Sering Mengalami Pegal Linu Inilah 7 Bahan Alami yang Dapat Mengatasinya

August 20, 2016

7 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Pegal Linu – Pegal linu memang banyak menyerang orang-orang yang sering melakukan aktivitas diluar rumah seperti contohnya adalah bekerja.

Tidak hanya orang dewasa yang sering meraskana pegal linu hampir semua kalangan dapat merasakan pegal linu baik itu yang muda maupun yang tua.

Pegal linu disebabkan karena berbagai macam hal seperti contoh terlalu berat mengangkat beban, terlalu sering bekerja tanpa istirahat, malas berolahraga, bahkan terlalu lama duduk saat bekerja juga bisa menyebabkan pegal linu.

Bagian tubuh yang sering merasakan pegal linu antara lain di bagian yang sering digunakan untuk berkeja seperti pegelangan tangan, leher, punggung, bahu, bagian kaki, dan pergelangan kaki.

Pegal linu memang tidak menandakan kondisi tubuh yang parah, tetapi pegal linu ini menandakan bahwa tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk meregangkan otot agar otot tidak merasakan kaku.

Maka dari itu saat bekerja sebaiknya sempatkan waktu sebentar untuk meregangkan otot dan juga merelaksasikan badan agar seluruh badan menjadi rileks.

Kebanyakan orang saat merasakan pegal linu hal yang bisa mengurangi rasa pegal linu adalah dengan cara memijat bagian badan yang terasa pegal dan juga meminum minuman yang sudah dipercaya dapat menghilangkan pegal linu seperti jamu.

Bahan yang Dapat Mengatasi Pegal Linu

  1. Minyak Cengkeh

Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan ramuan tradisional yang sudah sejak dahulu dapat menyembuhkan pegal linu dengan efektif karena di dalam minyak cengkeh dapat melemaskan otot yang kaku.

Baca Juga  Berbagai Manfaat Buah Jeruk untuk Kesehatan Kulit Wajah

Caranya mudah cukup dengan memanaskan minyak cengkeh hingga hangat, lalu oleskan ke seluruh tubuh atau bagian badan yang merasakan pegal biarkan hangat dari minyak cengkeh itu masuk kedalam tubuh.

  1. Es Batu

Es Batu

Biasanya es batu digunakan untuk campuran membuat minuman agar terasa lebih segar, selain itu ternyata es batu juga bermanfaat mengurangi pegal linu di dalam tubuh dengan cara mengompres bagian badan yang merasakan pegal-pegal dengan es batu, rasa dingin es batu yang akan membuat bagian badan yang pegal-pegal lebih rileks.

  1. Bawang Putih

Bawang Putih

Selain digunakan sebagai bahan masakan bawang putih juga berkhasiat untuk meredakan sakit akibat pegal linu di dalam tubuh, karena di dalam bawang putih terdapat zat anti peradangan. Caranya cukup dengan menghaluskan bawang putih dan dioleskan ke bagian badan yang pegal-pegal.

  1. Garam Inggris

Garam Inggris

Di dalam garam inggris terdapat kandungan magnesium yang dapat mengurangi rasa pegal di tubuh, selain itu juga dapat mengatasi pembengkakan di bagian kaki. Dengan merendam kaki dengan air yang sudah dicampurkan dengan garam inggris akan membuat kaki lebih rileks dan mengurangi rasa pegal di kaki.

  1. Daun Rosemary

    Daun Rosemary

Cukup dengan mencuci dan membilas kaki dengan air hangat yang sudah dicampurkan dengan daun rosemary dan biarkan mersap ke dalam kulit. Khasiat daun rosemary dapat meredakan sakit otot akibat pegal linu dan juga membantu dalam proses penyembuahannya karena kandungan yang terdapat di daun rosemary adalah 4 zat anti peradangan.

  1. Buah Pisang
Baca Juga  Kelezatan Makanan Kanker Getah Bening Yang Wajib Diketahui

Buah pisang adalah buah yang dapat mengantikan energi kita yang telah kita gunakan, selain itu dengan mengkonsumsi buah pisang sebanyak 2 buah dalam sehari dapat meringankan pegal linu yang ada di dalam tubuh.

  1. Susu

Susu adalah sumber kalsium yang baik bagi tulang, dengan kita mengkonsiumsi susu sebanyak 3 kali dalam sehari dapat menyembuhkan pegal linu di dalam tubuh dan juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium selama 1 hari.

Itulah 7 Bahan Alami yang Dapat Mengatasi Pegal Linu, Semoga artikel ini bermanfaat

Tags: , ,

Related to: Sering Mengalami Pegal Linu Inilah 7 Bahan Alami yang Dapat Mengatasinya