Solusi Aman Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat

May 6, 2015

Sendi lutut terasa begitu pegal dan nyeri apalagi ketika malam menjelang? Hati-hati, kemungkinan besar Anda terserang asam urat. Asam urat akan sangat menyiksa ketika kondisinya sudah sangat parah. Anda pun tidak dapat tidur nyenyak akibat nyeri yang sangat di daerah persendian. Berbagai macam obat asam urat berbahan kimia buatan banyak ditawarkan di toko atau apotik terdekat. Namun tahukah Anda bahwa obat-obatan kimia untuk asam urat tersebut banyak menyebabkan efek samping? Beralihlah pada solusi aman tanpa efek samping yang didapat dari manfaat daun kelor untuk asam urat.

manfaat daun kelor untuk asam urat

  • Apa itu asam urat?

Sebelum kita membahas keefektifan manfaat daun kelor untuk asam urat, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan penyakit ini. Asam urat merupakan senyawa yang diperoleh dari hasil metabolisme purin dalam tubuh. Purin sendiri merupakan senyawa yang terdapat pada berbagai jenis bahan makanan baik hewani maupun nabati.

Table 1.3 Berbagai jenis makanan yang tinggi purin

Sumber kriteria Jenis makanan
Hewani Jeroan Ginjal, babat, hati, limpa
Unggas Bebek, kalkun, angsa
Ternak Daging sapi, kambing dan kuda
Seafood Kepiting, teri, sarden, udang, kerang, sotong
Olahan Dendeng, abon, kornet, sarden, keju, kaldu, mentega
Nabati Kacang-kacangan Kacang hijau, kedelai, kacang tanah
Sayuran Bayam, buncis, kembang kol, daun pepaya, jamur kuping, daun singkong, daun kangkung dan asparagus
Buah-buahan Durian, nanas
Olahan Tempe, tauco, sejenis oncom, susu berbahan kedelai dan juga margarin

Dalam kondisi normal asam urat dikeluarkan oleh ginjal bersama dengan urin. Jika produksi asam urat tinggi yakni melewati kadar 3,5-7,2 mg/dl (untuk laki-laki dewasa)  dan  2,6-6,0  mg/dl (untuk  perempuan) maka ginjal tidak lagi mampu mengeluarkan semuanya. Ditambah dengan kebiasaan kurang minum air putih yang fungsinya sebagai pelarut, menyebabkan asam urat ini mengendap di ginjal dan sendi. Endapan asam urat di ginjal bisa menyebabkan batu ginjal sedangkan endapannya di sendi menyebabkan penyakit gout. Penyakit gout ditandai dengan timbulnya rasa nyeri yang sangat disertai bengkak di daerah persendian akibat kristalisasi asam urat.

 

  • Efek samping obat kimia dalam mencegah dan mengobati asam urat

Berbeda dengan manfaat daun kelor untuk asam urat, obat-obatan kimia memiliki efek samping pada kesehatan penggunanya. Berikut penjelasannya:

 

–          Urikosurik

Urikosurik diberikan pada penderita asam urat yang fungsinya untuk meningkatkan pengeluaran asam urat dari tubuh melalui ginjal. Cara kerjanya yakni dengan menghambat penyerapan kembali asam urat ke dalam tubuh oleh tubulus ginjal. Kekurangan urikosurik adalah adanya kontra indikasi pada orang yang menderita kelainan fungsi ginjal.

 

–          Allopurinol 

Cara kerja allopurinol yakni dengan menghambat enzim xantin oksidase yang berfungsi mengubah senyawa purin menjadi asam urat. Sehinga produksi asam urat dalam tubuh menurun. Dengan adanya allopurinol dalam tubuh, xantin oksidase akan salah mengenalinya sebagai xanthin sehingga allopurinol-lah yang akan dimetabolisme. Namun kelemahan allopurinol adalah timbulnya reaksi alergi dari pengguna. Disamping itu jika obat ini dikonsumsi secara berlebihan atau dalam jangka panjang maka dapat menyebabkan kerusakan hati.

 

  • Solusi aman daun kelor bagi asam urat

Manfaat daun kelor untuk asam urat diberikan dari senyawa aktif yang terkandung didalamnya. Senyawa tersebut yakni alkaloid dan flavonoid yang berfungsi sebagai pencegah pembentukan asam urat, analgesik (pereda rasa sakit) dan anti inflamasi (peradangan). Jenis alkaloid yang berperan dalam menghambat pembentukan asam urat yakni kholkisin. Senyawa ini juga menghilangkan reaksi radang dengan cara menghambat aktivitas sel darah putih dalam melakukan phagositosis. Jika reaksi radang dapat dihambat maka timbulnya bengkak merah di persendian dapat dihindari.

Efeknya yang sama dengan obat kimia buatan namun tanpa efek samping, menjadikan daun kelor menjadi solusi aman untuk mencegah dan mengobati penyakit asam urat. Beralihlah pada konsumsi daun kelor untuk asam urat Anda, ketimbang membeli obat-obatan kimia yang justru berbahaya bagi organ tubuh lain.

Tag : khasiat daun kelor untuk asam urat, daun kelor untuk asam urat, manfaat daun kelor untuk asam urat, cara mengolah daun kelor, daun kelor, daun kelor obat asam urat, efek samping daun kelor, khasiat daun kelor, cara meramu daun kelor untuk asam urat, cara mengobati asam urat dengan daun kelor, 

Tags: ,

Related to: Solusi Aman Manfaat Daun Kelor untuk Asam Urat