Sering Mengalami Kenyang Makan Tapi Tidak Gemuk Inilah Penjelasannya

February 16, 2016

Kenyang Saat Menjalani Program Diet – Sebagian besar dari Anda mungkin akan berhenti mengunyah makanan jika perut sudah mulai terasa kenyang. Sensasi kenyang biasanya muncul setelah nafsu makan mulai menurun, karena telah banyaknya asupan makanan yang masuk ke dalam perut.

Setiap orang memiliki porsi makan yang berbeda untuk dapat merasakan kenyang, sehingga tidak heran jika sudah ada orang yang merasa kenyang dengan jumlah porsi makan yang sedikit, atau sebaliknya.

Kenyang adalah perasaan puas yang didapatkan pada perut setelah terisi oleh makanan. Kondisi psikologi dan lingkungan social dapat memoengaruhi kuat pada apa, kapan, dan berapa banyak jumlah makanan yang telah Anda makan.

Selain itu keadaan bosan, stress, dan keadaan sedih pun dapat mempengaruhi nafsu makan Anda. Lalu, apakah keadaan kenyang dapat membuat Anda menjadi gemuk?

Sebelum pertanyaan mendapatkan jawabannya, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu penjelasan di bawah ini :

1. Apakah Anda benar lapar?

Ada tiga hal yang menyebabkan rasa lapar, yaitu menurunnya kadar gula darah yang tersimpan, lambung yang kosong dan belum terisi makanan apapun, dan aroma makanan.

Untuk menerima pesan apa yang terjadi dengan perut, baik itu lapar maupun kenyang, otak membutuhkan waktu 20 menit untuk dapat menerima pesan tersebut.

Kenyang Makan Tapi Tidak Gemuk

Kenyang Makan Tapi Tidak Gemuk

Untuk dapat mengetahui, apakah Anda benar-benar merasa lapar, sebaiknya Anda minum beberapa gelas air terlebih dahulu sebelum makan, karena keadaan tubuh yang sedang mengalami dehidrasi pun dapat memicu terjadinya rasa lapar.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Protein untuk Kesehatan

Cara ini dapat membantu Anda untuk menghindari makan yang rakus dan juga membabi buta. Ada satu hal yang tidak kalah penting, Anda perlu mengenali beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan Anda merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Sehingga, resiko kegemukan dapat Anda hindari.

Kenyang Makan Tapi Tidak Gemuk
2.  4 nutrisi yang dapat membantu Anda untuk menjadi kenyang dalam waktu yang lama :

  •  Makanan yang mengandung protein.
    Ternyata makanan yang mengandung protein membuat lebih kenyang dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat atau lemak.
    Setiap menu makanan yang akan Anda makan, berikanlah protein, seperti telur, baik itu hanya telur rebus atau omelet saat Anda sarapan, ikan, susu, dan yoghurt.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks.
    Pada karbohidrat kompleks memiliki kandungan kadar gula yang stabil, karena memiliki kandungan molekul gula yang kompleks dan tidak mudah dicerna dengan cepat.Hal ini dapat membuat tubuh memiliki energi dengan jangka waktu yang lebih lam, karena kadar gula darah dalam tubuh tidak mudah melonjak ataupun menurun dengan drastis.

    Selain itu karbohidrat kompleks, dapat memberikan stimulus serotonin pada tubuh, yaitu senyawa yang dapat mengendalikan atau mengontrol emosi dan nafsu makan yang tidak terkendali.

    Contoh jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks :
    1. Beras merash.
    2. Gandum dan beserta olahannya.
    3. Ubi, dsb.

  • Makanan yang mengandung lemak baik.
    Sekalipun Anda sedang menjalani program diet, tubuh Anda tetap membutuhkan kandungan lemak, yakni lemak yang baik.
    Lemak baik pada makanan mampu merangsang hormon  yang membantu mereka yang sedang menjalani program diet sehingga mampu membuat merasa kenyang yang lebih lama. Berikut ini adalah sumber dari lemak yang baik :
    1. Ikan.
    2. Biji-bijian.
    3. Kacang-kacangan.
    Sealain itu, makanan tersebut dapat dikonsumsi sebagai camilan.
  • Menambah serat
    Berikanlah tambahan makanan yang kaya serat pada menu makan Anda. Seperti sereal. Sayuran, dan buah-buahan yang segar pada saat Anda sarapan.Makanan yang mengandung serat dapat membuat Anda menjadi kenyang lebih cepat, sekaligus dapat memperbaiki kesehatan pencernaan Anda saat sedang menjalani program diet.

    Untuk mendapatkan nutrisi penting saat sedang menjalani program diet, maka konsumsi buah dan sayuran harus ditingkatkan.

    Itulah beberapa tips yang dapat Anda coba, agar perut tetap kenyang saat menjalani program diet. Dengan mengetahui kandungan nutrisi dari jenis makanan yang Anda makan, tentu Anda  tidak perlu khawatir menjadi gemuk.
    Jadi, apakah kenyang itu menggemukan? Selama Anda dapat memahami proses di atas, tentu kenyang tidak akan membuat Anda gemuk.

Tags: , ,

Related to: Sering Mengalami Kenyang Makan Tapi Tidak Gemuk Inilah Penjelasannya