Sekilas tentang 8 komplikasi penyakit ginjal kronik

January 28, 2016

Gagal ginjal kronik adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera di tangani, karena dapat mengancam nyawa seseorang. Gagal ginjal merupakan proses perusakan pada ginjal dengan waktu yang sangat singkat, biasanya sampai 3 bulan. Gejala gejala fungsi ginjal yang memeburuk di tanddai dengan perasaan kurang sehat dan nafsu makan berkurang. Penyakit gagal ginjal juga di diagnosis dari hasil skrining dari orang yang beresiko memiliki masalah ginjal, seperti tekanan darah tinggi atau diabetes dan mereka memiliki hubungan darah dengan penyakit ginjal kronis.

Penyakit ginjal kronis ini uga di sertai dengan komplikasi seperti penyakit menahun lainnya, komplikasi yang sering di alami oleh penyakit ginjal kronik adalah anemia, osteodistrofi renal, gagal jantung, impotensi. Penyakit ini bisa datang dengan tiba tiba ketika kondisinya sangat parah, karena ginjal sangat mudah beradaptasi dengan gangguan pada fungsinya. Banyak orang yang menyebutnya dengan “Silent Disease” karena penyakit ini datangnya dengan tiba tiba. Banyak orang ketika memeriksakan pada awalnya tidak di vonis memiliki penyakit, setelah mereka memeriksajkannya lagi mereka terkejut karena sudah di vonis memiliki penyakit ginjal ini.

Baca Juga  Fakta Menarik Penyakit Gigi dan Gusi Berpengaruh Pada Jantung ?

Seperti yang sudah di katakan oleh para dokter gagal ginjal kronik memiliki beberapa komplikasi,  dan berikut merupakan 8 komplikasi penyakit ginjal kronik

8 komplikasi penyakit ginjal kronik

gambar ilustrasi penyakit ginjal kronik

1.            Kelebihan cairan. Minum banyak air memang sangat baik bagi kesehatan, tetapi tidak untuk penderita gagal gnjal, orang yang memiliki ginjal sehat memang perharinya minum 2-3 liter, dan untuk penderita gagal ginjal jika perharinya minum 4-5 liter air perharinya sangat tidak baik, karena kelebihan cairan dapat mengurangi zat asam di dalam tubuh yang mengakibatkan seseorang menjadi lemah dan bisa juga kejaang kejang.

2.            Hiperkalemia. Komplikasi ini dapat mengakibatkan kalium yang ada di dalam darah seseorang menjadi tinggi

3.            Metabolic asidosis. Fungsi darah adalah mengatur elektrolit, cairan dan asam basah di dalam darah. Jika fungsi tersebut terganggu, maka asam dan pH darah menurun.

4.            Gangguan mineral tulang. Jika penyakit ini di biarkan begitu lama, maka akan mengganggu mineral dan tulang.

5.            Hipertensi. Hipertensi ini di sebabkan oleh kelebihan cairan atau tekanan darah yang naik.

Baca Juga  Penyebab dan Mencegah Penyakit Diabetes Dibahasa Secara Lengkap

6.            Anemia. Hal ini di sebabkan oleh kurangnya hormone eritroksitsehingga kemampuan tulang sum sum untuk membentuk  darah juga berkurang.

7.            Dislipidemia. Kolesterol juga dapat mengganggu juga pada ginjal. Orang yeng memiliki ginjal kronik bisa mengalami kolesterol tinggi.

8.            Difungsi seksual. Bagi seorang pria, terutama kaum muda, dapat merasakan capek ketika berhubungan intim

Berikut tadi adalah 8 komplikasi penyakit ginjal kronik. Selagi tubuh anda masih sehat, maka sayangi tubuh anda sebelum memiliki penyait yang tidak diinginkan.

Tags: , ,

Related to: Sekilas tentang 8 komplikasi penyakit ginjal kronik