Setelah Minum Obat, Hindari Mengonsumsi Makanan Ini

February 14, 2016

Mengkonsumsi obat-obatan adalah salah satu cara untuk menyembuhkan penyakit yang kita derita, selain itu dengan cara kita mentaati jumlah dosis obat yang dikonsumsi dan jadwal pemakaian obat yang sudah ditentukan oleh dokter dapat bermanfaat untuk efektivitas obat yang kita konsumsi.

Menjaga pola makan juga harus diimbangi saat mengkonsumsi obat-obatan karena ada beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum mengkonsumsi obat tersebut.

Hindari Makanan ini setelah minum obat

Jika kita dapat menghindari kondisi ini maka akan mencegah terjadinya interaksi antar obat dan makan yang dapat menimbulkan beberapa penyebab yang dapat mengurangi khasiat obat yang kita konsumsi.

Jika interaksi antar obat dan makanan ini terjadi maka dapat menyebabkan berbagai macam efek yang ditimbulkan seperti penurunan dan peningkatan efektivitas obat bahkan bisa sampai menimbulkan efek sampinkg yang berbahaya,

selain itu interaksi ini bisa menyebabkan penundaan penyerapan obat yang kita konsumsi sehingga kerja dari obat ini tidak bekerja dengan maksimal. Itu sebabnya mengapa ada beberapa cara untuk mengkonsumsi obat seperti diminum sebelum makan atau diminum sesudah makan.

5 makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu, antara lain

  1. Antibiotik dengan Mengkonsumsi Susu
Hindari minum susu setelah mengkonsumsi obat

Hindari minum susu setelah mengkonsumsi obat

Memang sudah sejak lama dilarang mengkonsumsi obat antibiotik dengan mengkonsumsi susu, karena saat kita mengkonsumsi obat antibiobtik dapat menganggu penyerapan dari antibiotik itu sendiri.

Baca Juga  Obat Asam Urat Alami Dari Tumbuhan Buatan Sendiri

Lebih baik menghindari mengkonsumsi susu jika kita sedang mengkonsumsi obat antibiotik, selain itu juga menghindari berbagai macam olahan dari susu seperti yoghurt dan juga keju.

Disarankan jika ingin mengkonsumi susu atau olahan susu 2-3 jam setelah ataupun sesudah mengkonsumsi antibiotik karena dari beberapa antibiotik dapat mengikat kalsium, mineral, dan zat besi yang ada di dalam susu, sehingga dapat menghambat penyerapan obat tersebut.

  1. Obat Batuk dengan Buah Jeruk

Jeruk memang banyak mengandung vitamin yang baik bagi kesehatan tetapi saat kita terserang sakit batuk disarankan untuk tidak mengkonsumsi buah jeruk bersamaan dengan mengkonsumsi obat batuk karena dapat menimbulkan hal yang buruk bagi penderita.

Bahkan penelitian mengatakan bahwa mengkonsumsi buah jeruk dengan mengkonsumsi 50 jenis obat yang salah satunya adalah obat tekanan darah tinggi dapat menimbulkan efek samping yang sangat fatal antara lain kerusakan otot, halusinasi, den juga merasakan ngantuk yang berlebihan.

  1. Ritalin dengan Cokelat

Cokelat memang makanan yang banyak digemari banyak orang tetapi di dalm cokelat terdapat kandungan stimulan yang disebut dengan theobromine.

Jika kita sedang mengkonsumsi obat-obatan jenis Ritalin sebaiknya tidak untuk mengkonsumsi cokelat karena berbagai macam stimulan yang ada di cokelat dapat menimbulkan efek seperti lebih cepat marah, merasakan lebih menggebu-gebu, dan merasakan lebih cemas.

  1. Obat Antidepresan dengan Daging
Baca Juga  Cara Mencegah Terjadinya Bungkuk (Kifosis) Dengan Olah Raga

Kebanyakan kandungan yang terdapat diobat antidepresan ini adalah MAOls atau monoamne oxidase inhibibitor, jika kita mengkonsumsi obat-obatan jenis ini sebaiknya hindari juga mengkonsumsi daging-dagingan dan juga olahan daging seperti sosis,

dan juga kornet karena jika dikonsumsi secara bersamaan akan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

  1. Obat Alergi dengan Jus Apel

Jika kita mengkonsumsi obat-obatan pereda alergi yang mengandung fexofenadine atau pereda demam sebaiknya hindari juga mengkonsumsi jus apel,

jus jeruk dan juga jus anggur karena dengan kita mengkonsumsi jus tersebut dengan obat alergi secara bersamaan dapat menghalangi jalan kerja peptida yang membawa obat tersebut dari usus ke dalam darah.

Itulah 5 makanan dan minuman yang tidak boleh dikonsumsi saat mengkonsumsi obat-obatan tertentu, semoga artikel ini membantu.

Tags: ,

Related to: Setelah Minum Obat, Hindari Mengonsumsi Makanan Ini