah yang berada di titik normal atau kadar gula darah yang sehat.
  • Selang waktu dua jam setelah Anda makan, kisaran gula darah harus berada pada angka 170 atau kurang dari 170.
  • Sebelum Anda tidur, Anda harus kembali mengecek gula darah anda. Kisaran gula darah yang ideal sebelum tidur adalah 100 sampai 140.
  • Sementara saat Anda melakukan puasa, gula darah Anda yang ideal harus berada pada kisaran 70 sampai dengan 100.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin Dan Teratur
Dengan memiliki alat untuk mengecek atau memonitor kadar gula darah, tentu Anda dapat mengetahui kadar gula darah pada tubuh Anda berada di posisi yang normal, atau mengalami kenaikan.

Jika gula darah Anda mengalami kenaikan atau tinggi, maka yang dapat Anda lakukan adalah dengan berolahraga yang teratur, karena olahraga cara yang ampuh untuk membuat kadar gula dara menjadi kembali normal.

3. Mengurangi Kadar Konsumsi Pada Gula
Gula adalah salah satu penyebab terjadinya kenaikan kadar gula darah. Oleh sebab itu, mengurangi konsumsi pada gula adalah salah satu cara yang harus dilakukan untuk mengurangi kadar gula darah pada tubuh Anda, agar tetap terjaga dan berada di posisi yang normal.

Asupan gula untuk tubuh, Anda dapat mengontrolnya sendiri. Untuk penderita atau calon penderita diabetes, dapat mengkonsumsi jenis gula yang bukan gula pada umumnya, yaitu jenis gula yang rendah kalori. Di pasaran sudah banyak gula rendah kalori yang resmi diedarkan.

Baca Juga  14 Gejala Kolesterol Tinggi Yang Jarang Orang Ketahui

4. Sedikit Makan Tapi Sering
Lakukan teknis makan yang sedikit, tapi dengan intensitas yang sering, karena dengan begitu akan membuat tubuh Anda menjadi jauh lebih sehat, dibandingkan dengan melakukan makan yang besar, tetapi Anda jarang melakukannya.

Hal ini disebabkan karena komponen-komponen yang berada di dalam tubuh, terutama yaitu usus dan pankreas menjadi lebih mudah dalam menghasilkan enzim pada pencernaan, dan kinerja pada pencernaan menjadi tidak terlalu berat.

Asupan kalori Anda dalam hal ini adalah sebagai acuan setiap harinya, seseorang yang mengkonsumsi makanan 3-5 kali dalam sehari, itu berarti 500-800 kalori yang diterima pada setiap kali maka, maka disarankan untuk makan dalam kurun waktu sekurang-kurangnya 4 jam sekali.

5. Diet Tinggi Protein
Melakukan diet tinggi protein tidak hanya dapat membantu dalam hal menurunkan berat badan Anda saja, tetapi diet tersebut merupakan salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda secara alami, diet ini adalah diet yang populer dilakukan oleh banyak orang. Anda dapat mencoba progran diet dengan cara ini, dan rasakan dampak positif bagi tubuh Anda.
Dalam proses menurunkan kadar gula darah dalam tubuh Anda, sangat diperlukan program pengaturan pola makan yang sehat, karena itu adalah jalan terbaik yang menyehatkan.

Tags: , ,

Related to: Secara Alami Inilah Cara Menurunkan Kadar Gula Darah