Selain Makanan Manis Ternyata Inilah Penyebab Gigi Berlubang

December 23, 2015

Penyebab Gigi Berlubang  – Banyak orang yang sudah mengetahui jika makanan manis dapat menyebabkan sakit gigi serta memicu gigi berlubang.

Namun apakah hanya makanan manis yang menjadi penyebab gigi berlubang ?, jawabannya tentu tidak. Karena masih banyak faktor lain yang menjadi penyebab gigi berlubang. (Baca Juga : fakta dan mitos tetang gigi berlubang )

Gigi berlubang

Gigi berlubang

Hal ini dikarenakan gigi berlubang pada dasarnya disebabkan oleh bakteri yang berada didalam mulut.

Salah satu Penyebab Gigi Berlubang adalah plak yang menempel pada bagian gigi. Plak ini muncul karena gigi jarang dibersihkan dengan baik dan benar.

Jika plak ini sudah terbentuk, maka anda harus rajin untuk menggosok gigi guna mencegah plak tersebut mengeras. Karena jika plak sudah mengeras, maka akan semakin banyak bakteri pada gigi anda.

Selain itu juga masih banyak faktor Penyebab Gigi Berlubang yang lainnya, adapun faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Cara menyikat gigi yang salah

Pada dasarnya cara menyikat gigi itu sangat mudah. Namun tidak banyak orang yang tahu tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Jika anda salah dalam menyikat gigi, maka kuman yang terdapat pada gigi tidak akan hilang secara maksimal. Sehingga kuman yang tertinggal bisa menyebabkan gigi berlubang.

Baca Juga  Tips Cara Mencegah Penyakit Jantung Tetap Sehat Alami

Banyak para ahli gigi yang menyarakan untuk menyikat gigi minimal selama 3 menit. Pada gigi bagian atas, sikatlah dari atas kebawah, sedangkan gigi bagian bawah sikatlah dari bawah ke atas.

Dengan cara tersebut gigi anda bisa bersih secara maksimal.

  1. Merokok

Siapa sangka jika merokok bisa menyebabkan gigi berlubang. Hal ini disebabkan karena rokok juga bisa menyebabkan plak pada gigi.

Selain itu, banyak orang yang menyandingkan kopi dengan aktivitas merokok. Hal ini tentu akan menambah resiko gigi berlubang, karena kopi beserta gulanya mengandung zat asam sehingga bisa merusak gigi.

Oleh sebab itu, perokok yang tidak menjaga kebersihan gigi dan mulut akan lebih beresiko mengalami gigi berlubang.

  1. Mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam

Mengonsumsi minuman berenergi, bersoda, atau minuman asam yang lainnya dapat membuat gigi anda rusak dan berlubang.

Hal ini disebabkan karena zat asam yang banyak terkandung pada minuman tersebut dapat dengan mudah membuat gigi anda menjadi lebih rapuh.

(Baca Juga : 8 obat sakit gigi berlubang yang ampuh pada pertolongan pertama )

Oleh sebab itu, setelah mengonsumsi minuman bersoda ataupun makanan yang bersifat asam segeralah berkumur untuk menghilangkan zat asam serta mengurangi bakteri dalam mulut.

Setelah berkumur barulah anda bisa menyikat gigi guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

  1. Menggunakan sikat gigi yang kurang tepat
Baca Juga  8 Obat Sakit Gigi Berlubang yang Ampuh pada Pertolongan Pertama

Penggunaan sikat gigi yang tidak sesuai dengan rongga mulut juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang. Karena penggunaan sikat gigi yang kurang pas akan menyulitkan anda dalam menjangkau dan membersihkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi.

Menyikat gigi dengan sikat yang berbulu besar juga dapat membuat gigi berlubang. Hal ini dkarenakan bulu sikat tersebut bisa mengikis lapisan gigi anda.

Oleh sebab itu carilah sikat gigi yang lembut serta cocok dengan rongga mulut anda. Selain itu pilihlah sikat yang ujungnya mengecil agar mampu menjangkau dan membersihkan gigi geraham.

Gigi geraham penting untuk anda bersihkan karena pada gigi inilah banyak terdapat plak dan sisa makanan yang tertinggal.

Itulah beberapa Penyebab Gigi Berlubang selain mengonsumsi makanan manis tentunya. Jagalah gigi anda dengan rajin menyikat gigi dua kali sehari.

(Baca Juga : 17 efek samping fluorie yang jarang diketahui )

Selain itu, mengonsumsi buah-buhan seperti apel dan pir juga bisa menjaga gigi anda tetap sehat dan bersih.

Tags: , , , , ,

Related to: Selain Makanan Manis Ternyata Inilah Penyebab Gigi Berlubang