Sudah Diduga Akan Banyaknya Jumlah Korban Vaksin Palsu, Sudah 165 Anak di Kota Bekasi Saat ini Yang

Sudah Diduga Akan Banyaknya Jumlah Korban Vaksin Palsu, Sudah 165 Anak di Kota Bekasi Saat ini Yang Terdata

August 2, 2016

Beberapa waktu ini Pemerintah Kota Bekasi telah mendata jumlah korban baru anak yang memperoleh vaksin palsu, data yang diperoleh tersebut baru 2 dari 3 rumah sakit swasta yang menggunakan vaksin palsu.

Yang belum menyerahkan yaitu RS swasta Hosana Medica Rawalumbu, jelas belum menyerahkan data pasien. Data anak sebanyak 165 tersebut diperoleh dari dua rumah sakit yaitu RS St. Elisabeth di Rawalumbu dan RS Permata Bekasi di Mustikajaya.

ilustrasi-vaksin-660x335

Sekretaris Daerah Kota Bekasi, Rayendra Sukarmadji saat ditemui di Hotel Amarossa Bekasi Selatan mengatakan “Jumlah sementara yang telah diterima yaitu dari RS St. Elisabeth dengan jumlah 125 anak yang telah tervaksin palsu, kemudian di RS Permata Bekasi sebanyak 40 anak yang menggunakan vaksin palsu.”

Rayendra mengatakan pemerintah kota Bekasi sudah membentuk satuan tugas (satgas) penanggulangan vaksin palsu, sebagai upaya untuk menyelesaikan persoalan mengenai vaksin palsu ini. Selain itu, satgas yang dibentuk ini akan berupaya melakukan pendataan jumlah korban dari rumah sakit yang telah menerima vaksin palsu. “Kami pun telah memanggila para direksi dari ketiga rumah sakit tersebut untuk melakukan vaksin ulang bagi para korban. Namun, pihak rumah sakit belum menjawab permintaan dari pemerintah daerah Kota Bekasi untuk melakukan vaksin ulang,” imbuhnya.

Baca Juga  Vaksin Palsu, Rumah Sakit dan Dokter Jangan Dikorbankan

Di samping itu, Ketua Komite Medik RS Hosana Medica, dr Tony Winata, mengatakan rumah sakitnya telah mendata seluruh pasien yang telah tervaksin palsu. Namun, semua data tersebut telah diserahkan kepada satgas dan kementerian kesehatan.

Pihak RS sudah berupaya untuk mendata pasien yang terkena vaksin palsu dan menyerahkannya kepada Satgas Kementerian kesehatan, hal itu dilakukan karena persoalan etis untuk penyelidikan petugas,” sambung Tony.

Adapaun upaya vaksin ulang yang dilakukan oleh tiga rumah sakit yang berada di Jakarta serta Kabupaten Bekasi adalah hasil rekomendasi dari satgas Kementerian Kesehatan. Menurut Tony “RS Hosana Medica akan siap jika direkomendasikan untuk melakukan vaksinasi ulang kepada para korban”.

Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on Pinterest
Tags:

Related to: Sudah Diduga Akan Banyaknya Jumlah Korban Vaksin Palsu, Sudah 165 Anak di Kota Bekasi Saat ini Yang Terdata