Simak Pentingnya Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan

January 12, 2015

Pada trimester pertama kehamilan, merupakan masa-masa rentan yang harus dihadapai oleh wanita hamil. Oleh karenanya, sangat penting bagi wanita hamil untuk menjaga kesehatannya sejak dini. Keguguran bisa terjadi karena beberapa faktor misalnya pengaruh gaya hidup yang kurang sehat atau stress yang terjadi pada calon Ibu pada awal kehamilan. Karena itu, biasanya dokter atau bidan akan memberi pil/obat penguat kandungan pada masa awal kehamilan sekitar 1 sampai 3 bulan. Ini bertujuan untuk memperkecil resiko keguguran, terlebih bagi mereka yang pernah mengalami keguguran pada kehamilan sebelumnya.

Apalagi untuk wanita hamil yang juga bekerja, akibat kelelahan dan stress akan membuat kehamilan beresiko keguguran. Kesibukan wanita yang bekerja akan membuat kehamilannya rawan keguguran akibat kelelahan. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan berbagi informasi bagaimana menjaga kandungan pada masa awal kehamilan agar selalu sehat dan terhindar dari masalah selama hamil.

Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan

Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan

Hindari makanan yang diawetkan

Makanan yang diawetkan sebaiknya dihindari oleh wanita yang sedang hamil muda. Kandungan bahan pengawet pada makanan tersebut bisa berbahaya untuk system pencernaan Ibu hamil sehingga mengakibatkan zat gizi yang diserap janin menjadi buruk. Adanya zat pengawet yang terkandung dalam makanan juga dikhawatirkan akan mengganggu perkembangan sarap pada otak sang janin. Pada masa kehamilan merupakan masa-masa perkembangan otak yang cukup baik, jika ini terganggu perkembangan otak janin bisa menjadi buruk. Jadi jauhi semua jenis makanan berpengawet selama masa kehamilan demi calon buah hati Anda. Lebih baik pilih makanan segar yang tidak berpengawet karena nutrisinya juga lebih baik.

Baca Juga  Penyebab Sembelit pada Ibu Hamil
Jangan berlebihan mengonsumsi kafein

Untuk Anda yang pecandu kopi, saat memasuki masa kehamilan sebaiknya kurangi kopi dan gantikan dengan minuman lain yang lebih sehat. Mengonsumsi kopi dengan kandungan kafein tinggi apalagi dalam porsi banyak dapat memicu berat badan bayi rendah, resiko keguguran dan juga dapat mengganggu penyerapan zat besi.

Hindari makanan yang mengandung keju

Saat hamil, Anda juga sebaiknya menghindari konsumsi keju yang terbuat dari susu non pasteurisasi. Keju dari susu non pasteurisasi dikhawatirkan terkontaminasi bakteri listeria. Bakteri ini umumnya terdapat pada tanaman mati, kotoran hewan, tanah dan air ini sangat sering dijumpai pada makanan. Bakteri ini bisa memicu terjadi keguguran karena dapat merusak sel-sel janin yang sedang berkembang pada masa awal kehamilan.

Jangan lakukan perjalanan yang melelahkan

Untuk menjaga masa awal kehamilan, sebaiknya hindari kegiatan yang melelahkan seperti perjalanan jauh. Perjalanan jauh akan membuat tubuh kelelahan, pada awal kehamilan janin masih belum melekat kuat pada rahim. Sedikit goncangan bisa berpengaruh pada kondisi janin, apalagi bagi mereka yang memiliki kandungan lemah. Sebaiknya hindari perjalanan jauh yang melelahkan ketika Anda hamil, terutama pada trimester pertama.

Baca Juga  Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan dan Laki-laki

Relaksasi

Wanita hamil sebaiknya terhindar dari stress dan agar pikirannya selau ceria. Oleh karena itu relaksasi penting untuk ibu hamil. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti senam hamil atau jalan-jalan di pagi hari untuk mencegah stress. Anda juga bisa melakukan latihan pernapasan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit ketika melahirkan.

Sangat penting untuk menjaga kandungan pada masa awal kehamilan. Anda sebaiknya juga tetap menjalani gaya hidup sehat dan konsumsi makanan yang bergizi selama masa hamil.

Tags: , ,

Related to: Simak Pentingnya Menjaga Kandungan pada Awal Kehamilan