Tahap Tahap Perkembangan Janin Sehat Dalam Kandungan

January 31, 2015

Bagi anda yang sedang menjalani masa kehamilan, penting bagi anda mengetahui tahap perkembangan janin dalam kandungan agar anda bisa mengontrol tumbuh kembang janin. Berikut ini tahap-tahap perkembangan janin dalam kandungan :

tahap perkembangan janin dalam kandungan

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 4 – 8 :

Pada minggu ke 4 hingga ke 8, bayi sudah mempunyai sistem peredaran darah. Jantung janin sudah mulai berdetak serta organ tubuh yang lain juga sudah mulai terbentuk. Pada usia 4-8 minggu, tulang wajah, jari, tangan, kaki dan juga mata juga sudah mulai muncul. Pada tahap ini juga sudah mulai terbentuk kantung ketuban. Kantung ketuban ini terdiri dari 2 lapis selaput tipis yang berisi air ketuban. Air ketuban berfungsi untuk menjaga janin dari benturan selama masa kehamilan.

 

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 9 – 12 :

Memasuki usia 9 hingga 12 minggu, bentuk serta ukuran kepala janin menjadi lebih besar daripada dadanya, sehingga kepala janin mampu menampung otak yang terus berkembang. Organ tubuh utama juga sudah mulai terbentuk. Dagu, kelopak mata dan juga hidung sudah mulai terbentuk dan terlihat jelas. Di dalam kandungan, janin juga sudah mulai melakukan aktivitas seperti menendang perut anda dengan lembut.

Baca Juga  Tips Cantik dan Sehat saat Hamil

 

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 13 – 16 :

Detak jantung bayi sudah mulai terdengar melalui tes USG. Organ paru-parunya pun mulai berkembang. Janin juga sudah bisa membentuk ekspresi tertentu melalui wajahnya. Kakinya sudah mulai tumbuh lebih panjang daripada tangannya. Dimatanya sudah mulai tumbuh bulu mata serta alis. Janin juga sudah bisa melakukan gerakan memutar kepala dan membuka mulutnya.

 

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 21 – 24 :

Pada fase ini, alat kelamin janin sudah mulai terbentuk, sehingga anda bisa mengetahui jenis kelamin janin anda melalui tes USG. Janin juga sudah bisa melakukan gerakan pernafasan. Bagian tulangnya pun sudah mulai mengeras. Selain itu, janin juga sudah mempunyai waktu untuk tidur.

Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 25 – 36 :

Pada tahapan ini, janin sudah mempunyai bentuk yang sempurna. Dikepalanya sudah mulai tumbuh rambut dan kelopak matanya sudah bisa terbuka. Pada usia ini, janin juga sudah bisa mendengar dan mengenali suara ibunya. Detak jantungnya pun menjadi semakin cepat di saat ibunya sedang berbicara. Paru-parunya belum terbentuk sempurna, tapi jika ia harus dilahirkan, kemungkinan janin bisa hidup.

Baca Juga  Penyakit Ibu yang Dapat Menular Ke Janin
 Tahap Perkembangan Janin Dalam Kandungan Minggu Ke 37 – 40 :

Pada fase ini, kepala janin sudah bergerak ke arah rongga panggul karena sudah siap untuk dilahirkan. Janin anda telah menjadi manusia. Plasenta akan memberikan sinyal bahwa janin sudah siap untuk dilahirkan dalam beberapa hari ke depan.

Demikianlah tahap-tahap perkembangan janin dalam kandungan yang bisa anda amati dan perhatikan.

Tags: , ,

Related to: Tahap Tahap Perkembangan Janin Sehat Dalam Kandungan